Mahasiswanya Positif Covid-19, Kampus FISIP ULM Banjarmasin Lockdown Selama Sepekan Larang Anggota Fraksi ke Luar Daerah, Golkar Targetkan Kemenangan BirinMu 70 Persen Sembuh dari Covid-19, Sugianto Hadir di Kampanye Penutup Jelang Pencoblosan, Ratusan Anggota Fraksi Golkar Se-Kalsel Siap Awasi Money Politics Aduuuuuuuuuh ai, Viral Bocah di Tapin Ngamuk-Buang Motor Saat Ditilang Polisi

Mau Umrah Backpacker, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

- Apahabar.com Sabtu, 15 Desember 2018 - 10:20 WIB

Mau Umrah Backpacker, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

Umrah backpacker (ilustrasi).Foto-republika.co.id

apahabar.com, JAKARTA – Memasuki bulan terakhir 2018, umrah backpacker diminati kaum Muslimin Tanah Air. Umrah ini menjadi alternatif bagi mereka yang ingin beribadah di Tanah Suci dengan harga ramah kantong.

Eli Lubis, Founder Ayo ke Mekah, menyebut yang membedakan antara berangkat umrah dengan menggunakan jasa travel dan backpacker berada di kisaran harga. “Backpacker ini harganya bisa di tekan dan cenderung lebih murah karena dari tiket pesawatnya.

Kita sistemnya cari tiket ke Jeddah yang lagi promo,” ujar pendiri kelompok yang melahirkan komunitas umrah backpacker kepada Republika.co.id, belum lama ini.

Ia pun bercerita pernah mendapatkan tiket menuju Jeddah seharga Rp 3,5 juta untuk pulang-pergi.

Harga tiket backpacker bisa lebih murah karena pembeliannya menunggu promo yang dikeluarkan oleh masing-masing maskapai penerbangan. Sementara yang menggunakan jasa travel biasanya pemesanan tiketnya menggunakan sistem block seat dan harganya cenderung lebih mahal.

Untuk kepentingan akomodasi, makan, dan transportasi, bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, bekerja sama dengan travel yang mengeluarkan visa umrah atau memesan sendiri. Jika ingin memesan sendiri, pemesanan akan dilakukan oleh tim komunitas backpacker yang ada di lokasi.

Pembimbing ibadah umrah atau mutawif juga sudah disiapkan di lokasi. Semua keperluan ja maah akan dipersiapkan dengan matang tanpa perlu khawatir.

“Jangan dipikir kalau backpacker berarti di sana tinggalnya akan luntang-lantung atau hotelnya yang jelek. Nggak. Kita siap kan semuanya. Namun, kembali lagi ke jamaah, maunya gimana,” ucap dia.

Bedanya berangkat dengan travel atau backpacker ini, kalau travel paket mereka yang siapkan.” Namun, kalau backpacker, jamaah sendiri yang menentukan, disesuaikan dengan kebutuhan dan dana yang dimiliki,” kata dia.

Eli meyakinkan cara ini legal. Hal ini bersamaan dengan aturan pengeluaran visa yang wajib dilakukan oleh biro perjalanan yang resmi dan tercatat baik di Kementerian Agama maupun data milik Pemerintah Arab Saudi.

Travel-travel ini juga kadang membantu menawarkan berbagai kemudahan, seperti untuk hotel, makan, atau transportasi. Dia pun menyebut, selalu terjadi kenaikan jamaah umrah backpacker setiap tahun.

Terkadang bagi jamaah yang ingin melakukan umrah dengan cara mandiri ini bahkan harus mempersiapkan dari satu tahun sebelumnya.

Ia pun bercerita sering kesulitan menemukan mutawif untuk membimbing jamaah karena sudah habis dipesan oleh yang lain. “Tren umrah akhir tahun ini nggak cuma di Indonesia.

Di semua negara juga sama. Karena akhir tahun kan ada libur Natal terus disambung tahun baru. Wah, itu ramai, high season-lah istilahnya,” kata dia.

Baca Juga: Syekh Nafis Al Banjari, Karyanya Lebih Populer dari Makamnya

Sumber : republika.co.id
Editor : Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Susul 2 Emas Putri, Takraw Putra Tapin Juga Sumbang 1 Emas untuk HUT ke-55
apahabar.com

Tak Berkategori

Menpar Tak Ingin Ada “Wisata Remang-Remang” di Indonesia
apahabar.com

Tak Berkategori

Keterbatasan APD, Petugas Jemput Pasien Terpaksa Gantian Baju Pelindung
apahabar.com

Tak Berkategori

Tak Punya Izin, Pemkot Banjarmasin Kembalikan Rp 200 Juta ke Pengusaha Advertising
Covid-19

Tak Berkategori

Jelang Pilkada, Dana Bantuan Covid-19 Warga Tanah Bumbu Bakal Dicairkan Pemkab

Tak Berkategori

Kapolsek Kapuas Murung Pimpin Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Prokes
apahabar.com

Tak Berkategori

Kronologi Pembunuhan Brutal di Kelumpang Kotabaru: Sakit Hati, Tetangga Sendiri Ditombak hingga Tewas
apahabar.com

Tak Berkategori

Program Berobat Gratis SHM-MAR Disambut Antusias Warga Simpang Empat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com