Waspada, Potensi Hujan Disertai Angin Kencang Ancam 9 Wilayah Kalsel Kanwil Kemenkum HAM Kalsel Dorong UMKM Bentuk Perseroan Perseorangan Catat, Vaksinasi Covid-19 Kabupaten Banjar Berhadiah Umrah Longsor di Maradapan Pulau Sembilan Kotabaru, Puluhan Rumah Terdampak Aksi Heroik Bripka Aan Kotabaru Bantu Ibu Melahirkan di Ambulans

Menikmati Keindahan Jepang di Kota Surabaya

- Apahabar.com     Selasa, 4 Desember 2018 - 19:15 WITA

Menikmati Keindahan Jepang di Kota Surabaya

Bunga tabebuya menghiasi kota Surabaya foto - gulalives.co

apahabar.com, SURABAYA – Jalan protokol di Kota Surabaya rindang dengan bunga-bunga tabebuya yang bermekaran. Pemandangan cantik itu mengingatkan pada negeri matahari terbit yang identik dengan bunga sakuranya.

Bunga tabebuya yang bentuknya mirip dengan bunga sakura, kini menghiasi kota Surabaya. Tabebuya yang tumbuh di Surabaya memiliki beberapa varian warna, yakni kuning, pink, putih, dan ungu.

Tabebuya kini tersebar di sejumlah jalan protokol Kota Surabaya, antara lain Jalan Ahmad Yani, Jalan Darmo, dan Jalan Raya Gubeng Surabaya.

Bibit Tabebuya yang tumbuh subur itu berasal dari budidaya petani bunga yang berada di Kebun Bibit Surabaya. Namun, Pemerintah Kota juga mendatangkannya dari petani-petani Malang dan Kediri.

Pemkot Surabaya melakukan penanaman sejumlah jenis pohon dan tanaman dengan serius sejak 2010 lalu, untuk peremajaan ruang terbuka hijau di kota tersebut. Tujuan menanam pohon Tabebuya, selain ingin menambah keasrian kota, juga agar bisa memberikan habitat alami bagi ragam biota yang menggantungkan hidupnya dari dan di atas pohon.

Mekarnya Tabebuya, terjadi dua kali dalam satu tahun, yakni pada bulan April dan November. Uniknya, mekarnya bunga Tabebuya justru terjadi saat musim hujan. Padahal lazimnya, bunga Tabebuya biasa mekar saat musim kemarau.

Riska berharap agar Pemkot Surabaya lebih memperbanyak lagi upaya untuk menanam pohon Tabebuya di jalanan kota pun pada taman-taman kota Surabaya.

Tanaman Brasil ini memiliki 100 jenis pohon. Beberapa jenis pohon Tabebuya memiliki tinggi 160 kaki, selebihnya memiliki tinggi kurang dari 25 kaki. Bunganya akan mekar pada musim semi. Bentuknya beragam, ada yang seperti tabung dengan banyak benang sari.

Bunga dari pohon Tabebuya yang memiliki warna dan aroma menarik ini juga cocok untuk dijadikan hiasan pekarangan rumah. Kehebatan pohon Tabebuya juga terletak pada saat menanamnya. Pohon ini bisa tumbuh meskipun pada kota yang kondisi tanahnya kering dan subur.

Bunga ini juga mudah dirawat. Namun ia perlu banyak pencahayaan dari matahari secara langsung. Maka ia banyak ditanam di jalanan yang jauh dari gedung-gedung bertingkat. Seperti jalanan protokol di Surabaya.

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tak Berkategori

Kodim 1011 Kapuas Gelar Komunikasi Sosial dengan Aparat Pemerintah
Hosting Murah

Tak Berkategori

Halaman yang Wajib Ada Pada Website
apahabar.com

Tak Berkategori

Covid-19 Versus Guru Kreatif Asal Tapin
apahabar.com

Tak Berkategori

Jelang Sertijab Kapolres HSU, Itwasda Polda Kalsel Lakukan Verifikasi
apahabar.com

Tak Berkategori

Selembar Kain di Tangan PKBM BANA Banjarmasin, ‘Sanggup’ Selamatkan Nyawa

Tak Berkategori

Dugaan Pelanggaran Pemilu di Kalsel, Penantang BirinMu Beber Sederet Bukti dari Amuntai
Kotabaru

Tak Berkategori

Kedok Perusahaan Pinjol Kotabaru Terbongkar: Nagihnya Pakai Ancaman, Kantor Jadi Tontonan
apahabar.com

Tak Berkategori

Murid Terinfeksi Covid-19, Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin Terancam Disetop!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com