Tipu-Tipu Oknum DLH Banjarmasin, Sekantoran Diutangi Ratusan Juta Tipu Belasan Penyapu Jalan, Oknum ASN di Banjarmasin Akhirnya Mengaku! Berstatus Waspada, PVMBG Sebut Aktivitas Gunung Semeru Masih Fluktuatif Kejari Banjarbaru Musnahkan Ratusan Gram Narkotika dan Barbuk Tindak Pidana Tetap Lainnya Ultah Ke-4, Kelompok Garis Keras Bartman Ultras 1988 Menolak Perbedaan

Kaltim Bentuk Sekber Penanganan Dana Desa

- Apahabar.com Selasa, 11 Desember 2018 - 08:15 WIB

Kaltim Bentuk Sekber Penanganan Dana Desa

Desa Dayak Pampang Samarinda. Foto: Travel Kompas

apahabar.com, SAMARINDA- Pemprov Kaltim segera membentuk Sekretariat Bersama (Sekber) Penanganan Dana Desa Kaltim. Hal ini sesuai kebijakan pemerintah pusat yang mendorong pembentukan sekber di daerah mulai tingkat provinsi dan tingkat kabupaten.

“Sesuai amanah pemerintah pusat, kita akan segera tindak lanjuti dengan membentuk sekber melibatkan instansi lintas sektor terkait,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim M Jauhar Efendi di Samarinda, dikutip dalam laman resmi, Selasa (11/12).

Menurut Jauhar, jika mengacu struktur di tingkat pusat, sekber diketuai instansi yang membidangi urusan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa dengan pengarah dari Kementerian Desa PDTT, Kementerian Dalam Negeri dan Kapolri.

Artinya di tingkat daerah juga diketuai Kepala DPMPD dengan pengarah seperti Gubernur dan Kapolda, serta dengan keanggotaan dari instansi yang terkait.

Bila tidak ada hambatan, Jauhar menargetkan sebelum akhir Desember akan segera terbentuk Sekber Penanganan Dana Desa di Kaltim.

Baca Juga : Dana Desa Diklaim Rubah Wajah Kaltim

“Pemprov Kaltim sudah membentuk Satgas Pengawalan Dana Desa yang perannya hampir mirip. Bahkan sejak dibentuk sudah langsung melaksanakan tugas di antaranya keliling ke beberapa kabupaten untuk evaluasi dan monitoring dana desa melalui Program Kiprah Desa,” jelasnya.

Selain mendengarkan permasalahan di lapangan, tim juga memberi masukan secara langsung terkait penanganan masalah yang menjadi penghambat pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

Apabila sudah terbentuk, maka sekber ini mempunyai tugas sebagai satgas di daerah untuk kroscek lapangan terhadap aduan permasalahan dana desa.

“Kalau sekarang semua aduan ditembuskan ke pusat. Bisa bahaya, pusat tidak akan mampu kroscek lapangan semuanya. Mimpinya dengan adanya sekber di daerah dapat mengurangi aduan permasalahan dana desa,” jelasnya.

Baca Juga : Samarinda Raih Penghargaan Pasar Tertib Ukur

Editor: Fariz F

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Festival Nondoi 2019 PPU, Bupati AGM: Lestarikan Budaya Paser
apahabar.com

Kaltim

Perempuan-Anak Rentan Alami Kekerasan di Penajam
apahabar.com

Kaltim

Ratusan Kades Se-Kaltim Bakal Ikuti Raker DD
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Nomor 1 soal Cakupan Data Akta Kelahiran
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Raih Dua Anugerah BI Corner Award
apahabar.com

Kaltim

Kampung Inggris Penajam Segera Dibangun
apahabar.com

Kaltim

Diamankan Pasca Tagih Utang Proyek, 13 Anggota Ormas di Samarinda Positif Narkoba
apahabar.com

Kaltim

Gubernur Isran Bakal Perjuangkan Konsolidasi Regulasi Dukungan Anggaran
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com