Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Cerita Sukses Trader Forex Banjarmasin, Modal Rp 15 Juta Berangkatkan Umrah Keluarga 3 Jam Hujan Deras, Ratusan Rumah Warga Desa Miawa Tapin Kebanjiran Kisah Pilu Istri Korban Disambar Buaya di Kotabaru, Harus Rawat 4 Anak, 1 di Antaranya Berusia 6 Bulan Produksi Migas Kalimantan-Sulawesi Lampaui Target, Kok Bisa?

Pasca Tsunami, Kemenhub Siapkan Jalur Laut-Udara Distribusi Bantuan

- Apahabar.com Selasa, 25 Desember 2018 - 00:14 WIB

Pasca Tsunami, Kemenhub Siapkan Jalur Laut-Udara Distribusi Bantuan

Tsunami Selat Sunda. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Pasca bencana tsunami di Pantai Selat Sunda, Kementerian Perhubungan menyiapkan sejumlah sarana udara dan laut untuk mengangkut bantuan korban bencana.

Kedua jalur ini dapat digunakan untuk pengangkutan barang baik logistik makanan, kesehatan maupun untuk pembangunan

“Akses ke sini jalan daratnya hanya satu yang biasa digunakan masyarakat sehari-hari. Maka dari itu, Kemenhub memberikan solusi dengan menyediakan jalur lain yaitu melalui udara dan laut,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Senin (24/12).

Baca Juga: Tsunami Selat Sunda, BNPB: 373 Orang Meninggal

Untuk pengangkutan logistik melalui jalur udara, Menhub menjelaskan dapat menggunakan pesawat jenis caravan yang mendarat di airstrip Tanjung Lesung.

“Kalau dengan helikopter kan kapasitasnya sedikit, nah kita bisa dari airstrip Tanjung Lesung menggunakan caravan. Kira-kira kapasitasnya untuk 12 orang dan muatan barang sekitar satu sampai ton. Jadi pendistribusian obat-obatan bisa langsung ke sana,” terangnya.

Sedangkan melalui jalur laut, Kemenhub menyiapkan kapal-kapal negara melalui Pelabuhan Merak.

“Untuk yang lebih masif, kita sediakan kapal dari Merak, memang perjalanannya cukup lama tetapi kapasitas besar, bisa mengangkut muatan sampai 20-30 ton,” papar Menhub Budi.

Pihaknya sudah siapkan tim dan menunjuk salah satu Direktur yang akan bersiaga untuk mengkoordinasikan barang-barang tersebut.

Selain itu, Menhub Budi juga minta kepada Ditjen Perhubungan Darat untuk membantu pengaturan lalu lintas di daerah tersebut agar kondisi arus berjalan lancar. Dalam kunjungannya, Menhub Budi juga mengajak beberapa stakeholder baik BUMN maupun swasta.

“Saya mengajak beberapa BUMN dan swasta, saya minta mereka besok melakukan kegiatan untuk penyaluran bantuan ke sini,” kata Menhub Budi.

Turut mendampingi Menhub, Sekjen Kemenhub Djoko Sasono, Dirjen Perhubungan Laut Agus H. Purnomo, Dirjen Perhubungan Udara Polana B. Pramesti, Direktur Angkasa Pura II Awaluddin, Direktur Airnav Novie Riyanto, Direktur Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja.

Menhub Hibur Pengungsi Dalam lawatannya, Menhub Budi Karya mendatangi sejumlah titik pengungsian yaitu di Desa Banyu Mekar serta Terminal Labuan. Tidak hanya memberikan bantuan, Menhub juga menghibur pengungsi dengan berdialog serta santap siang bersama.

Sumber : Antara
Editor : Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Diduga Bunuh Diri, Anggota Polisi Tewas Luka Tembak di Kepala
apahabar.com

Nasional

Motif Eks Murid Perkosa dan Bunuh Guru di Sumsel
apahabar.com

Nasional

Selama Pandemi, 50 Daerah Ajukan Utang Rp28 Triliun ke Pemerintah Pusat
apahabar.com

Nasional

Jokowi Terima Ucapan Selamat dari PM Inggris dan Australia atas Suksesnya Penyelenggaraan Pemilu
apahabar.com

Nasional

Kemendag Kurangi Ekspor Karet
apahabar.com

Nasional

Gali Lubang Buat Kabur, Napi Cina Lapas Tangerang Jadi Buruan Tim Khusus
apahabar.com

Nasional

Selain Indonesia, Ini Deretan Negara yang Ikut Batalkan Haji 2020
apahabar.com

Nasional

Banyak Tulisan di Gelang Jamaah Haji, Ternyata Ini Fungsinya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com