Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya Otsus Jilid Dua, Semangat Baru Pembangunan Papua

Kapolri dan Panglima TNI Bersinergi Tinjau Gereja 

- Apahabar.com Selasa, 25 Desember 2018 - 10:36 WIB

Kapolri dan Panglima TNI Bersinergi Tinjau Gereja 

Kapolri dan Panglima TNI memantau situasi malam Natal. Foto-Ist.

apahabar.com, JAKARTA – Sinergitas antara Polri dan TNI terus berlanjut. Hal ini ditunjukan antara lain dengan pengamanan terkait perayaan malam Natal yang dilakukan oleh keduanya.

Tidak tanggung-tanggung, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau langsung ke gereja-gereja di Jakarta yang memiliki jemaat cukup banyak.

Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, Kapolri bersama Panglima TNI datang bersama Kapolda dan Danrem serta Gubernur DKI untuk mengecek dan memastikan terciptanya suasana ibadah yang aman, nyaman serta kondusif di malam Natal.

“Iya jam 7 malam rombongan Kapolri bersama Panglima bersama Kapolda dan Pangdam melakukan pengecekan persiapan dan pengamanan sekaligus pelaksanaan misa di beberapa gereja di Jakarta,” ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (24/12).

Gereja-gereja yang mendapatkan pengamanan super ketat adalah gereja yang berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya seperti Katedral, dan Kabupaten Bekasi yang notabene memiliki jemaat yang banyak dan membutuhkan pengamanan ekstra.

“Pengamanan gereja ditempat perayaan Natal, di setiap tempat ibadah, kita dirikan pospam-pospam, menjamin keamanan di gereja,” sambung Dedi.

Baca Juga: Polrestro Bekasi Intensifkan Pengamanan Empat Gereja Rawan

Setidaknya ada 55 ribu personel gabungan yang disiagakan untuk pengamanan malam misa Natal yang terdiri dari anggota Polri, TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan.

“Sebelum dua jam melakukan sterilisasi semuanya untuk memastikan bahan peledak dalam rangkaian perayaan tersebut. Mengimbau ke seluruh masyarakat, tempat perayaan masuknya juga sterilisasi,” terangnya.

Para anggota juga nantinya akan memeriksa barang bawaan para jemaat dengan menggunakan metal detector, yang telah disediakan di setiap gereja.

Lebih jauh Dedi mengatakan, pihaknya juga akan menyertakan ormas-ormas Islam untuk membantu pengamanan di malam misa Natal, sebagai bentuk solidaritas dan simbol kerukunan beragama di Tanah Air.

“Banser, Muhammadiyah, NU untuk membantu menjaga keamanan saudara-saudara kita umat Kristiani yang beribadah,” pungkasnya.

Baca Juga: Perayaan Natal dan Tahun Baru Kalsel Dijamin Stabil

Sumber: IDN Times
Editor: Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Polda Sulteng: Brigpol Dewi Sudah Cerai dengan Suami
apahabar.com

Nasional

Pembebasan Ba’asyir Ditangguhkan, Apa Kata Yusril

Nasional

Pemerintah Indonesia Upayakan Pemerataan Penerima Vaksin Covid-19
apahabar.com

Nasional

Gus Nur Diduga Hina NU, Ini Pesan Kiai Ma’ruf
apahabar.com

Nasional

PWI Aceh Gelar Doa Bersama Korban Tsunami
apahabar.com

Nasional

Polisi: Provokator Kericuhan dari Luar Jakarta
apahabar.com

Nasional

Mengenaskan, Balita Dicekoki Air oleh Sang Ibu hingga Tewas
apahabar.com

Nasional

Update Banjir Sentani: 89 Tewas, 6 Ribu Mengungsi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com