Ribuan Lahan Padi di Kalsel Terancam Kerdil dan Menguning, Dinas TPH: Jangan Panik Pukuli Korban Gegara Halangi Jalan, Supir Travel di Tanbu Ditangkap Aksi Skimming di Balikpapan: Klik Link WA, Saldo Belasan Juta Lenyap Serahkan Belasan Tuntutan, SP KEP Kawal DPRD Tabalong Sampai ke Jakarta Balita Mandi Air Comberan, PDAM Bandarmasih Dipanggil Dewan

Jalan Strategis di Kalteng 2019 Tidak Kebanjiran

- Apahabar.com     Kamis, 6 Desember 2018 - 00:20 WITA

Jalan Strategis di Kalteng 2019 Tidak Kebanjiran

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng, Shalahuddin ST MT. Foto - antara

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 2019 menggelontorkan Rp1,2 triliun, agar jalan-jalan strategis tidak lagi mengalami kebanjiran saat curah hujan tinggi.

Dana Rp1,2 triliun tersebut belum termasuk perbaikan infrastruktur yang berasal dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), kata Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng Shalahuddin di Palangka Raya, Rabu (5/12).

“Jadi, kami optimis semua jalan strategis di provinsi ini akan tertangani secara maksimal pada 2019,” ucapnya.

Dikatakan, Pemerintah Pusat tahun 2019 menyediakan anggaran sebesar Rp67 miliar untuk membangun jalan Layang di sekitar Desa Bukit Rawi, Kabupaten Pulang Pisau.

Shalahuddin mengatakan dibangunnya jalan layang tersebut sebagai upaya mengatasi genangan air, yang selalu terjadi di jalan penghubung Kota Palangka Raya dengan sejumlah kabupaten di Barito.

“Anggaran sebanyak Rp67 miliar itu pun baru tahap awal, karena kami mengusulkan dibangun jalan layang sepanjang 3km di sekitar Desa Bukit Rawi itu,” ucapnya.

Kepala Dinas PUPR Kalteng itu mengakui sejumlah infrastruktur jalan di wilayah barat dan timur provinsi ini, masih sering tergenang air saat musim hujan. Namun, dengan adanya anggaran sekitar Rp1,2 triliun, optimis sejumlah jalan strategis bisa ditangani dan tidak lagi tergenangi air.

Dia mengatakan salah satu penanganan jalan yang terus dioptimalkan tahun 2019, yakni ruas jalan Pangkalan Bun Kotawaringin Lama dengan membangun jalan layang sepanjang 3,5 kilometer.

“Untuk jalan yang strategis, khususnya berstatus jalan nasional terus ditangani. Ya, kami harapkan tahun 2019, sudah tidak ada banjir lagi di ruas jalan nasional ataupun jalan provinsi,” kata Shalahuddin.

Sumber : Antara

Editor : Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Covid-19

Kalteng

Tangani Covid-19, Kalteng Anggarkan BTT Rp 100 Miliar

Kalteng

Warga Kapuas Diminta Patuhi Surat Edaran Pengetatan PPKM, Ibadah Cukup di Rumah
apahabar.com

Kalteng

Kelurahan Menteng, Terbanyak Kasus Positif di Palangka Raya

Kalteng

Sambangi Pos Perbatasan, Anggota DPR RI Apresiasi Pemkab Kapuas
apahabar.com

Kalteng

Presiden Jokowi Saksikan Langsung Penanaman Perdana Lokasi Food Estate di Pulang Pisau Kalteng
PDAM Kapuas

Kalteng

PDAM Kapuas Bakal Rumahkan Ratusan Karyawannya
apahabar.com

Kalteng

Sudah Tiga Kali Pasar Pujon Terbakar, Warga Desak Pemkab Kapuas Sediakan Mobil Damkar
apahabar.com

Kalteng

Diimingi Rp 5 Juta, PSK Merong Ogah Pulang Kampung
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com