Viral Korban Banjir Kalsel Lahiran di Jukung, Nama Anaknya Unik Malam Ini, Mata Najwa Kupas Biang Kerok Banjir Kalsel Banjir Kalsel Makan Korban Lagi, Bocah Hilang di Siring Banjarmasin Di Balikpapan, Ayah Ditangkap Gegara Anak Jual Tisu Link Live Streaming Mata Najwa Malam Ini, Kupas Tuntas Banjir Kalsel

Longsor Terjang Rumah Warga di Lereng Merapi

- Apahabar.com Rabu, 5 Desember 2018 - 13:15 WIB

Longsor Terjang Rumah Warga di Lereng Merapi

Longsor di Boyolali. Foto-detik.com

apahabar.com,Boyolali – Hujan deras yang mengguyur lereng Gunung Merapi wilayah Boyolali, mengakibatkan tanah longsor. Satu rumah warga yang dihuni dua Kepala Keluarga (KK), rusak berat dan tidak bisa dihuni lagi.

Longsor terjadi Selasa (4/12) sekitar pukul 17.45 WIB. Rumah permanen milik Gito Miharjo (70), warga Dukuh Tegalsruni, Desa Samiran, Kecamatan Selo, Boyolali itu kondisinya kini retak-retak dan doyong. Oleh warga, rumah yang dihuni lima orang itu dibongkar pagi ini.

“Sebelumnya hujan deras sekitar satu setengah jam, setelah reda baru terjadi longsor,” kata Sudar, salah seorang anak Gito Miharjo, ditemui saat kerja bakti si rumah orang tuanya tersebut Rabu (5/12/2018).

Rumah korban tertimpa talud pekarangan rumah milik Marsono yang berada di sebelah atasnya. Talud galengan tersebut setinggi 3,5 meter hingga 4 meter, bahkan hampir setara dengan atap rumah korban.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Seluruh penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri.”Bapak saya sedang gegeni (membuat api), dengar suara krotok-krotok terus lari keluar rumah, adik saya sedang wudlu, setelah lima menit itu adik saya masuk baru ada longsoran. Korban jiwa tidak ada,” terangnya.

Longsor tersebut mengenai seluruh bagian rumah sisi kanan, merusak dinding, atap dan tiang yang kini miring.
“Dari depan memang masih terlihat bagus, tapi kondisinya sudah tidak layak. Sudah retak-retak dan doyong,” kata salah seorang warga, Suwardi.

Karena kondisinya yang membahayakan jika dihuni, maka rumah korban akan dibongkar total. Warga dibantu relawan saat ini tengah kerja bakti membongkar rumah berukuran sekitar 25 x 8 meter tersebut.”Harus dibangun dari nol lagi,” imbuhnya. Saat ini, korban dan keluarganya yang menghuni rumah tersebut mengungsi ke rumah salah satu anaknya yang lain yang berada tak jauh dari lokasi.

Baca Juga: Gubernur: Pengusaha Perbaiki Jalan Dan Rumah Longsor Di Sanga – Sanga

Sumber : Detiknews
Editor : Syarif

Editor: aji - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Lembantongoa

Nasional

Diteror Kelompok Santoso, Masyarakat Lembantongoa Masih Takut Berkebun
Jokowi

Nasional

Disiarkan Langsung, Jokowi Maklumi Guru Besar UI Gemetaran Saat Suntik Vaksin
apahabar.com

Nasional

Bukan Aceh, Daerah dengan Kesembuhan Covid-19 Tertinggi di Indonesia
apahabar.com

Nasional

Sumenep Diguncang Gempa, Terasa Hingga Jember
apahabar.com

Nasional

KPK Ultimatum Kakak Ipar Bupati Cianjur Menyerahkan Diri
apahabar.com

Nasional

Termasuk Kalsel, Kementerian PAN-RB Tetapkan 8 Provinsi Sebagai Percontohan Hub-JIPP
apahabar.com

Nasional

Pergub DKI Tidak Atur Operasi Yustisi Masker di PSBB Transisi Jakarta
apahabar.com

Nasional

Korban Banjir Sentani Jadi 79 Jiwa, Ribuan Warga Mengungsi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com