Biang Prostitusi Anak di Banjarmasin, Takut Diantar ke Panti karena Utang Kreditan Belasan Mahasiswa-Polisi Luka-Luka, Polres Ungkap Biang Ricuh #SaveKPK II di Banjarmasin #SAVEKPK Bergaung di Banjarmasin: Ratusan Mahasiswa Ultimatum Ketua DPRD Kalsel di Tengah Guyuran Hujan Tagih Janji Reklamasi, Dewan Tabalong Ngotot Panggil Bos Adaro UPDATE! Tunggu Supian HK, Massa #SaveKPK di Banjarmasin Ngotot Bertahan

KPU Jamin Kualitas dan Keamanan Kotak Suara ‘Kardus’

- Apahabar.com Minggu, 16 Desember 2018 - 20:30 WIB

KPU Jamin Kualitas dan Keamanan Kotak Suara ‘Kardus’

KARDUS – Pemilu 2019 menggunakan kotak suara kardus. Foto-detiknews

apahabar.com, BANJARMASIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggunakan kotak suara berbahan karton pada pemilu tahun 2019 nanti. Bahan kotak suara yang terbuat dari ‘kardus’ tersebut memancing kekhawatiran masyarakat akan keamanan data.

Bukan hanya soal keamanan, kualitas dan ketahanan kotak suara itu juga tak lepas dari perhatian publik. Bahkan tidak sedikit yang mempertanyakan besaran anggarannya.

Menanggapi polemik di masyarakat, KPU Kalimantan Selatan akhirnya angkat bicara. Divisi Farmas & SDM KPU Kalsel, Hatmiati memberikan jaminan keamanan logistik Pemilu 2019 berupa kotak suara yang terbuat dari bahan kardus itu.

“Masyarakat tidak perlu kuatir, soal keamanan kita sudah antisipasinya. Malah lebih baik lagi dari yang sebelumnya,” kata Hatmiati kepada awak media disela-sela acara ‘Ngopi bareng KPU Kalsel’ di hotel Tree Park Banjarmasin, Minggu (16/12).

Menurut dia, kotak suara kardus itu cukup aman karena dibuat dari bahan kedap air sehingga tidak mengkhawatirkan jika nanti terkena air baik pada saat digunakan di TPS maupun pada saat distribusi.

“Sebenarnya bahannya bukan kardus. Kardus itu bahasa awamnya saja. Sebenarnya ini dari bahan karton jenis ‘Duplex’ yang tahan air bahkan sudah dilapisi plastik saat pendistribusiannya,” tuturnya.

Wanita berhijab itu menjelaskan, kotak suara jenis ini bukan pertama kali dipakai. Akan tetapi sudah dilakukan pada Pemilu 2014, Pilkada 2015, Pilkada 2017 serta pada pilkada 2018 di beberapa daerah di Indonesia.

“Itu sudah digunakan sejak pemilu yang lalu kok, untuk digunakan sebagai logistik pemilu kotak jenis ini sudah memenuhi syarat. Dan tidak ada aduan kendalanya,” sambungnya.

Penggunaan bahan ‘kardus’ ini diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2018. Jenis ‘kardus’ dipilih, selain karena memenuhi syarat, lantaran harga yang lebih murah.

“Dan yang pasti bahannya bisa di daur ulang dan menekan anggaran tentunya,” pungkasnya.

Penulis : Eddy Andriyanto/Bahaudin

Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Nyalon di Kabupaten Tetangga, Sekda Banjarbaru Siap Pensiun Dini
apahabar.com

Politik

Survey LIPI : Mayoritas Publik Setuju Negara Tertibkan Ormas yang Gunakan Kekerasan
Pilkada

Politik

Semua Pertanyaan Dijawab dengan Mantap, SHM-MAR Klaim Kuasai Debat Putaran Kedua Pilkada Tanbu
Muhidin

Politik

Aklamasi, H. Muhidin Resmi Nahkodai Kembali PAN Kalsel
apahabar.com

Politik

Syafruddin H Maming Tampung Keluhan Petani Sawit Karang Bintang, Ada Oknum Cegat Jual Sawit
apahabar.com

Politik

Pilgub Kalsel 2020, Restu Megawati Belum Turun untuk Sahbirin-Muhidin
apahabar.com

Politik

Bawaslu – KPU Banjar Gandeng Diskominfo untuk Publikasi Pilkada 2020
Rahmadi G Lentham. Foto-Istimewa

Politik

Sikapi Demokrat Versi KLB, Pemerhati Politik Kalteng: Pemerintah Tak Akan Serampangan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com