Perhatian! PT KPP Rantau Ngutang Pajak Alat Berat Rp 1,8 M Warung Jablay di HSS Meresahkan, MUI Ngadu ke DPRD Jelang Pencoblosan, Warga Kalsel Diimbau Jangan Telan Mentah-Mentah Berita Medsos Disbudpar Banjarmasin Rilis Dua Wisata Baru, Cek Lokasinya Otsus Jilid Dua, Semangat Baru Pembangunan Papua

Kasus Suap Korupsi Terbesar Di Indonesia

- Apahabar.com Minggu, 9 Desember 2018 - 01:15 WIB

Kasus Suap Korupsi Terbesar Di Indonesia

Agus Rahardjo (Detiknews)

apahabar.com, Jakarta – KPK memperingati Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2018. Ketua KPK Agus Rahardjo berbicara soal jenis kasus korupsi paling besar.

“Kasus paling besar menimpa negeri ini pertama adalah kasus suap dan kedua pengadaan barang dan jasa pemerintah,” ujar Agus Rahardjo di area car free day Bekasi, Jl Ahmad Yani, Bekasi, Minggu.

Selain itu Agus mengatakan, kasus korupsi juga terjadi terkait kenaikan jabatan atau mutasi. Menurutnya hal ini sering terjadi pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Agus hanya berbicara soal jenis kasus.

“Yang sering terjadi di samping pengadaan barang jasa, di samping perizinan yang kadang-kadang (untuk) mendapatkan sesuatu. Sering terjadi temen-temen di SKPD yang mau naik jabatan, promosi, mutasi, bayar, itu juga nggak boleh. Dilaporkan saja kalau ada yang seperti itu,” kata Agus.

Agus mengatakan korupsi akan lebih cepat ditindak bila orang di sekitar yang melaporkan, baik sekretaris daerah atau pun kepala daerahnya. Oleh karena itu, masyarakat dan jajaran pemerintah diminta untuk ikut mengontrol dan melaporkan.

“Saya mendorong melaporkan kalau sudah diingatkan tapi tidak berubah, saya beri contoh yang paling manjur, paling akurat, dari orang sekitarnya. Jadi kenapa kami bisa menangkap, karena yang melaporkan bisa sekdanya, bisa kepala dinasnya,” kata Agus.

“Mari partisipasi untuk mengontrol itu, dan bisa saja bapak ibu melaporkan itu agar KPK bisa bertindak,” sambungnya.

Dia menyebut kerja dan jabatan merupakan amanah yang dipertanggungjawabkan. Sehingga diharapkan dapat dijalankan dengan jujur.

“Kerja amanah dan akan dipertanggungjawabkan pada saat nanti kita kembali, kita menghadap itu kita pertanggung jawabkan oleh karena itu harus betul-betul lurus dipercaya rakyat, jujur,” kata Agus.

Baca Juga: Sekali Tarikan Napas, Daus Mini Sah Jadi Suami Orang Lagi

Sumber : Detiknews
Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Anggota Panja DPR Pastikan Tidak Ada Substansi UU Cipta Kerja yang Berubah
apahabar.com

Nasional

Tak Hanya Denda, Simpatisan FPI Juga Diberi Sanksi Kerja Sosial karena Langgar Prokes
apahabar.com

Nasional

Sukses di New York, Sasirangan Kalsel Bakal Debut di Mercedes-Benz Fashion Week 2020 di Rusia
apahabar.com

Nasional

Kunjungi Gamchoen Busan, Jokowi: Bisa Jadi Inspirasi Kepala Daerah
apahabar.com

Nasional

Demonstran dari 13 Ormas Pasang Keranda di Depan Gedung KPK
apahabar.com

Nasional

Rusuh Manokwari, Peter Tak Menyangka Gedung DPRD Papua Barat Dibakar

Nasional

Demo-Anti Omnibus Law, Mana Suara Ahmad Dhani?
apahabar.com

Nasional

Mobil Rp 1,3 T, Ini Alasan KPK Tak Libatkan Dewan Pengawas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com