Kobaran Api Kembali Gegerkan Warga Patmaraga Kotabaru Cara Cek Pengumuman CPNS 2019 Hari Ini, Login sscn.bkn.go.id, Berikut Website & Panduan Lengkapnya 150 Rumah Hangus Terbakar, Simak Kronologi Lengkap Kebakaran di Kotabaru Alasan Mengapa Api di Patmaraga Kotabaru 5 Jam Baru Padam Si Jago Merah Mengamuk di Kotabaru: Berkobar Berjam-jam, Ratusan Rumah Ludes Terbakar!

Kapolda Papua: 26 Kasus KKB Selama 2018

- Apahabar.com Sabtu, 29 Desember 2018 - 07:45 WIB

Kapolda Papua: 26 Kasus KKB Selama 2018

Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin Siregar didampingi Wakapolda dan Kabid Humas memaparkan refleksi akhir tahun 2018 di Jayapura, Jumat (28/12/2018). Foto - Kompas.com

apahabar.com, JAYAPURA – Kapolda Papua Irjen Martuani Sormin Siregar menyebutkan sebanyak 26 kasus penembakan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata sejak awal Januari hingga akhir Desember 2018.

“Jika dibandingkan dengan tahun 2017 hanya 25 kasus. Tahun ini terjadi di Polres Puncak Jaya, Polres Mimika, Polres Lanny Jaya, dan Polres Jayawijaya,” katanya, didampingi Wakapolda Brigjen Yakobus Marzuki dan Kabid Humas Kombes AM Kamal, dalam refleksi akhir tahun 2018, di Mapolda Papua, Kota Jayapura, seperti kutip dari Antara, Jumat (28/12/2018).

Baca Juga: KPK Tangkap Pejabat PUPR Terkait Proyek Air Minum

Menurut dia, sebanyak 28 warga sipil meninggal dunia, 7 personel TNI/Polri meninggal dunia, dan 20 TNI/Polri dan warga sipil luka-luka, dan dua anggota KKB dilaporkan tewas.

“Tindakan mereka sangat tidak berperikemanusiaan dan keji. Hal ini kita bisa lihat pada kasus belum lama ini,” katanya lagi.

Kasus itu adalah pembunuhan yang dilakukan oleh KKB pimpinan Egianus Kogoya kepada belasan karyawan PT Istaka Karya yang sedang melakukan pengerjaan jalan Trans-Papua di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga.

“Sebanyak 28 karyawan PT Istaka Karya itu, 17 ditemukan tewas dan sudah diterbangkan ke kampung halaman mereka. Sedangkan 7 orang lainnya selamat, tetapi 4 orang masih dalam pencarian tim gabungan TNI dan Polri,” katanya lagi.

Baca Juga: Hutan Adat di Kalimantan Selatan, Pemerintah Bentuk Gugus Tugas

Selain itu, masih kasus Nduga, lanjut dia, terdapat 5 korban lainnya dari TNI dan Polri, satu prajurit TNI gugur atas nama Sertu Anumerta Handoko, 3 personel TNI luka tembak, dan satu personel Brimob juga luka tembak atas nama Bharatu Wahyu Hidayat.

“Sementara tim gabungan TNI dan Polri yang ikut evakuasi para pekerja di luar karyawan PT Istaka Karya sebanyak 35 orang. Mereka ini merupakan pekerja bangunan di Kabupaten Nduga yang sedang membangun perumahan tenaga kesehatan, bangunan sekolah, dan puskesmas,” katanya pula.

Hingga kini, ujar dia, tim gabungan TNI dan Polri masih melakukan pencarian terhadap empat pekerja dari PT Istaka Karya, dan pengejaran terhadap KKB pimpinan Egianus Kogoya.

“Situasi terkini di Nduga secara umum kondusif. Tim gabungan masih terus lakukan pencarian empat karyawan PT Istaka Karya dan kejar para KKB,” katanya pula.

Baca Juga: Gempa 6,1 SR Guncang Manokwari

Sumber : Antara
Editor : Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jokowi Tak Libatkan KPK Dalam Penyusunan Kabinet
apahabar.com

Nasional

Kabut Asap, Masyarakat Juga Diminta Waspada Rabies
apahabar.com

Nasional

Menangkan Jokowi, Sejumlah Lembaga Survei Dilaporkan ke Bareskrim
apahabar.com

Nasional

Menilik Kandungan Pisang Lokal, Ternyata Lebih Baik dari Impor
apahabar.com

Nasional

Hukum Mati LGBT di Brunei, Inggris Minta Warganya Tak Diganggu
apahabar.com

Nasional

Waspada Curah Hujan Tinggi Oktober-November, Termasuk Kalsel
apahabar.com

Nasional

24 Tahun Telkomsel: Terus Bergerak Maju dan Komitmen Bangun Ekosistem Digital
apahabar.com

Nasional

Refleksi Sumpah Pemuda, Jangan Memperluas Perbedaan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com