Jelang MotoGP Jerman 2021, Momen Marc Marquez Meramaikan Barisan Depan Raisya, Gadis Kelua Tabalong yang Hilang Akhirnya Kembali ke Pelukan Keluarga Buka-bukaan, Pj Gubernur Sebut Pajak Kendaraan Bermotor Kalsel Nunggak Hampir Rp1 Triliun Maryadi Meninggal di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, Polisi Beber Keterangan NGERI! ‘Penyehatan’ RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin Butuh Rp 125 Miliar

Korban Tsunami Selat Sunda Butuh Biskuit

- Apahabar.com Sabtu, 29 Desember 2018 - 06:15 WIB

Korban Tsunami Selat Sunda Butuh Biskuit

Foto-dokumennnupeduli

apahabar.com, BANJARMASIN – Makanan siap saji masih menjadi bantuan yang dibutuhkan korban Tsunami Selat Sunda. Namun, menurut Direktur Disaster Management Institute of Indonesia-Aksi Cepat Tanggap (DMII-ACT) Wahyu Novyan, makanan siap saji yang dimaksud bukan mie instan.

“Sesuai namanya, kami merujuk pada makanan yang bisa langsung dimakan, misal biskuit. Makanan seperti mie instan perlu dimasak terlebih dulu dengan air bersih. Padahal air bersih tersedia dalam jumlah yang tidak banyak,” kata Wahyu pada Jumat (28/12).

Wahyu mengatakan, pihaknya tidak bisa mengambil risiko jika air yang digunakan untuk memasak tidak bersih. Air kotor yang tertelan berisiko mengganggu sistem pencernaan dan buang air besar, misal diare. Penyakit diare mudah menginfeksi pengungsi lain, yang sebelumnya tidak sakit namun memiliki sistem imun lemah.

Selain kebersihan air, Wahyu juga merujuk pada minimnya kandungan gizi makanan serupa mie instan. Akibatnya, korban dan relawan berisiko mengalami penurunan daya tahan tubuh dan terserang penyakit bila terlalu sering mengomsumsinya.

Menurut Wahyu, saat ini pihaknya sedang mengusahakan berdirinya dapur umum di lokasi pengungsian. Kehadiran dapur umum diharapkan bisa mencukupi kebutuhan pangan korban dan relawan selain dari bantuan. Pangan yang diolah tentunya memenuhi kualitas dan selera korban serta relawan.

Sumber: Detik
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Waspada! BMKG Prediksi Kalsel Dilanda Cuaca Ekstrem Tiga Hari ke Depan
apahabar.com

Nasional

Pemberian Grasi Langkah Mundur Kemerdekan Pers
apahabar.com

Nasional

Genap 48 Tahun, MHM: Hipmi Menuju Usia Keemasan
apahabar.com

Nasional

Ratusan Warga Dirawat Usai Santap Makanan
apahabar.com

Nasional

Melalui Bimtek, Kementan Tingkatkan SDM Petani di Food Estate Kalteng
apahabar.com

Nasional

Polisi Periksa Puluhan Pekerja Proyek RS Siloam
apahabar.com

Nasional

Identitas Korban Tewas Bus Vs Truk di Tol Pasuruan
gempa bumi

Nasional

Berkah Orang Tua, Ustaz Das’ad Latif Selamat dari Gempa di Sulbar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com