2 Petani Tapin Terjerat Sabu 9 Kg, Polda Kalsel: Jaringan Besar Terungkap! Sebelum Moeldoko, Gatot Nurmantyo Juga Mengaku Ditawari Kudeta Demokrat Tugboat Syarasd Satu Tenggelam di Muara Pegah Kaltim, 9 ABK Selamat Ditengarai Membelot, Berikut 8 Pengurus DPC Demokrat di Kalsel yang Ikut KLB Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa 3 Rumah di Mekarpura Kotabaru

Kaleidoskop: Dari ‘Tumbangnya’ Kejayaan Bambang Alamsyah Hingga H Muhidin Membelot

- Apahabar.com Senin, 31 Desember 2018 - 15:13 WIB

Kaleidoskop: Dari ‘Tumbangnya’ Kejayaan Bambang Alamsyah Hingga H Muhidin Membelot

Ketua DPW PAN Muhidin bersama Ketua TKD Jokowi-Ma'ruf Kalsel, Ghimoyo. Foto - apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Waktu seolah berlari begitu cepat. Ragam peristiwa telah menjadi penggalan sejarah kehidupan sepanjang tahun 2018.

Tahun pun segera berganti, oleh karenanya sepatutnya kita berefleksi, menyusuri setiap kejadian yang dilalui bangsa ini.

Banyak fenomena komunikasi politik yang mengemuka dan mewarnai jagat politik nasional sehingga perlu diberi catatan penutup untuk perbaikan di masa mendatang.

Di Kalsel pun banyak ‘peristiwa’ politik yang tak bisa dilupakan. Contoh ketika Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 4 kabupaten, Tanah Laut (Tala), Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Tabalong.

Di Tapin M Arifin Arpan yang berpasangan dengan Syafrudin Noor mampu mengalahkan kotak kosong. Lantaran dalam Pilkada tersebut hanya satu pasangan yang maju.

Sedang di HSS, pasangan nomor urut 2, Achmad Fikry yang berpasangan dengan Syamsuri Arsyad dinobatkan sebagai pemenang setelah mengalahkan Najamuddin-M Ridha.

Untuk Pilkada Tabalong, incumbent Anang Syakhfiani yang berduet dengan Mawardi mampu mematahkan kepercayaan peserta independent Noorhasani-Eddyan Noor Idur.

Paling panas terjadi pertarungan perebutan kursi kepala daerah untuk Kabupaten Tala. Bambang Alamsyah yang 5 tahun silam berpasangan dengan Sukamta, 2018 mereka berjalan masing-masing.

Sukamta menggaet Abdi Rahman melawan Bambang yang kali ini berpasangan dengan Ahmad Nizar. Tak disangka dalam Pilkada Tala, Sukamta-Abdi Rahman mampu menak telah dari pesaingnya yang tak lain adalah anak mantan Bupati Tala H Adriansyah.

apahabar.com

Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tanah Laut Drs H Sukamta M.AP dan H Abdi Rahman.S.Pd saat Disambut di Sekitar Gunung Kayangan, Foto – Pelaihari Post

Pemberitaan paling fenomenal ketika Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Kalsel, H Muhidin membelot dari arah dukungan pusat untuk pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden.

Muhidin dengan berani mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin. Padahal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN sudah menyatakan sikap mengusung duet Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Atas itu lah DPP PAN mengancam memecat Muhidin dari jabatan sebagai ketua partai di daerah ini. Bahkan pencalonan Muhifdin sebagai anggota DPR RI perwakilan Kalsel pun sempat terancam.

Pemberitaan sempat memanas saat berkembang kabar Pangeran Khairul Saleh bakal dinobatkan menggantikan jabatannya (H Muhidin).

Kisruh pembelotan itu tak membuat nyali H Muhidin kecut. Ia pun meminta DPP PAN mengkaji kembali sanksi disiapkan terkait berbedanya arah dukungan PAN Kalsel dengan pusat.

Bahkan ia berargumen dukungan terhadap Joko Widodo dengan Ma’ruf Amin di Kalsel sebuah langkah yang tepat. Sebab duet incumbent Presiden RI yang berpasangan dengan Ma’ruf Amin di Kalsel begitu kokoh lantaran diusung sejumlah partai besar.

Namun hingga menjelang tutup tahun 2018, ancaman DPP PAN memecat H Muhidin tak kunjung terbit. Jadi hingga saat ini posisi Muhidin masih terbilang aman.

Harapannya beragam rentetan politik di daerah ini hendak bisa menjadi refleksi untuk tahun depan. Semua pihak berharap Pemilu 2019 mendatang terlaksana dengan aman tanpa hambatan. Walau proses menuju Pemilu penuh liku liku.

Baca Juga: TKD Prabowo-Sandi Kalsel Sudah Lama Curiga DPW PAN Kalsel Bakal Membelot

Baca Juga: Waketum: DPP akan Bijak Soal Dukungan PAN Kalsel ke Jokowi

Baca Juga: TKN Jokowi-Ma’ruf Ucapkan Selamat Bergabung PAN Kalsel

Baca Juga: PAN Berhentikan Ketua DPW Kalsel karena Dukung Jokowi-Ma’ruf

Baca Juga: Membelot, Pengamat: DPP PAN Harus Sanksi Muhidin

Baca Juga: PAN Kalsel Dukung Jokowi-Ma’ruf Amin, Muhidin Tak Takut Sanksi

Sumber: Dirangkum dari berbagai sumber
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Carut-marut Regulasi, Akar Polemik Pembongkaran Baliho di Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Door to Door, Polda Kalsel Distribusikan 155 Ton Beras
Bombarbeer

Banjarmasin

Sidak THM Bombarbeer, Satpol PP Banjarmasin Temukan Ini
apahabar.com

Kalsel

Gagal Berangkat, Owner Travellindo Diduga Blokir Kontak Calon Jemaah Haji
apahabar.com

Kalsel

Belajar Online Dikeluhkan, Dewan Panggil Disdik Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Jadi Wabup HST, Berry Furqon Fokus Save Meratus
apahabar.com

Kalsel

Gotong Royong di Desa Sebanti, Kapolsek Pulau Laut Barat Siapkan Jadi Kampung Tangguh
apahabar.com

Kalsel

Geger Temuan Tengkorak di HST, Polisi: Belum Ada Laporan Orang Hilang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com