3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa? PLTS Tak Berfungsi, Kades Panaan Mengadu ke Dinas ESDM Kalsel

Kaltim Desak Proyek Pipanisasi Gas Diprioritaskan

and - Apahabar.com Kamis, 20 Desember 2018 - 22:31 WIB
and - Apahabar.com Kamis, 20 Desember 2018 - 22:31 WIB

Kaltim Desak Proyek Pipanisasi Gas Diprioritaskan

Foto-economy.okezone.com

apahabar.com, SAMARINDA – Gubernur Kaltim Isran Noor menegaskan pemerintah pusat lebih dulu memprioritaskan pembangunan pipanisasi gas di Pulau Kalimantan dari pada harus ke Pulau Jawa.

Gubernur Isran mengatakan inilah yang diinginkan rakyat Kaltim. Karena sudah seharusnya daerah penghasil lebih diperhatikan.

Contohnya, masyarakat tidak lagi kekurangan pasokan gas. Apalagi, dengan dibangun pipanisasi ini akan mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat. Karena, akan banyak industri-industri olahan yang akan terbangun dan itu memerlukan pasokan gas.

“Kita minta Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) bisa memperhatikan itu. Sehingga rasa keadilan bagi rakyat Kalimantan, khususnya Kaltim betul-betul diterima,” kata Isran dikutip dalam laman resmi Pemprov Kaltim.

Isran menegaskan, Pemprov Kaltim sangat berharap pengembangan dan peningkatan pemanfaatan gas bumi di Pulau Kalimantan tak merugikan rakyat. Khususnya rakyat Kaltim. Bahkan jangan ada kesenjangan antar wilayah. Salah satunya pembangunan pipanisasi gas di Pulau Kalimantan.

“Artinya, Kaltim sangat memerlukan keadilan dalam pemanfaatan tersebut. Karena itu, ini harus betul-betul dikomunikasikan dan dirapatkan dalam pengelolaan pemanfaatan gas bumi tersebut,” tegasnya.

Isran menyebut, hingga saat ini rakyat Kaltim belum merasakan begitu banyak manfaat dari pengelolaan minyak dan gas bumi. Karena itu, jika memang pipanisasi gas ini betul-betul terwujud dan hanya dibangun di Pulau Kalimantan, tentu pembangunan infrastruktur lainnya juga dapat terwujud. Misalnya, terbangun industri pengolahan di Kalimantan.

“Yang penting pipanisasi gasnya terpasang terlebih dulu. Pemprov Kaltim prinsipnya siap mendukung. Jika memang memerlukan rekomendasi dan izin pembangunan tersebut, hari ini diurus, besok kami terbitkan,” janji Isran.

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengatakan rencana pembangunan pipanisasi gas tersebut hanya untuk di wilayah Kalimantan terlebih dulu.

“Pemerintah rencana membangun pipa transmisi gas bumi di wilayah Kalimantan, mulai dari Kaltim, Kalsel, Kalteng hingga Kalbar. Pembangunan tersebut, masuk dalam rencana induk jaringan transmisi dan distribusi gas bumi nasional 2012-2030. Ini jelas sudah ada perencanaannya. Tinggal lelang pembangunan,” ungkapnya.

Baca Juga : Kaltim Batasi Hibah Bansos Rp200 Juta

Sumber: Humas Pemprov Kaltim
Editor: Fariz

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Kaltim Bentuk Sekber Penanganan Dana Desa
apahabar.com

Kaltim

Bupati Penajam: Jangan Ada Lagi Masyarakat Ditolak BPJS
apahabar.com

Kaltim

Update Covid-19 Kaltim: Positif Bertambah 113 Kasus
apahabar.com

Kaltim

Pandemi Berlalu, Bupati Mahulu: Budaya Lokal Pasti Kembali
apahabar.com

Kaltim

Iduladha 1440 H, Kaltim Surplus Hewan Kurban
apahabar.com

Kaltim

Ibu Kota Pindah, ASN Penajam Berpotensi Bertambah
apahabar.com

Kaltim

Tips Terhindar Banjir Kala Menuju Bandara Samarinda
apahabar.com

Kaltim

Samarinda Banjir, Warga Mulai Mengungsi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com