Heboh Dikira Disembunyikan Makhluk Gaib, Ibu Muda di HST Akhirnya Ditemukan BREAKING! Warga “Bagandang Nyiru” Cari Ibu Muda yang Hilang di Cukan Lipai HST Kades-BUMDes Saradang Tabalong Ancam Polisikan Warga Penyebar Berita Bohong Kalah 39 Ribu Suara, H2D Pinta MK Kesampingkan Ambang Batas Pacu Sinergitas, Bjb Sekuritas Tandatangani PKS dengan Mandiri Sekuritas

Kotak Suara Kardus Rawan Rayap dan Tikus

- Apahabar.com Rabu, 19 Desember 2018 - 19:34 WIB

Kotak Suara Kardus Rawan Rayap dan Tikus

Kotak suara dan logistik pemilu lainnya rawan dimakan rayap dan tikus. Foto-detik.com

apahabar.com, GUNUNGKIDUL – Sebanyak 13.868 kotak suara berbahan karton dupleks telah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul. KPU juga memberi perlakuan khusus terkait perawatan kotak tersebut. Sebab kotak suara dan logistik pemilu lainnya rawan dimakan rayap dan tikus.

Komisioner Bidang Teknis KPU Kabupaten Gunungkidul, Andang Nugroho mengatakan peralihan kotak suara dari bahan aluminium menjadi karton dupleks membuat KPU harus memberi perlakuan khusus. Mengingat, bahan karton lebih rentan rusak daripada bahan aluminium.

“Memang dari sisi perlindungan harus lebih safety, karena bagaimanapun juga bahan karton duplek rentan akan serangan rayap dan tikus,” katanya saat ditemui di Kantor KPU Kabupaten Gunungkidul, Desa Piyaman, Kecamatan Wonosari, Gunungkidul, Rabu (19/12/2018).

Karenanya, untuk penyimpanan kotak suara tersebut KPU Gunungkidul bekerjasama dengan pihak terkait guna melindungi kotak suara dari serangan tikus dan rayap.

“Ada perlakuan khusus, jadi untuk menyimpan kotak suara ditaruh di atas panggung dan dilapisi papan serta terpal. Selain itu kita kerjasama dengan Bulog untuk melakukan fumigasi di ruangan dan lantai gudang penyimpanan logistik Pemilu agar binatang tidak mendekat dan merusak kotak suara,” ujarnya.

Perlu diketahui, fumigasi adalah metode pengendalian hama menggunakan pestisida. Metode itu dapat membunuh hama yang hidup di dalam struktur bangunan, misalnya rayap dan tikus. Untuk prosesnya sendiri, sebuah area akan secara menyeluruh dipenuhi oleh gas atau asap guna membunuh semua hama di dalam ruangan tersebut.

Disinggung mengenai sosialisasi kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) terkait cara perawatan kotak suara pasca distribusi, Andang menyebut telah melakukannya.

“Kita sudah koordinasi dengan kecamatan untuk perawatan khusus kotak suara saat didistribusikan. Kita juga sudah minta Kecamatan untuk menyediakan ruangan khusus lengkap dengan panggung dan terpal,” ucapnya.

Sementara itu, Komisioner Bidang Pengawasan, Humas dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Gunungkidul, Rosita mengatakan pihaknya sudah melakukan pengecekan di gudang penyimpanan logistik KPU Gunungkidul.

Menurutnya, dari hasil pengecekan pihaknya menyatakan gudang aman dipergunakan untuk penyimpanan.

“Logistik pemilu sudah kita cek dan sudah sudah masuk semua ke sini (KPU Gunungkidul). Untuk gudang penyimpanan juga sudah dicek dan kami rasa relatif aman, pojokan-pojokan yang rawan kelembaban juga sudah dicek, inshaallah aman (Untuk menyimpak kotak suara karton dupleks) hingga saat ini,” tukasnya.

Baca Juga: KPU Jamin Kualitas dan Keamanan Kotak Suara ‘Kardus’

Sumber : Detiknews
Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jalan Rusak di Kabupaten OKU yang Viral Mulai Diperbaiki
17 RW

Nasional

Anies Sebut 17 RW di Jakarta Masih Terendam Banjir
teroris

Nasional

Merasa Terancam, Korban Selamat Serangan Teroris Sigi Tak Mau Kembali
Pertamina

Nasional

Papua Krisis Minyak, Pertamina Ngadu ke Polisi
apahabar.com

Nasional

Jadi Ibu Kota, Wagub Harap Uang dari Pusat Banyak Masuk ke Kaltim
apahabar.com

Nasional

Setahun Jokowi-Maruf Amin, Video Ahok Buka-bukaan Soal Langkah Besarnya Jika Jadi Presiden RI
apahabar.com

Nasional

Nekat, Anggota KPPS Akhiri Nyawa dengan Minum Racun
apahabar.com

Nasional

20 Orang Homoseksual Idap HIV Aids Dibina
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com