BREAKING! Jokowi Tiba di Kalsel, Langsung Blusukan Bagi Sembako Hujan Deras, Ribuan Korban Banjir Nantikan Kedatangan Jokowi di SDL Geger! Kakek Tak Bernyawa di Bak Truk Trisaksti Banjarmasin Yuk Nyumbang, Razi Sudah Relakan Pakaiannya untuk Korban Banjir Kalsel Ribuan Warga Terdampak Banjir Mengungsi di Masjid Al-Karomah Martapura

Korban Tsunami Selat Sunda Butuh Biskuit

- Apahabar.com Sabtu, 29 Desember 2018 - 06:15 WIB

Korban Tsunami Selat Sunda Butuh Biskuit

Foto-dokumennnupeduli

apahabar.com, BANJARMASIN – Makanan siap saji masih menjadi bantuan yang dibutuhkan korban Tsunami Selat Sunda. Namun, menurut Direktur Disaster Management Institute of Indonesia-Aksi Cepat Tanggap (DMII-ACT) Wahyu Novyan, makanan siap saji yang dimaksud bukan mie instan.

“Sesuai namanya, kami merujuk pada makanan yang bisa langsung dimakan, misal biskuit. Makanan seperti mie instan perlu dimasak terlebih dulu dengan air bersih. Padahal air bersih tersedia dalam jumlah yang tidak banyak,” kata Wahyu pada Jumat (28/12).

Wahyu mengatakan, pihaknya tidak bisa mengambil risiko jika air yang digunakan untuk memasak tidak bersih. Air kotor yang tertelan berisiko mengganggu sistem pencernaan dan buang air besar, misal diare. Penyakit diare mudah menginfeksi pengungsi lain, yang sebelumnya tidak sakit namun memiliki sistem imun lemah.

Selain kebersihan air, Wahyu juga merujuk pada minimnya kandungan gizi makanan serupa mie instan. Akibatnya, korban dan relawan berisiko mengalami penurunan daya tahan tubuh dan terserang penyakit bila terlalu sering mengomsumsinya.

Menurut Wahyu, saat ini pihaknya sedang mengusahakan berdirinya dapur umum di lokasi pengungsian. Kehadiran dapur umum diharapkan bisa mencukupi kebutuhan pangan korban dan relawan selain dari bantuan. Pangan yang diolah tentunya memenuhi kualitas dan selera korban serta relawan.

Sumber: Detik
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Ketika Mobil Dinas Jokowi Mogok di Kalimantan
apahabar.com

Nasional

Sosok Emen, Buruh Pembunuh PSK Online Gara-Gara Tisu Magic
apahabar.com

Nasional

Heboh Salah Bendera Malaysia, Menpora: Anak 5 Tahun pun Tahu!
apahabar.com

Nasional

Pengidap Virus Corona Meningkat di Korsel, Gyeongsan Kini Jadi ‘Kota Hantu’
apahabar.com

Nasional

Ali Day, Pernikahan Massal di Cina Tetap Digelar Saat Pandemi
apahabar.com

Nasional

Banjir Samarinda Meluas, Korban Terdampak Capai 20 Ribu Jiwa
apahabar.com

Nasional

Cegah Penyebaran Covid-19, Meja Tamu Jokowi Dipasang Pembatas Kaca
apahabar.com

Nasional

KPK Sarankan Presiden Terpilih Bentuk Zaken Kabinet
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com