Ganti Rugi Lahan HSS, Perusahaan Sawit PT SAM Mangkir Saat Mediasi Aglomerasi Banjar Bakula Ditiadakan, Banjarbaru Mulai Sekat Pemudik! Khotbah Tak Boleh Lewat 10 Menit, Tabalong Resmi Larang Takbir Keliling Dinonaktifkan KPK Saat Tangani Kasus Besar, Novel Siapkan Perlawanan  Tegas, Kapolda Kalteng Minta Anak Buahnya Larang Mudik di Kapuas

Kotim Patenkan Empat Buah Lokal

- Apahabar.com Sabtu, 8 Desember 2018 - 18:55 WIB

Kotim Patenkan Empat Buah Lokal

Bupati Kotim H Supian Hadi memakan durian waluh dan durian otak udang yang merupakan durian khas Kotim, salah satunya durien untek undang. Foto - Antara

apahabar.com, SAMPIT – Pemerintah kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah resmi mematenkan empat varietas buah lokal untuk dikembangkan lebih luas demi peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

“Dengan dikukuhkannya oleh Kementerian Pertanian, maka empat varietas buah lokal itu sudah asli menjadi milik Kotawaringin Timur,” kata Kepala Dinas Pertanian Kotawaringin Timur I Made Dikantara di Sampit, Sabtu.

Empat varietas buah lokal unggulan tersebut adalah nanas atau kanas gantang, cempedak sanca tamas, durian untek undang dan durian rimbang. Buah-buahan itu memang khas Kotawaringin Timur karena berbeda dengan buah-buahan sejenis di daerah lain.

Sertifikat pendaftaran buah unggulan diserahkan oleh Kementerian Pertanian melalui gubernur yang diwakili Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nurul Edy di Palangka Raya pada Selasa (4/12) lalu. Made hadir menerima sertifikat itu mewakili Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Saat itu total ada 10 sertifikat pendaftaran buah unggulan yang diserahkan. Daerah lainnya yaitu Kabupaten Barito Timur yang mendaftarkan varietas padi lokal yang diberi nama siam busu,” katanya.

Sementara itu, Kabupaten Lamandau mendaftarkan lima varietas unggulan, yakni Dinas Pertanian yang mendaftarkan tanaman sayuran terong asam madu, tanaman sumber pangan lokal korup matah putih dan korup matah kuning, serta Dinas Kesehatan yang mendaftarkan tanaman obat lokal yaitu babaroh dan kandarahan.

Bagi Kotawaringin Timur, pengukuhan itu sangat penting sebagai motivasi untuk terus mengembangkan buah-buahan lokal unggulan. Saat ini masih banyak potensi buah-buahan lokal yang bisa dikembangkan karena sangat diminati masyarakat.

“Ini bagian dari kekayaan daerah. Dengan sudah didaftarkan ini maka daerah lain yang ingin mengembangkan, harus minta izin dengan Kotawaringin Timur. Kami berharap ini membawa manfaat untuk masyarakat,” harap Made.

Pemerintah daerah akan mengembangkan empat varietas unggulan tersebut. Dinas Pertanian juga melakukan pembibitan varietas-varietas itu di kebun milik pemerintah daerah yang berlokasi di Desa Keruing Kecamatan Cempaga Hulu.

Sebelumnya, Kotawaringin Timur juga mendaftarkan padi lokal jenis siam epang dan telah dikukuhkan menjadi salah satu bibit unggul nasional. Dinas Pertanian akan terus menggali potensi-potensi sektor pertanian dengan harapan membawa dampak besar terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sumber : Antara

Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Versi Rapid Test, 11 Peserta Klaster Gowa Asal Barut Negatif Covid-19
apahabar.com

Kalteng

Pembangunan Jembatan Muara Teweh-Jingah Rampung
apahabar.com

Kalteng

Kontak dengan Pasien Reaktif, Dua Tenaga Kesehatan Muara Teweh Diisolasi
apahabar.com

Kalteng

Pasar Ramadhan di Barut Digelar Online
Dandim 1011 Kapuas Letkol Inf Ary Bayu Saputro menyerahkan naskah pekerjaan TMMD ke 110 kepada Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor. Foto-Istimewa

Kalteng

Kegiatan TMMD Reguler ke 110 di Kapuas Resmi Berakhir 
apahabar.com

Kalteng

Orang ke-3 dan Masalah Ekonomi Picu Perceraian di Teweh
apahabar.com

Kalteng

Jalan Penghubung 2 Desa di Mantangai Kapuas Kalteng Terputus
apahabar.com

Kalteng

Bangun Tribun Olahraga di Palingkau, Kadisbudpora Kapuas: Mohon Dirawat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com