Lampu Hijau Buka Masker, Pakar Covid-19 ULM: Hati-Hati Blunder Tabrakan Maut BPK Terulang Lagi, Apa Kabar Perda Damkar Banjarmasin? Perkuat Keandalan Listrik Kalseltengtim dengan Sistem Looping Jaringan Tersangka! Sopir BPK Penabrak 2 Pemotor di Banjarmasin Selatan Tuntut Pemerataan, Besok Buruh SIS ADMO Tabalong Juga Minta Pembagian Windfall

Luwu Timur Diguncang Gempa 3,5 SR

- Apahabar.com     Kamis, 6 Desember 2018 - 10:30 WITA

Luwu Timur Diguncang Gempa 3,5 SR

Ilustrasi daerah gempa. Foto-djournalist.com

apahabar.com, MAKASSAR – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mencatat adanya gempa bumi di Kabupaten Luwu Timur dengan kekuatan 3,5 Skala Richter.

“Semalam tepat pukul 21:15:55 Wita telah terjadi gempa bumi tektonik di wilayah bagian timur Provinsi Sulawesi Selatan,” ujar Pelaksana Tugas Kepala BMKG Wilayah IV Makassar Joharman di Makassar, Kamis (6/12).

Dia mengatakan pusat gempa yang berada di darat pada jarak 3,08 kilometer arah timur laut wilayah Luwu Timur dengan kedalaman 10 kilometer.

Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa dengan kekuatan 3,5 SR itu berada di koordinat episenter 2,47 lintang selatan (LS) dan 120,89 bujur timur (BT).

Baca Juga : Anak Krakatau ‘Berdehem’ 9 Kali

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Matano,” katanya.

Dia menyebutkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di Sorowako sebesar I SIG-BMKG (II MMI).

Meskipun demikian, Joharman mengatakan bahwa gempa itu tidak menimbulkan tsunami. “Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda yang tergantung bergoyang tetapi tidak menimbulkan kerusakan yang berarti,” ucapnya.

Joharman mengimbau masyarakat agar tidak panik dan tetap bersikap tenang, serta memperbaharui terus informasi-informasi dari BMKG maupun BPBD.

Sumber: Antara

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Gitaris Seventeen Dipastikan Meninggal Dunia
apahabar.com

Nasional

Gaji ke-13 PNS Cair Hari Ini, Tapi Tak Semuanya Berhak Menerima Lho!
Menteri KKP

Nasional

Menteri KKP Tegaskan Perangi Penyeludupan Ekspor Benur
Joe Biden

Nasional

Joe Biden Sampaikan Ucapan Selamat HUT Kemerdekaan RI kepada Presiden Jokowi
apahabar.com

Nasional

Jokowi: Ancaman Covid-19 Masih Ada, Jangan Sampai Terjadi Gelombang Kedua
apahabar.com

Nasional

Hadiri Rakerda di Kalsel, Caketum Hipmi Mardani H Maming Minta Restu
apahabar.com

Nasional

Tanggulangi Rabies, Kementan Luncurkan Vaksin Neorabivet
Ojol Dianggap Mampu Jaga Perputaran Ekonomi

Nasional

Ojol Dianggap Mampu Jaga Perputaran Ekonomi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com