Fix, Presiden Jokowi Akan Resmikan Bendungan Tapin Resmikan Bendungan Tapin, Jokowi Bertolak ke Kalsel 5 RS Ngutang Darah Miliaran Rupiah ke PMI, DPRD Banjarmasin Turung Tangan Pembunuhan di Balikpapan, “Hukum Mati Praka MAM” Menggema di Rumah Duka Antisipasi Teror Bom, PLN Kalselteng Gandeng Polda Gelar Simulasi

Kirim Tenaga Ahli Pertanian ke Myanmar

- Apahabar.com Minggu, 9 Desember 2018 - 12:30 WIB

Kirim Tenaga Ahli Pertanian ke Myanmar

Dubes RI RI untuk Myanmar, Iza Fadri foto - jpnn.

apahabar.com, JAKARTA – Indonesia melalui Direktorat Kerja Sama Teknik Kementerian Luar Negeri mengirim dua orang tenaga ahli pertanian ke Myanmar untuk memberikan pelatihan peningkatan kualitas di bidang tersebut.

“Pengiriman tenaga ahli ini untuk membantu Myanmar yang sedang dalam usaha meningkatkan kapasitasnya di bidang pertanian,” ujar Dubes RI untuk Myanmar Iza Fadri melalui keterangan pers yang diterima Antara di Jakarta, Minggu.

Pelatihan ini juga ditujukan untuk meningkatkan kontribusi Indonesia dalam mendorong percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang diamanatkan PBB.

Pelatihan bertajuk “Dispatch Expert on Agriculture for Myanmar” ini dilaksanakan di Hlegu Township, Yangon, Myanmar. Diharapkan peserta dapat menularkan ilmu dan keterampilan barunya kepada teman-teman mereka sekembalinya ke daerah.

Kegiatan itu juga diharapkan bisa mendorong kerjasama dan hubungan bilateral kedua negara serta mengeratkan kontak antar warga masyarakat di kedua negara.

Sementara itu, Direktur Regional Yangon pada Kementerian Pertanian, Peternakan, dan Pengairan Myanmar U Kyaw Kyaw menyampaikan bahwa pelatihan ini sudah tepat dilaksanakan di Myanmar, mengingat negara ini punya kebutuhan untuk meningkatkan kualitas produk buah-buahan dan sayuran.

“Manfaatkan sebaik-baiknya kehadiran tenaga ahli pertanian Indonesia untuk meningkatkan kapasitas pertanian nasional,” pungkas Kyaw.

Pelatihan yang dilaksanakan selama empat hari ini diikuti oleh 23 orang petani yang berasal dari enam kawasan di seluruh penjuru Myanmar yakni, Mandalay, Bago, Yangon, Nay Pyi Taw, Shan, dan Rakhine.

Selain itu pelatihan juga diikuti oleh tujuh orang peserta dari kalangan pemerintah, akademisi, dan LSM yang bergerak di bidang pertanian yang akan belajar mengenai teknik budi daya dan pengolahan pasca panen untuk komoditas sayuran berdaun seperti kangkung, pokcai, sawi, kol, dan bayam.

Kedua tenaga ahli yang dikirim berasal dari Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang itu telah cukup berpengalaman dalam mengajar dan melatih para petani dari berbagai negara.

Diharapkan melalui program ini, selain dapat meningkatkan kapasitas petaninya, Myanmar juga dapat saling berbagi informasi dengan para tenaga ahli Indonesia dalam pengembangan pertanian melalui metode hortikultura.

Baca Juga: Peringati Hari Anti Korupsi, KPK Minta Pemkot Bekasi Transparan

 

Sumber : Antara

Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Lihat Fakta Harta Miliaran Milik Menpora Imam Nahrawi
apahabar.com

Nasional

Saul Canelo Alvarez KO Rocky Fielding di Ronde 3
China Hadapi Gelombang Kedua Covid-19

Nasional

China Hadapi Gelombang Kedua Covid-19
apahabar.com

Nasional

Denda Berkendaraan Sambil Merokok di Negara Luar Lebih Berat
apahabar.com

Nasional

Hipmi Kepulauan Riau Siap Menangkan Mardani H Maming
apahabar.com

Nasional

Finalis Puteri Indonesia Gak Hafal Pancasila, Begini Akibatnya
apahabar.com

Nasional

Jokowi Pastikan Kekurangan Dokter Segera Teratasi
Jasad Pilot

Nasional

Akhirnya, Jasad Pilot Sriwijaya Air SJ 182 Berhasil Teridentifikasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com