Happy Wedding! Plt Gubernur Kalsel Resmi Nikahi Pramugari KH Miftachul Achyar Terpilih Jadi Ketua Umum MUI, Gantikan Ma’ruf Amin Misteri 2 Bocah Dibunuh Ibu Depresi di Benawa HST, Saksi Kunci Buka Suara! Oknum Simpatisan Terjerat Sabu di Kotabaru, FPI Bantah Anggotanya Cabuli Murid, Oknum Guru Olahraga di SD Banjarbaru Langsung Dipecat!

KPU Jamin Kualitas dan Keamanan Kotak Suara ‘Kardus’

- Apahabar.com Minggu, 16 Desember 2018 - 20:30 WIB

KPU Jamin Kualitas dan Keamanan Kotak Suara ‘Kardus’

KARDUS – Pemilu 2019 menggunakan kotak suara kardus. Foto-detiknews

apahabar.com, BANJARMASIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggunakan kotak suara berbahan karton pada pemilu tahun 2019 nanti. Bahan kotak suara yang terbuat dari ‘kardus’ tersebut memancing kekhawatiran masyarakat akan keamanan data.

Bukan hanya soal keamanan, kualitas dan ketahanan kotak suara itu juga tak lepas dari perhatian publik. Bahkan tidak sedikit yang mempertanyakan besaran anggarannya.

Menanggapi polemik di masyarakat, KPU Kalimantan Selatan akhirnya angkat bicara. Divisi Farmas & SDM KPU Kalsel, Hatmiati memberikan jaminan keamanan logistik Pemilu 2019 berupa kotak suara yang terbuat dari bahan kardus itu.

“Masyarakat tidak perlu kuatir, soal keamanan kita sudah antisipasinya. Malah lebih baik lagi dari yang sebelumnya,” kata Hatmiati kepada awak media disela-sela acara ‘Ngopi bareng KPU Kalsel’ di hotel Tree Park Banjarmasin, Minggu (16/12).

Menurut dia, kotak suara kardus itu cukup aman karena dibuat dari bahan kedap air sehingga tidak mengkhawatirkan jika nanti terkena air baik pada saat digunakan di TPS maupun pada saat distribusi.

“Sebenarnya bahannya bukan kardus. Kardus itu bahasa awamnya saja. Sebenarnya ini dari bahan karton jenis ‘Duplex’ yang tahan air bahkan sudah dilapisi plastik saat pendistribusiannya,” tuturnya.

Wanita berhijab itu menjelaskan, kotak suara jenis ini bukan pertama kali dipakai. Akan tetapi sudah dilakukan pada Pemilu 2014, Pilkada 2015, Pilkada 2017 serta pada pilkada 2018 di beberapa daerah di Indonesia.

“Itu sudah digunakan sejak pemilu yang lalu kok, untuk digunakan sebagai logistik pemilu kotak jenis ini sudah memenuhi syarat. Dan tidak ada aduan kendalanya,” sambungnya.

Penggunaan bahan ‘kardus’ ini diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 15 Tahun 2018. Jenis ‘kardus’ dipilih, selain karena memenuhi syarat, lantaran harga yang lebih murah.

“Dan yang pasti bahannya bisa di daur ulang dan menekan anggaran tentunya,” pungkasnya.

Penulis : Eddy Andriyanto/Bahaudin

Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Hj Ananda Pertanyakan Soal Ini, Ibnu Sina Tak Mau Menjawab

Politik

Kampanye SHM-MAR Selalu Ramai Dihadiri Warga
KPU Banjar ke Calon Independen: Lewat Pukul 24.00 Hari Ini Didiskualifikasi

Politik

KPU Banjar ke Calon Independen: Lewat Pukul 24.00 Hari Ini Didiskualifikasi
apahabar.com

Politik

Datangi Kantor PDIP Tanbu, Bang Dhin Ambil Formulir Calon Kepala Daerah
apahabar.com

Politik

Rindu Bertemu Mardani, 2 Pedagang Ini Rela Cari-cari Lokasi Kampanye SHM-MAR
apahabar.com

Politik

Jelang Pilwali Banjarbaru 2020, Dokter Halim Mulai Goyah
apahabar.com

Kalsel

Pilkada Tanbu, Mila-Zainal Fokus Penyelesaian Konflik Agraria
apahabar.com

Politik

Tepis Isu Negatif, MHM Ungkap Alasan Mundur Jadi Bupati Tanah Bumbu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com