Skema Terburuk, BUMA Rekrut Karyawan Besar-besaran di Tabalong Sederet Agenda Wamen Alue Dohong di Kalsel, Tanam Pohon hingga Tinjau Rehabilitasi DAS Manajemen Pama Ungkap Dua Kemungkinan Terburuk Karyawan Bantah Ijazah Rahmad Masud Palsu, Rektor Untri Siap Lapor Balik Satu Warga Kalsel Tertular Corona B117, Pj Safrizal Imbau Perketat Prokes

Masuk ‘Dessert’ Paling Enak, Cendol Diperebutkan Singapura dan Malaysia

- Apahabar.com Selasa, 4 Desember 2018 - 16:04 WIB

Masuk ‘Dessert’ Paling Enak, Cendol Diperebutkan Singapura dan Malaysia

Es Cendol. Foto-Food.detik.com

apahabar.com, JAKARTA – Belum lama ini cendol masuk dalam daftar 50 hidangan penutup (dessert) terenak di dunia. Malaysia dan Singapura sama-sama mengkalaim cendol dari negera mereka.

Setelah perdebatan tentang budaya kuliner kaki lima atau hawker centre yang direbutkan Singapura dan Malaysia, kini dua negara ini kembali berdebat tentang cendol.

Dilansir World of Buzz (03/12), es cendol merupakan hidangan penutup yang populer di Malaysia, Singapura, hingga Indonesia. Baru-baru ini CNN Travel mengeluarkan daftar berisi 50 hidangan penutup terbaik yang ada di seluruh dunia.

“CNN Travel seharusnya menyewa orang yang lebih paham tentang hal ini. Daftar ini membuat marah banyak orang Malaysia. Anda seharusnya lebih sensitif terhadap budaya di wilayah ini. Cendol bukan berasal dari Singapura,” tulis seorang netizen di Twitter.

Cendol sendiri memang diklaim berasal dari Negara Malaysia. Tapi banyak juga orang yang beranggapan bahwa asal usul cendol ini masih belum pasti. Karena cendol dapat juga ditemukan di Indonesia, dan dipercaya berasal dari bahasa Sunda Jawa yaitu ‘jendol’.

“Di antara Negara Malaysia atau Singapura, cendol pasti berasal dari negara Malaysia. Tapi cendol aslinya bisa jadi berasal dari pulau Jawa, yang berada di Indonesia,” tutur netizen lainnya.

Menurut iFood, kata cendol pertama kali muncul di wilayah Malaysia pada tahun 1932. Sehingga ketika cendol diklaim berasal dari Singapura, banyak warga Malaysia yang geram dan tak terima.

Hingga saat ini belum ada penjelasan lebih lanjut dari CNN Travel yang menanggapi perdebatan asal muasal cendol. Tapi yang pasti, cendol merupakan hidangan manis tradisional yang populer di wilayah Asia Tenggara.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Grab Telah Operasikan 5.000 Kendaraan Listrik di Indonesia
apahabar.com

Gaya

Lihat Sosok Maureen Christy Mantan Istri Gideon Tengker, Ibu Tiri Nagita Slavina yang Jarang Terekspose
apahabar.com

Gaya

5 Makanan yang Bisa Meredakan Cegukan
apahabar.com

Gaya

Manfaat Jambu Air Putih, Kendalikan Gula Darah hingga Cegah Infeksi
apahabar.com

Gaya

Kaesang Pangarep, Anak Presiden Jokowi Jadi Korban Penipuan Online Shop, Begini Tips agar Aman
Apahabar.com

Gaya

Kenali Gejala Nyeri Pinggang yang Disebabkan Saraf Terjepit
BTS

Gaya

Selama Pandemi, Gim dan K-Pop Populer di Kalangan Anak-anak
apahabar.com

Gaya

Ini Awal Mula Virus Corona Ditemukan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com