Lampu Hijau Buka Masker, Pakar Covid-19 ULM: Hati-Hati Blunder Tabrakan Maut BPK Terulang Lagi, Apa Kabar Perda Damkar Banjarmasin? Perkuat Keandalan Listrik Kalseltengtim dengan Sistem Looping Jaringan Tersangka! Sopir BPK Penabrak 2 Pemotor di Banjarmasin Selatan Tuntut Pemerataan, Besok Buruh SIS ADMO Tabalong Juga Minta Pembagian Windfall

Kirim Tenaga Ahli Pertanian ke Myanmar

- Apahabar.com     Minggu, 9 Desember 2018 - 12:30 WITA

Kirim Tenaga Ahli Pertanian ke Myanmar

Dubes RI RI untuk Myanmar, Iza Fadri foto - jpnn.

apahabar.com, JAKARTA – Indonesia melalui Direktorat Kerja Sama Teknik Kementerian Luar Negeri mengirim dua orang tenaga ahli pertanian ke Myanmar untuk memberikan pelatihan peningkatan kualitas di bidang tersebut.

“Pengiriman tenaga ahli ini untuk membantu Myanmar yang sedang dalam usaha meningkatkan kapasitasnya di bidang pertanian,” ujar Dubes RI untuk Myanmar Iza Fadri melalui keterangan pers yang diterima Antara di Jakarta, Minggu.

Pelatihan ini juga ditujukan untuk meningkatkan kontribusi Indonesia dalam mendorong percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang diamanatkan PBB.

Pelatihan bertajuk “Dispatch Expert on Agriculture for Myanmar” ini dilaksanakan di Hlegu Township, Yangon, Myanmar. Diharapkan peserta dapat menularkan ilmu dan keterampilan barunya kepada teman-teman mereka sekembalinya ke daerah.

Kegiatan itu juga diharapkan bisa mendorong kerjasama dan hubungan bilateral kedua negara serta mengeratkan kontak antar warga masyarakat di kedua negara.

Sementara itu, Direktur Regional Yangon pada Kementerian Pertanian, Peternakan, dan Pengairan Myanmar U Kyaw Kyaw menyampaikan bahwa pelatihan ini sudah tepat dilaksanakan di Myanmar, mengingat negara ini punya kebutuhan untuk meningkatkan kualitas produk buah-buahan dan sayuran.

“Manfaatkan sebaik-baiknya kehadiran tenaga ahli pertanian Indonesia untuk meningkatkan kapasitas pertanian nasional,” pungkas Kyaw.

Pelatihan yang dilaksanakan selama empat hari ini diikuti oleh 23 orang petani yang berasal dari enam kawasan di seluruh penjuru Myanmar yakni, Mandalay, Bago, Yangon, Nay Pyi Taw, Shan, dan Rakhine.

Selain itu pelatihan juga diikuti oleh tujuh orang peserta dari kalangan pemerintah, akademisi, dan LSM yang bergerak di bidang pertanian yang akan belajar mengenai teknik budi daya dan pengolahan pasca panen untuk komoditas sayuran berdaun seperti kangkung, pokcai, sawi, kol, dan bayam.

Kedua tenaga ahli yang dikirim berasal dari Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang itu telah cukup berpengalaman dalam mengajar dan melatih para petani dari berbagai negara.

Diharapkan melalui program ini, selain dapat meningkatkan kapasitas petaninya, Myanmar juga dapat saling berbagi informasi dengan para tenaga ahli Indonesia dalam pengembangan pertanian melalui metode hortikultura.

Baca Juga: Peringati Hari Anti Korupsi, KPK Minta Pemkot Bekasi Transparan

 

Sumber : Antara

Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Mantan Kuli Panggul Dipanggil Jokowi ke Istana
Gagasan desain Nagara Rimba Nusa ditetapkan sebagai pemenang terbaik pertama Sayembara Gagasan Desain Kawasan Ibukota baru Negara atau IKN oleh Kementerian PUPR di Jakarta, Senin (23/12/2019). Foto-dok.Antara/Aji Cakti/pri

Nasional

Ke Delegasi Turki, Kementerian PUPR Tawarkan Proyek Tol Akses dan Hunian IKN
Banjir Kalsel

Nasional

Duh! Kementerian ESDM Bantah Tambang Biang Kerok Banjir Kalsel
apahabar.com

Nasional

Herman, Residivis Kasus Sajam dan Terduga Pembunuh Levi di Mata Tetangga
Edhy Prabowo

Nasional

Menteri KKP Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Intip Harta Kekayaannya
Vaksinasi Mandiri

Nasional

Vaksinasi Mandiri Ditarget Mulai April Mendatang
apahabar.com

Nasional

PDIP: Natal Penuh Semangat Solidaritas dan Peneguhan Pancasila
apahabar.com

Nasional

Polisi Tetapkan 3 Orang Masuk DPO Kerusuhan Wamena
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com