Buntut Demo, Koordinator BEM Kalsel Ahdiat Zairullah Resmi Tersangka Mubadala Petrolium Sosialisasi Pemboran Sumur Eksplorasi Yaqut-1 Upah Minimum Naik Rp 10 Ribu, Buruh Kalsel Meradang Koordinator BEM Kalsel Tersangka, Kuasa Hukum Siap Melawan BREAKING NEWS: Wakil Rektor ULM Penuhi Panggilan Polda Kalsel

Masuk ‘Dessert’ Paling Enak, Cendol Diperebutkan Singapura dan Malaysia

- Apahabar.com Selasa, 4 Desember 2018 - 16:04 WIB

Masuk ‘Dessert’ Paling Enak, Cendol Diperebutkan Singapura dan Malaysia

Es Cendol. Foto-Food.detik.com

apahabar.com, JAKARTA – Belum lama ini cendol masuk dalam daftar 50 hidangan penutup (dessert) terenak di dunia. Malaysia dan Singapura sama-sama mengkalaim cendol dari negera mereka.

Setelah perdebatan tentang budaya kuliner kaki lima atau hawker centre yang direbutkan Singapura dan Malaysia, kini dua negara ini kembali berdebat tentang cendol.

Dilansir World of Buzz (03/12), es cendol merupakan hidangan penutup yang populer di Malaysia, Singapura, hingga Indonesia. Baru-baru ini CNN Travel mengeluarkan daftar berisi 50 hidangan penutup terbaik yang ada di seluruh dunia.

“CNN Travel seharusnya menyewa orang yang lebih paham tentang hal ini. Daftar ini membuat marah banyak orang Malaysia. Anda seharusnya lebih sensitif terhadap budaya di wilayah ini. Cendol bukan berasal dari Singapura,” tulis seorang netizen di Twitter.

Cendol sendiri memang diklaim berasal dari Negara Malaysia. Tapi banyak juga orang yang beranggapan bahwa asal usul cendol ini masih belum pasti. Karena cendol dapat juga ditemukan di Indonesia, dan dipercaya berasal dari bahasa Sunda Jawa yaitu ‘jendol’.

“Di antara Negara Malaysia atau Singapura, cendol pasti berasal dari negara Malaysia. Tapi cendol aslinya bisa jadi berasal dari pulau Jawa, yang berada di Indonesia,” tutur netizen lainnya.

Menurut iFood, kata cendol pertama kali muncul di wilayah Malaysia pada tahun 1932. Sehingga ketika cendol diklaim berasal dari Singapura, banyak warga Malaysia yang geram dan tak terima.

Hingga saat ini belum ada penjelasan lebih lanjut dari CNN Travel yang menanggapi perdebatan asal muasal cendol. Tapi yang pasti, cendol merupakan hidangan manis tradisional yang populer di wilayah Asia Tenggara.

Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Rian D’Masiv Sahur Hanya dengan Segelas Susu
apahabar.com

Gaya

Harga Sepeda Brompton ‘Selangit, Kenali Kelebihannya
apahabar.com

Gaya

Mengenal Khasiat Jengkol, Makanan Khas Banjar Bercampur Lalaan
apahabar.com

Gaya

Benarkah Tidur dengan Rambut Basah Menyebabkan Pilek?
apahabar.com

Gaya

Mengenal Gudeg, Masakan yang Usianya Setua Yogyakarta
apahabar.com

Gaya

Resep Membuat Beef Teriyaki ala HokBen
apahabar.com

Gaya

Cara Hentikan Orang yang Stalking WhatsApp
apahabar.com

Gaya

Melahirkan di Tengah Pandemi, Simak Cara agar Bayi Tak Terinfeksi Virus Corona
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com