Sidang Kasus Sabu 300 Kg di Banjarmasin, 4 Terdakwa Terancam Hukuman Mati! Tipu-Tipu Oknum DLH Banjarmasin, Sekantoran Diutangi Ratusan Juta Tipu Belasan Penyapu Jalan, Oknum ASN di Banjarmasin Akhirnya Mengaku! Berstatus Waspada, PVMBG Sebut Aktivitas Gunung Semeru Masih Fluktuatif Kejari Banjarbaru Musnahkan Ratusan Gram Narkotika dan Barbuk Tindak Pidana Tetap Lainnya

PAN Sarankan Pendiri Partai “Kangen-kangenan” Bersama Amien Rais

- Apahabar.com Rabu, 26 Desember 2018 - 17:37 WIB

PAN Sarankan Pendiri Partai “Kangen-kangenan” Bersama Amien Rais

Viva Yoga Mauladi.Foto-kabar3.com

apahabar.com, JAKARTA – Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi menilai kelima pendiri PAN sebaiknya tidak mengumbar perbedaan pendapat di publik dan sebaiknya mereka bertemu Amien Rais untuk “kangen-kangenan” saling mendekatkan hati.

“Apabila ada perbedaan pemikiran dan pilihan, bertemu saja untuk ‘kangen-kangenan’ agar saling mendekatkan hati seperti masa awal reformasi di tahun 1998,” kata Viva Yoga di Jakarta seperti dilansir dari Antara, Rabu (26/12/2018).

Hal itu dikatakannya terkait surat terbuka yang mengatasnamakan lima pendiri PAN yaitu Abdillah Toha, Albert Hasibuan, Goenawan Mohammad, Toeti Heraty, dan Zumrotin yang meminta Amien Rais mundur dari PAN.

Dia menilai Amien Rais selama ini telah memberikan kontribusi bagi perjuangan demokrasi dan dipilih dalam Kongres PAN di Bali sebagai Ketua Dewan Kehormatan PAN.

Karena itu menurut dia, semua pihak harus menghargai mekanisme formal kepartaian sehingga apabila ada perbedaan pemikiran dan pilihan, lebih baik bertemu.

“Kami yang muda, sebagai kader penerus partai, sangat menghormati para pendiri partai. Mereka adalah tokoh nasional, tokoh yang tidak diragukan kredibilitas dan integritasnya serta pejuang demokrasi,” ujarnya.

Viva mengatakan para pendiri partai menyebar pada kesibukan masing-masing sehingga sangat mungkin akan ada perbedaan pemikiran dalam memahami proses sosial politik dan membawa konsekuensi pada perbedaan pilihan politik.

Dia menilai perbedaan pilihan politik itu harus direspon dengan sikap bijak yaitu saling menghormati dan tabayyun, bukan saling menghujat dan bukan merasa pilihannya paling benar dalam membangun demokrasi.

“Persoalan politik kepartaian, para pendiri harus mempercayakan kepada pengurus partai. Jika ada perbedaan, nasehatilah mereka dan tegurlah mereka dengan kebajikan,” katanya.

Baca Juga: Amin Rais Diminta Mundur, Begini Alasan Pendiri PAN

Karena itu Viva menilai sebaiknya tidak mengumbar perbedaan pemikiran dan pilihan politik di publik karena hal ini adalah sikap yang baik untuk membantu partai dalam mempersiapkan perjuangan memenangkan Pemilu 2019.

Dia menilai apabila tidak dapat membantu perjuangan partai dalam logistik, maka membantu partai dalam pemikiran dan sikap adalah suatu perbuatan yang bijak dan mulia.

Sebelumnya, lima pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) mendesak Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais mengundurkan diri dari politik praktis dan menyerahkan PAN sepenuhnya ke tangan generasi penerus.

Hal itu dikatakan dalam surat terbuka yang mengatasnamakan lima pendiri PAN yaitu Abdillah Toha, Albert Hasibuan, Goenawan Mohammad, Toeti Heraty, dan Zumrotin.

Kelimanya meminta Amien menempatkan diri sebagai penjaga moral dan keadaban bangsa serta memberikan arah jangka panjang bagi kesejahteraan dan kemajuan negeri.

Kelima pendiri PAN tersebut menilai ada lima alasan mengapa mereka meminta Amien mundur, salah satunya Amien dianggap semakin cenderung eksklusif serta tidak menumbuhkan kerukunan bangsa dalam berbagai pernyataan dan sikap politiknya.

Sumber : Antara
Editor : Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Mendaftar ke KPU, Cuncung – Alpiya Disuguhi Jamu dan Kue Brownis Ikan Patin
apahabar.com

Politik

PPP Nilai Pemindahan Kantor BPN Prabowo-Sandi ke Jateng Hanya “Political Gimmick”
apahabar.com

Politik

Golkar Usung Birin-Muhidin, Gerindra Siap Beroposisi
Klaim Lengkap, Mahyuddin akan Serahkan Copy e-KTP Syarat Maju Pilkada Tanbu

Politik

Klaim Lengkap, Mahyuddin akan Serahkan Copy e-KTP Syarat Maju Pilkada Tanbu
apahabar.com

Politik

Debat Terakhir Pilbup Kotabaru, Isu Pemekaran Kambatang Lima Mencuat
apahabar.com

Politik

7 Paslon Jagoan PKS di Pilkada Kalsel, Tidak Termasuk Ibnu-Ariffin
apahabar.com

Politik

Pasangan Mila Karmila-Zainal Arifin Serahkan Berkas e-KTP ke KPU
apahabar.com

Politik

Gerindra Usung Denny, Paman Birin Kirim Sinyal Cerai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com