3 Kali Diskor, Sidang Perdana Netralitas ASN Camat Aluh Aluh Berlangsung hingga Malam Sisa 85 Hari Jadi Bupati, Sudian Noor Doyan Bikin Kebijakan Kontroversial Diam-Diam, Adaro Kepincut Proyek Coal to Methanol di Kotabaru, Apa Kata Dewan? Kubah Datu Kelampaian Kembali Ditutup, Simak Penjelasan Zuriyat Gelapkan Penjualan Motor, Supervisor Marketing PT NSS Tabalong Diamankan Polisi

Jangan Lupa Cek Kesehatan Hati

- Apahabar.com Minggu, 30 Desember 2018 - 10:40 WIB

Jangan Lupa Cek Kesehatan Hati

KH Abdullah Gymnastiar. Foto - liputan6.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Kesehatan jasmani kerap diupayakan begitu rupa, sedangkan kesehatan hati diabaikan begitu saja. Padahal, hati adalah raja di batang tubuh, yang apabila baik, maka baiklah seluruh tubuh.

Menurut KH Abdullah Gymnastiar, kesehatan jasmani selalu menjadi perhatian banyak orang, sementara tidak pada kesehatan hati.

“Saudaraku, setiap orang pasti ingin sehat. Jika ada orang mengalami sakit, maka ia akan berupaya memeriksakannya dan mencari jalan penyembuhannya. Mungkin ia akan datang ke labolatorium. Ada CT scan untuk memeriksa tentang gangguan di kepala atau otak kita. Ada rontgen untuk mengetahui gangguan pada tulang,” ujar Aa Gym –begitu ulama ini dikenal.

Baca Juga: Kandungan Kitab “Parukunan Jamaluddin” Tidak Diskriminatif

Aa Gym menjelaskan, begitu banyak biaya rela dikeluarkan seseorang demi penyembuhan penyakit fisiknya. Dan sebesar apapun biaya yang dikeluarkan, ujungnya tetap manusia pasti akan mati.

“Sembuh atau tidak ujungnya pasti mati,” kata Pengasuh Pesantren Daarut Tauhiid Bandung ini.

Lalu bagaimana dengan kesehatan hati? Jika hati dihinggapi penyakit dan tidak disembuhkan, maka menurut Aa Gym hidup di dunia sengsara dan di akhirat pun begitu.

“Jadi, kalau kita begitu serius menjaga kesehatan fisik, serius berobat di kala sakit, lantas mengapa kita tidak begitu serius menjaga kesehatan hati kita, membersihkannya dari noda-noda dosa,” terangnya.

Aa Gym menguti firman Allah Swt, “(yaitu) di hari harta dan anak-anak laki-laki tidak berguna, kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih.”(QS Asy Syu’ara: 88-89)

Sehat secara fisik itu harus, lanjut Aa Gym, karena tubuh adalah amanah dari Allah SWT, yang harus dipelihara, dan itu kelak akan dimintai pertanggungjawaban di hadapan Allah SWT. Adapun memiliki hati yang sehat, bersih, itu wajib. Rasulullah SAW mengajarkan, jika hati lurus, maka luruslah seluruh tubuh.

“Semoga kita semakin terampil untuk peka mendiagnosa keadaan hati kita. Begitu muncul rasa sombong meski sedikit, segera istigfar. Muncul iri dengki meski sedikit, segera hapus dengan istigfar. Begitu seterusnya. Hati yang sehat akan mendatangkan ketenangan sejati. Insyaa Allah,” pangkas Aa Gym.

Baca Juga: Ulama Wanita yang Bersembunyi dari Nama Besar Sang Paman

Sumber: smstauhiid.com
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Habar

BMT Khairul Amin ‘Ketuk Rumah Warga’, Tuan Guru Naupal: Kami Bagi-bagi Sembako
apahabar.com

Habar

Angin Segar Ibadah Haji, Ini Penjelasan Kemenag Kalsel
apahabar.com

Religi

Pembangunan Masjid Syuhada Paringin Diiringi Salawat
apahabar.com

Religi

Cerita Kecintaan Syekh Yasin dengan Bangsa Indonesia
apahabar.com

Religi

Jelang Tiga Bulan Haul, Makam Abah Guru Sekumpul Ramai Peziarah
apahabar.com

Religi

Inilah Dua Waktu Mustajab Doa di Hari Jumat
apahabar.com

Religi

Misteri “Tongkat” Soekarno Terkuak, Ternyata Ulama Ini yang Memberinya
apahabar.com

Habar

Khutbah Jumat di Masjid Al-Karomah, Simak Pesan Guru Hasanuddin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com