Siap-Siap, Ditlantas Polda Kalsel Bakal Uji Coba Tilang Elektronik Usai Banjir Siapkan Hunian Layak, Polda Kalteng Bangun Rusun Bagi Anggota BPPTKG: Volume Kubah Lava Merapi Masih Tergolong Kecil Sedikit Surut, Puluhan Rumah di Martapura Masih Terendam Banjir Tahap 3, Belasan Koli Vaksin Covid-19 Tiba di Kalsel

Jelang PON XX, Tolikara Siapkan Nanas Bokondini jadi Minuman Kemasan

and - Apahabar.com Sabtu, 1 Desember 2018 - 10:45 WIB
and - Apahabar.com Sabtu, 1 Desember 2018 - 10:45 WIB

Jelang PON XX, Tolikara Siapkan Nanas Bokondini jadi Minuman Kemasan

Pemkab Tolikara Siap Nanas Bokondini. Foto-kawattimur.com

apahabar.com, JAYAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tolikara tengah menyiapkan buah lokal berupa nanas Bokondini sebagai minuman kemasan jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020 di “Bumi Cenderawasih”.

Gubernur Papua Lukas Enembe, di Jayapura, Sabtu (1/12) mengatakan nanas lokal asli Bokondini ini akan diolah menjadi jus agar dapat dikonsumsi oleh para atlet ketika pelaksanaan PON XX.

“Dalam kunjungan kerja ke Bokondini, ternyata buah lokal berupa nanas bisa dikembangkan menjadi minuman kemasan yakni jus, selain itu juga, ada buah merah yang akan diolah sama dengan nanas ini,” katanya.

Terkait hal itu, terang Lukas, pihaknya telah menyepakati pengembangannya bersama dengan Pemerintah Kabupaten Tolikara melalui program “Gerbang Mas” -kebijakan lokal gubernur dalam pengelolaan dana Otonomi Khusus- yang kini telah berganti menjadi “BANGGA”.

Baca Juga : Guru Wildan Ungkapkan Keprihatinan Kondisi Indonesia pada Tuan Guru Bajang

“Karena akan dipersiapkan untuk minuman para atlet nantinya maka nanasnya harus diproduksi dalam jumlah banyak dan diharapkan Bupati Tolikara dapat membantu dalam pengelolaannya,” harapnya.

Dia menjelaskan jika minuman nanas ini diproduksi lebih banyak, selain untuk dikonsumsi pada PON juga bisa diekspor ke luar, apalagi minuman ini berasal dari buah nanas yang ditanam tanpa menggunakan pupuk kimi atau organik.

Senada dengan Lukas Enembe, Bupati Tolikara Usman Wanimbo mengatakan produksi buah nanas di daerahnya masih berskala kecil namun akan terus dikembangkan, karena arahan gubernur untuk turut menyukseskan PON 2020.

“Makanya untuk kegiatan yang dianggarkan pada APBD 2019, kami lebih banyak mengarahkan kepada program produksi jus nanas karena ini akan menjadi minuman populer para atlet,” timpalnya.

Baca Juga : Lima Rekomendasi Film di Akhir Pekan

Sumber : Antara
Editor : Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Termasuk IKN, Indonesia Tawarkan Puluhan Proyek ke Prancis
apahabar.com

Nasional

HUT ke-74, Ancaman Nirmiliter Jadi Atensi TNI

Nasional

Lubang Tambang di Kaltim Makan Korban Lagi: Gubernur Prihatin, Jatam Meradang
apahabar.com

Nasional

Bukalapak Tambah Server Hadapi Harbolnas
apahabar.com

Nasional

Hore! Mei 2019 THR PNS Cair
apahabar.com

Nasional

‘Cinta’ Suami Inneke ke Wahid Berujung Mobil dan Bilik Asmara
apahabar.com

Nasional

Ketua ICMI Jimly Asshiddiqie Kutuk Penusukan Syekh Ali Jaber, Sarankan Polisi dan Jaksa Tuntut Pelaku dengan Pidana Mati
apahabar.com

Nasional

Asosiasi Pelajar Muslim Se-Asia Tenggara Dukung Jokowi-Ma’ruf, Alasannya?
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com