[ANALISIS] Bisakah Gugatan UU Kalsel Dicabut di Tengah Jalan? Launching OPOP di Kalsel, Wapres Ma’ruf Ingin Produk Pesantren Go Internasional Resmi Dibuka, Menko Airlangga Sebut GIIAS Jadi Kesuksesan Banyaknya Kendaraan Listrik Kalsel Waspada Potensi Hujan Disertai Kilat Dianggap Lebih Berbahaya dari Narkoba, Ini 3 Manfaat Lain dari Kratom
agustus

Korban Tsunami Selat Sunda Butuh Biskuit

- Apahabar.com     Sabtu, 29 Desember 2018 - 06:15 WITA

Korban Tsunami Selat Sunda Butuh Biskuit

Foto-dokumennnupeduli

apahabar.com, BANJARMASIN – Makanan siap saji masih menjadi bantuan yang dibutuhkan korban Tsunami Selat Sunda. Namun, menurut Direktur Disaster Management Institute of Indonesia-Aksi Cepat Tanggap (DMII-ACT) Wahyu Novyan, makanan siap saji yang dimaksud bukan mie instan.

“Sesuai namanya, kami merujuk pada makanan yang bisa langsung dimakan, misal biskuit. Makanan seperti mie instan perlu dimasak terlebih dulu dengan air bersih. Padahal air bersih tersedia dalam jumlah yang tidak banyak,” kata Wahyu pada Jumat (28/12).

Wahyu mengatakan, pihaknya tidak bisa mengambil risiko jika air yang digunakan untuk memasak tidak bersih. Air kotor yang tertelan berisiko mengganggu sistem pencernaan dan buang air besar, misal diare. Penyakit diare mudah menginfeksi pengungsi lain, yang sebelumnya tidak sakit namun memiliki sistem imun lemah.

Selain kebersihan air, Wahyu juga merujuk pada minimnya kandungan gizi makanan serupa mie instan. Akibatnya, korban dan relawan berisiko mengalami penurunan daya tahan tubuh dan terserang penyakit bila terlalu sering mengomsumsinya.

Menurut Wahyu, saat ini pihaknya sedang mengusahakan berdirinya dapur umum di lokasi pengungsian. Kehadiran dapur umum diharapkan bisa mencukupi kebutuhan pangan korban dan relawan selain dari bantuan. Pangan yang diolah tentunya memenuhi kualitas dan selera korban serta relawan.

Sumber: Detik
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Indonesia Bakal Pulangkan 2 Buronan di Amerika, Polri Akan Lakukan Barter
Vaksinasi

Nasional

Simak Tahapan Vaksinasi Covid dari Januari 2021 – Maret 2022
apahabar.com

Nasional

Mardani H Maming Masuk Bursa Calon Ketua Umum HIPMI
Vaksin Covid-19

Nasional

Siapkan Booster, Pemerintah Imbau Masyarakat Lengkapi Vaksin Covid-19
Pfizer

Nasional

Menang Banyak, Pfizer Kantongi Ratusan Triliun dari Corona!
apahabar.com

Nasional

Belasan Anak Panti Asuhan di Kabupaten Banjar Positif Covid-19
apahabar.com

Nasional

ISPA Jadi Penyakit Keluhan Utama CJH di Mekkah
apahabar.com

Nasional

Jumlah Pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet Turun, Simak Rinciannya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com