Sempat Padam, Sistem Kelistrikan Kalselteng Kembali Pulih Tampil Perdana, Munthe FC Kotabaru Puas Jadi Runner-Up Belum Sejam, Polres HSS Ciduk 3 Terduga Pengedar Sabu Sebagian Kalsel Alami Pemadaman Aliran Listrik, Ternyata Ini Penyebabnya Tak Hadir Rapat, Pansus DPRD Kapuas Nilai Eksekutif Tak Kooperatif!

MUI: Belum Ada Fatwa Ucapan Selamat Natal

- Apahabar.com     Selasa, 25 Desember 2018 - 08:03 WITA

MUI: Belum Ada Fatwa Ucapan Selamat Natal

Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengatakan, hingga saat ini belum pernah mengeluarkan fatwa tentang boleh tidaknya umat Islam mengucapkan selamat natal kepada yang merayakannya.

“Yang sudah ada fatwanya yaitu tentang perayaan Natal bersama yang dikeluarkan oleh Komisi Fatwa sejak 1981,” kata Anwar di Jakarta, Selasa (25/12).

Dia menjelaskan, fatwa tersebut antara lain memutuskan bahwa perayaan Natal di Indonesia meskipun tujuannya merayakan dan menghormati Nabi Isa AS, akan tetapi Natal itu tidak dapat dipisahkan dari soal-soal yang diterangkan dalam penjelasan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis yang menjadi dasar fatwa.

Selain itu pada 2016 MUI juga mengeluarkan fatwa tentang hukum menggunakan atribut keagamaan non-muslim yang ditandatangani oleh Prof Dr H Hasanuddin AF dan Dr Asrorun ni’am Sholeh MA sebagai ketua dan sekretaris Komisi Fatwa MUI.

Dalam fatwa itu,dikatakan bahwa menggunakan atribut keagamaan non-muslim adalah haram. Mengajak dan atau memerintahkan penggunaan atribut keagamaan non muslim adalah haram.

Di dalam fatwa tersebut MUI juga menyampaikan beberapa rekomendasi. Diantaranya adalah umat Islam agar saling menghormati keyakinan dan kepercayaan setiap agama.

Salah satu wujud toleransi adalah menghargai kebebasan non-muslim dalam menjalankan ibadahnya bukan dengan saling mengakui kebenaran teologis.

“Jadi dengan demikian jelaslah bahwa sampai saat ini soal ucapan selamat natal terhadap yang merayakannya belum pernah dibahas secara mendalam oleh MUI. Oleh karena itu sampai saat ini, MUI belum pernah memiliki fatwa tentang masalah tersebut,” tegasnya.

Tetapi meskipun demikian MUI tahu dan menyadari bahwa dalam masalah tersebut ada perbedaan dan pertentangan pendapat antara para ulama.

Namun dalam menghadapi perbedaan dan pertentangan pendapat tersebut MUI belum belum mengambil sikap.

Pernyataan Anwar Abbas tersebut terkait dengan adanya kontroversi di tengah-tengah masyarakat tentang boleh dan atau tidak bolehnya umat Islam menyampaikan ucapan selamat natal.

Kontroversi tersebut tampak semakin mengemuka setelah KH Ma’ruf Amin sebagai cawapres pada pemilu 2019 yang juga adalah Ketua Umum MUI menyampaikan ucapan selamat Natal yang disiarkan oleh berbagai media di Tanah Air.

Sumber: Antara
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Presiden Terima Laporan Kesiapan Pilkada Serentak 2020
apahabar.com

Nasional

Jokowi: Pemakaian Masker Kunci Sebelum Ada Vaksinasi
apahabar.com

Nasional

Vaksin Covid-19 Anak dan Dewasa Bisa Beda, Begini Penjelasan Ahli
apahabar.com

Nasional

5 Syarat Peserta CPNS
apahabar.com

Nasional

RS Polri Terima 4 Kantong Jenazah Diduga Korban Lion Air PK-LQP
apahabar.com

Nasional

Bahas Pemindahan Ibu Kota Negara, Jokowi Temui Tokoh Adat Kaltim
Yasonna-Teten

Nasional

Survei IPO: Kinerja Yasonna-Teten Paling Tak Memuaskan
apahabar.com

Nasional

Bappenas Susun Peta Jalan Pembangunan Kelautan Indonesia Berkelanjutan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com