Naik, Harga Elpiji Kalsel Diklaim Termurah Se-Kalimantan Megaproyek Gedung Baru DPRD Banjarmasin, Ibnu Sina Buka Suara Lagi, Danau Eks Tambang di Banjar Renggut Korban Jiwa Ironi Gedung Baru DPRD: Orang Miskin di Banjarmasin Makin Banyak Blak-blakan Ibnu Sina Bicara Konsep IKN Nusantara: Jangan Oligarkis & Ngutang

Kotim Patenkan Empat Buah Lokal

- Apahabar.com     Sabtu, 8 Desember 2018 - 18:55 WITA

Kotim Patenkan Empat Buah Lokal

Bupati Kotim H Supian Hadi memakan durian waluh dan durian otak udang yang merupakan durian khas Kotim, salah satunya durien untek undang. Foto - Antara

apahabar.com, SAMPIT – Pemerintah kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah resmi mematenkan empat varietas buah lokal untuk dikembangkan lebih luas demi peningkatan ekonomi masyarakat setempat.

“Dengan dikukuhkannya oleh Kementerian Pertanian, maka empat varietas buah lokal itu sudah asli menjadi milik Kotawaringin Timur,” kata Kepala Dinas Pertanian Kotawaringin Timur I Made Dikantara di Sampit, Sabtu.

Empat varietas buah lokal unggulan tersebut adalah nanas atau kanas gantang, cempedak sanca tamas, durian untek undang dan durian rimbang. Buah-buahan itu memang khas Kotawaringin Timur karena berbeda dengan buah-buahan sejenis di daerah lain.

Sertifikat pendaftaran buah unggulan diserahkan oleh Kementerian Pertanian melalui gubernur yang diwakili Asisten II Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nurul Edy di Palangka Raya pada Selasa (4/12) lalu. Made hadir menerima sertifikat itu mewakili Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur.

“Saat itu total ada 10 sertifikat pendaftaran buah unggulan yang diserahkan. Daerah lainnya yaitu Kabupaten Barito Timur yang mendaftarkan varietas padi lokal yang diberi nama siam busu,” katanya.

Sementara itu, Kabupaten Lamandau mendaftarkan lima varietas unggulan, yakni Dinas Pertanian yang mendaftarkan tanaman sayuran terong asam madu, tanaman sumber pangan lokal korup matah putih dan korup matah kuning, serta Dinas Kesehatan yang mendaftarkan tanaman obat lokal yaitu babaroh dan kandarahan.

Bagi Kotawaringin Timur, pengukuhan itu sangat penting sebagai motivasi untuk terus mengembangkan buah-buahan lokal unggulan. Saat ini masih banyak potensi buah-buahan lokal yang bisa dikembangkan karena sangat diminati masyarakat.

“Ini bagian dari kekayaan daerah. Dengan sudah didaftarkan ini maka daerah lain yang ingin mengembangkan, harus minta izin dengan Kotawaringin Timur. Kami berharap ini membawa manfaat untuk masyarakat,” harap Made.

Pemerintah daerah akan mengembangkan empat varietas unggulan tersebut. Dinas Pertanian juga melakukan pembibitan varietas-varietas itu di kebun milik pemerintah daerah yang berlokasi di Desa Keruing Kecamatan Cempaga Hulu.

Sebelumnya, Kotawaringin Timur juga mendaftarkan padi lokal jenis siam epang dan telah dikukuhkan menjadi salah satu bibit unggul nasional. Dinas Pertanian akan terus menggali potensi-potensi sektor pertanian dengan harapan membawa dampak besar terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sumber : Antara

Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Gugus Tugas Covid-19 Kalteng Tak Lagi Rilis Data Tiap Hari, Ini Alasannya

Kalteng

Gugus Tugas Covid-19 Kalteng Tak Lagi Rilis Data Tiap Hari, Ini Alasannya
apahabar.com

Kalteng

Ratusan Warga Hadiri Baayun Maulid di Kapuas Kalteng
apahabar.com

Kalteng

Polda Kalteng Kirim 100 Personel ke Barito Timur
apahabar.com

Kalteng

Bupati Kotawaringin Barat Positif Covid-19, Simak Pesannya
Bupati Kapuas

Kalteng

Banjir di Kalteng, Bupati Kapuas Ungkap Penyebabnya
apahabar.com

Kalteng

Belasan Ribu Warga Kapuas Kalteng Belum Lakukan Perekaman KTP Elektronik
apahabar.com

Kalteng

Panggil Sekda Kalteng, Tim Ben-Ujang Yakin Bawaslu Tak ‘Masuk Angin’
dinas

Kalteng

Dapat Tugas Baru, Dinas Lingkungan Hidup Kapuas Langsung Tancap Gas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com