Breaking News! Tabrakan Horor di Kotabaru, Motor vs Mobil Honda BRV Di Mubes WAPDA ke-IV, Gubernur Kalsel Ungkap Proyek Siring Ponpes Darussalam Jembatan Ambruk, Warga Pingaran Ilir Terpaksa Menyeberang Pakai Perahu Tali Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel

Jelang PON XX, Tolikara Siapkan Nanas Bokondini jadi Minuman Kemasan

and - Apahabar.com     Sabtu, 1 Desember 2018 - 10:45 WITA
and - Apahabar.com     Sabtu, 1 Desember 2018 - 10:45 WITA

Jelang PON XX, Tolikara Siapkan Nanas Bokondini jadi Minuman Kemasan

Pemkab Tolikara Siap Nanas Bokondini. Foto-kawattimur.com

apahabar.com, JAYAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tolikara tengah menyiapkan buah lokal berupa nanas Bokondini sebagai minuman kemasan jelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020 di “Bumi Cenderawasih”.

Gubernur Papua Lukas Enembe, di Jayapura, Sabtu (1/12) mengatakan nanas lokal asli Bokondini ini akan diolah menjadi jus agar dapat dikonsumsi oleh para atlet ketika pelaksanaan PON XX.

“Dalam kunjungan kerja ke Bokondini, ternyata buah lokal berupa nanas bisa dikembangkan menjadi minuman kemasan yakni jus, selain itu juga, ada buah merah yang akan diolah sama dengan nanas ini,” katanya.

Terkait hal itu, terang Lukas, pihaknya telah menyepakati pengembangannya bersama dengan Pemerintah Kabupaten Tolikara melalui program “Gerbang Mas” -kebijakan lokal gubernur dalam pengelolaan dana Otonomi Khusus- yang kini telah berganti menjadi “BANGGA”.

Baca Juga : Guru Wildan Ungkapkan Keprihatinan Kondisi Indonesia pada Tuan Guru Bajang

“Karena akan dipersiapkan untuk minuman para atlet nantinya maka nanasnya harus diproduksi dalam jumlah banyak dan diharapkan Bupati Tolikara dapat membantu dalam pengelolaannya,” harapnya.

Dia menjelaskan jika minuman nanas ini diproduksi lebih banyak, selain untuk dikonsumsi pada PON juga bisa diekspor ke luar, apalagi minuman ini berasal dari buah nanas yang ditanam tanpa menggunakan pupuk kimi atau organik.

Senada dengan Lukas Enembe, Bupati Tolikara Usman Wanimbo mengatakan produksi buah nanas di daerahnya masih berskala kecil namun akan terus dikembangkan, karena arahan gubernur untuk turut menyukseskan PON 2020.

“Makanya untuk kegiatan yang dianggarkan pada APBD 2019, kami lebih banyak mengarahkan kepada program produksi jus nanas karena ini akan menjadi minuman populer para atlet,” timpalnya.

Baca Juga : Lima Rekomendasi Film di Akhir Pekan

Sumber : Antara
Editor : Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Kabareskrim Soal Djoko Tjandra: Instruksi Presiden Tangkap!
apahabar.com

Nasional

Gedung 5 Lantai di Slipi Roboh, 3 Orang Terluka
MPR

Nasional

Sidang Tahunan MPR Besok Hanya Dihadiri 60 Orang
apahabar.com

Nasional

Rp 143 Miliar Dari Korsel Untuk Palu

Nasional

Vanessa Angel Kecelakaan, Sopir Ngantuk Jadi Dugaan Awal Penyebabnya
apahabar.com

Nasional

Subsidi ‘Si Melon’ Dicabut, Bagaimana Nasib Pedagang Kecil?
apahabar.com

Nasional

Sandiaga Uno Tegaskan Tak ada Tawaran Jadi Direksi BUMN
apahabar.com

Nasional

Layaknya UAS, Ustaz Riza Muhammad Juga Dicekal di Hong Kong
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com