BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen Waspada Penularan Covid-19 di Libur Panjang, Disdik Banjarmasin Imbau Pelajari Patuhi Prokes Bikin Haru, Simak Curahan Mama Lita MasterChef Indonesia Pasca-ditinggal Suami Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah

Kawal Pemilu 2019, Kapolres HSS Siapkan Sandi Sapta

- Apahabar.com Jumat, 28 Desember 2018 - 22:48 WIB

Kawal Pemilu 2019, Kapolres HSS Siapkan Sandi Sapta

Kapolres Hulu Sungai Selatan foto bersama Bupati HSS, Dandim 1003, Ketua KPU Propinsi Kalsel, KPU Kabupaten HSS, dan Ketua Bawaslu usai meresmikan Rumah Pintar Pemilu di Kantor KPU HSS, Jumat (28/12) pagi. Foto - apahabar.com/Nasrullah

apahabar.com, KANDANGAN – Menyambut persiapan pemilu 2019 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Polres setempat siap mengawal agar berlangsung aman dan damai.

Kapolres Hulu Sungai Selatan, AKBP Dedy Eka Jaya mengatakan persiapan pengawalan pemilu tersebut tersimpul pada Sapta Siap atau Delapan Siap. Pertama, adalah persiapan piranti lunak.

“Dalam melaksanakan tugas ini kita memiliki dasar hukum mulai dari produk intelejen, rencana operasi, surat perintah operasi, pelaksanaan latihan, spin, dan lainnya,” kata Dedy.

Kedua, siap Posko.

“Kita membangun posko di Polres, baik digital maupun manual yang sudah dilakukan pengecekan oleh amatir Brigjend Mabes Polri maupun dari polda kalsel, didalamnya terdiri ‘faksimile, komputer, tv, lcd, internet, dan lainnya,” ujarnya.

Ketiga, siap kondisi Kamtibmas.

”Selain kesiapan operasi kepolisian Mantap Brata 2018. Kita secara signifikan dan teratur melaksanakan patroli gabungan di malam hari dengan melibatkan TNI Kodim, Kompi, Satuan Polisi Pamong Praja untuk patroli mengawasi kantor KPU, Gudang Logistik penyimpanan arsip data, termasuk kantor Bawaslu.”

Baca Juga: Malam Tahun Baru, Air Mancur “Menari” Banjarmasin Beroperasi

Keempat, siap pra latihan pelaksanaan operasi Mantap Brata 2018.

“Pra latihan operasi ini di lakukan pada masa kampanye serentak di seluruh Indonesia selama 397 hari, terhitung sejak 20 September 2018 sampai dengan 21 Oktober 2019.”

Pra latihan ini diikuti khusus anggota intern Polres HSS yang terlibat dalam operasi Mantap Brata 2018. Ditutup dengan latihan Sispam Kota bertempat di lapangan Lambung Mangkurat Kota Kandangan.

“Melalui latihan ini personil diberi materi termasuk strategi-strategi. Agar dapat kesamaan dalam pola pikir dan tindakan dalam mengamankan pileg dan pilpres 2019.”

Baca Juga: Angka Perceraian di Tapin Tinggi, Ini Pemicunya

Kelima, kesiapan masyarakat. Pihaknya, mendampingi dalam memberikan sosialisasi terhadap masyarakat sesuai fungsi dan konsep jajaran.

”Kita sering dengar ada Bhabinkamtibmas bergabung Bhabinsa mengajak komunitas masyarakat bersama memasang spanduk yang isinya menyelenggarakan pemilu yang sejuk damai dan aman.”

Keenam, kesiapan personil. Polres HSS akan terjunkan 334 personil Polres HSS ditambah personil BKO dari Polda yang akan mengamankan 550 TPS di Kabupaten HSS.

”Mereka akan mengamankan setiap TPS dengan jumlah 5 personil, 1 personil dari satuan Polri dan juga TNI Kodim,” katanya.

Ketujuh, kesiapan sarana dan prasarana. “Polres HSS kerahkan motor dinas roda empat sebanyak 31 buah, roda dua 155 buah, alat khusus (Alsus) seperti tongkat, tameng, dan lain-lain,” katanya.

Kedelapan, kesiapan Anggaran.

“Anggaran sudah siap, operasinya di bagi dua tahap. Karena di tahun 2018 anggaran belum siap sehingga menggunakan anggaran rutin. Anggaran 2019 hendak digelontorkan.”

Baca Juga: Bikin SIM Susah? Ikuti Langkah Ini Biar Mudah

 

Reporter : Nasrullah
Editor : Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Kalsel

Prostitusi Online di Martapura, Satpol PP Tangkap Dua Wanita
apahabar.com

Kalsel

Asyik Ngabuburit, Bocah di Kotabaru Diterkam Buaya Liar
apahabar.com

Kalsel

Langgar Protokol Kesehatan, Ratusan Orang di Banjarbaru Disanksi!
apahabar.com

Kalsel

Cak Imin Bantu 5000 Sembako untuk Warga Banua

Kalsel

Covid-19 di Bappeda Kalsel: Puluhan Positif, Satu Meninggal Dunia

Kalsel

Catatan Sejarah (2); Berhasil ‘Mendayung’ Jukung ke Pentas Dunia, Erik Petersen Mualaf dan Menikahi Wanita Banjar
apahabar.com

Kalsel

Malam Tahun Baru, Pasukan Kuning di Banjarmasin Diguyur Uang Lembur
apahabar.com

Kalsel

Minim Ahli K3, Kasus Kecelakaan Kerja Masih Terjadi di Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com