Viral Surat Cinta BPK untuk Masyarakat Setelah Insiden Maut di Lingkar Dalam Ribuan Lahan Padi di Kalsel Terancam Kerdil dan Menguning, Dinas TPH: Jangan Panik Pukuli Korban Gegara Halangi Jalan, Supir Travel di Tanbu Ditangkap Aksi Skimming di Balikpapan: Klik Link WA, Saldo Belasan Juta Lenyap Serahkan Belasan Tuntutan, SP KEP Kawal DPRD Tabalong Sampai ke Jakarta

Kaltim Gandeng Daerah Lain Pacu Hilirisasi Produk

- Apahabar.com     Kamis, 6 Desember 2018 - 22:57 WITA

Kaltim Gandeng Daerah Lain Pacu Hilirisasi Produk

Tangki timbun. Foto-agrofarm.co.id

apahabar.com, JAKARTA – Kaltim dengan potensi sumber daya alam melimpah terus berupaya meningkatkan nilai tambah ekonomi produk melalui kegiatan industri pengolahan atau hilirisasi.

Demikian ditegaskan Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi saat menghadiri Rapat Kerja (Raker) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Ballroom Flores Hotel Borobudur Indonesia Jakarta, Kamis (6/12) siang.

Baca Juga: Gubernur Ajak Gali Potensi Wisata Lokal Di Kaltim

Menurut dia, rapat kerja forum pemerintahan provinsi ini sangat strategis selain meningkatkan kerjasama antar daerah juga merumuskan kerjasama perdagangan komoditi unggulan mereka.

“Saya rasa masing-masing daerah memiliki sumber daya lokal yang berbeda. Kaltim sudah melakukan kerja sama dengan beberapa provinsi dan saling menunjang. Kita terus berupaya meningkatkan nilai ekonomi produk agar lebih menguntungkan,” katanya.

Dalam kontek APPSI lanjutnya, kerja sama Kaltim dengan Kalimantan Selatan dan DI Yogyakarta telah terbangun di subsektor perkebunan.

Baik terkait peningkatan SDM petani maupun perdagangan komoditi unggul daerah. Selain itu, Kaltim juga telah bekerjasama dengan Nusa Tenggara Timur pada lingkup peternakan, perdagangan, perindustrian, koperasi dan UMKM.

Termasuk bidang kelautan dan perikanan, perkebunan, transmigrasi dan pariwisata bahkan investasi.

Sementara itu kesepakatan yang masih dalam proses dengan Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Bali, Maluku dan Kalimantan Tengah.

Hadi mengakui masih ada beberapa kendala dan permasalahan yang dihadapi masing-masing daerah dalam mengimplementasikan kerjasama mereka.

“Pertemuan inilah yang kita harapkan mampu membuka permasalahan sekaligus mencari solusinya. Kaltim sangat berkepentingan terus mengembangkan industri pengolahan produk,” ungkapnya.

Raker dilaksanakan selama tiga hari (5-7 Desember) dibuka Ketua Umum APPSI Soekarwo dan dihadiri kepala daerah tingkat provinsi baik gubernur maupun wakil gubernur.

Dalam pertemuan itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan memaparkan berbagai program daerah yang harus disikapi APPSI.

Tampak Ketua Dewan Pakar Profesor Ryaas Rasyid serta Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Mayjen TNI (Purn) Joko Setiadi. Hadir mendampingi Wagub Hadi Mulyadi, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan H Ichwansyah dan Plh Asisten Pemerintahan dan Kesra HM Sa’bani.

Kepala Dinas Perkebunan Ujang Rachmad, Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura H Ibrahim dan Kepala Disperindagkop UMKM H Fuad Assadin serta beberapa pimpinan OPD dan kepala biro di lingkungan Pemprov Kaltim.

Editor: Fariz F   

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tak Berkategori

Pelaku Penipuan Modus COD di Balikpapan Diamankan, Dijuluki Penipu Berjaket Merah!
Rachel Vennya

Tak Berkategori

Mengaku Tak Dikarantina di Wisma Atlet, Rachel Vennya Dituding Bohong
apahabar.com

Tak Berkategori

Alhamdulillah Distribusi Logistik Pemilu Lancar, Warga Pulau Bromo Banjarmasin Bisa Nyoblos
Lahan Sempit, Begini Cara Rumah Tetap Nyaman Ditinggali

Tak Berkategori

Lahan Sempit, Begini Cara Rumah Tetap Nyaman Ditinggali
apahabar.com

Tak Berkategori

KPU Gelar Melukis Mural, Ini Tujuannya
apahabar.com

Tak Berkategori

Aksi Fingerstyle Alip Ba Ta Pukau Dunia, Mainkan Gitar Sambil Selesaikan Rubik
apahabar.com

Tak Berkategori

Nekat, Sales Kelontong di Banjarmasin Gelapkan Uang Perusahaan
apahabar.com

Tak Berkategori

Gubernur BI: Harga Minyak Dunia Anjlok Positif Bagi Ekonomi Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com