Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah Pembelajaran Tatap Muka SMP di Banjarmasin Siap Dibuka, Catat Bulannya VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat

Jelang PON XX, Tolikara Siapkan Nanas Bokondini jadi Minuman Kemasan

and - Apahabar.com Sabtu, 1 Desember 2018 - 10:45 WIB
and - Apahabar.com Sabtu, 1 Desember 2018 - 10:45 WIB

Jelang PON XX, Tolikara Siapkan Nanas Bokondini jadi Minuman Kemasan

Pemkab Tolikara Siap Nanas Bokondini. Foto-kawattimur.com

apahabar.com, JAYAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tolikara tengah menyiapkan buah lokal berupa nanas Bokondini sebagai minuman kemasan jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020 di “Bumi Cenderawasih”.

Gubernur Papua Lukas Enembe, di Jayapura, Sabtu (1/12) mengatakan nanas lokal asli Bokondini ini akan diolah menjadi jus agar dapat dikonsumsi oleh para atlet ketika pelaksanaan PON XX.

“Dalam kunjungan kerja ke Bokondini, ternyata buah lokal berupa nanas bisa dikembangkan menjadi minuman kemasan yakni jus, selain itu juga, ada buah merah yang akan diolah sama dengan nanas ini,” katanya.

Terkait hal itu, terang Lukas, pihaknya telah menyepakati pengembangannya bersama dengan Pemerintah Kabupaten Tolikara melalui program “Gerbang Mas” -kebijakan lokal gubernur dalam pengelolaan dana Otonomi Khusus- yang kini telah berganti menjadi “BANGGA”.

Baca Juga : Guru Wildan Ungkapkan Keprihatinan Kondisi Indonesia pada Tuan Guru Bajang

“Karena akan dipersiapkan untuk minuman para atlet nantinya maka nanasnya harus diproduksi dalam jumlah banyak dan diharapkan Bupati Tolikara dapat membantu dalam pengelolaannya,” harapnya.

Dia menjelaskan jika minuman nanas ini diproduksi lebih banyak, selain untuk dikonsumsi pada PON juga bisa diekspor ke luar, apalagi minuman ini berasal dari buah nanas yang ditanam tanpa menggunakan pupuk kimi atau organik.

Senada dengan Lukas Enembe, Bupati Tolikara Usman Wanimbo mengatakan produksi buah nanas di daerahnya masih berskala kecil namun akan terus dikembangkan, karena arahan gubernur untuk turut menyukseskan PON 2020.

“Makanya untuk kegiatan yang dianggarkan pada APBD 2019, kami lebih banyak mengarahkan kepada program produksi jus nanas karena ini akan menjadi minuman populer para atlet,” timpalnya.

Baca Juga : Lima Rekomendasi Film di Akhir Pekan

Sumber : Antara
Editor : Ahmad Zainal Muttaqin

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Sukarelawan Sandiaga Uno Terbentuk di NTB
apahabar.com

Nasional

Tenang, Virus Corona Diperkirakan Tak Menempel pada Asap
apahabar.com

Nasional

Aparat Pastikan Tidak Ada Penyerangan Dalam Ledakan Granat Asap di Monas
apahabar.com

Nasional

Pasien Covid-19 Bunuh Diri, Loncat dari RS Wisma Atlet Jakarta
apahabar.com

Nasional

Lebaran Ala Prabowo di TPS, Ma’ruf Amin: Lebaran Itu di Masjid
apahabar.com

Nasional

Setya Novanto Tiba di Rutan Gunung Sindur Bogor Tengah Malam
apahabar.com

Nasional

Survei ASI: 67,4 Persen Publik Puas pada Kinerja Jokowi-Maruf
apahabar.com

Nasional

Umar Patek Siap Bantu Sadarkan Kelompok Terpapar Radikalisme
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com