Periksa 16 Mahasiswa, Polisi Terbitkan SPDP untuk Korwil BEM Kalsel Dapat Lampu Hijau, SMA di Kalsel Belum Berani Buka Sekolah Netizen Gagal Paham Soal Bingkisan SHM-MAR, Bawaslu: Sarung Boleh Mahasiswanya Dipolisikan, Wakil Rektor ULM Banjarmasin Penuhi Panggilan Polda Kalsel Esok Tampil di Moto2 2020, Mandalika Racing Team (MRT) Pilih Dimas Ekky Jadi Tembalap Tim, Diluncurkan Rabu

Pegadaian Sulap Sampah Jadi Emas di Banjarmasin

- Apahabar.com Kamis, 6 Desember 2018 - 11:30 WIB

Pegadaian Sulap Sampah Jadi Emas di Banjarmasin

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian (Persero) Harianto Widodo (dua kiri) saat meninjau lokasi bank sampah induk dalam program The Gade Clean & Gold di Kota Banjarmasin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN — Mengubah sampah menjadi emas kini bukan lagi impian. PT Pegadaian (Persero) merealisasikannya melalui Program The Gade Clean & Gold.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian Harianto Widodo—saat meluncurkan program ini di Kota Banjarmasin—mengatakan The Gade Clean & Gold mengajak seluruh masyarakat di Alalak Utara, Banjarmasin untuk peduli lingkungan dengan mengkapitalisasi sampah menjadi Tabungan Emas.

“Kami akan memberikan pembekalan untuk mengumpulkan dan mengolah sampah, selanjutnya dikonversikan menjadi Tabungan Emas. Dengan banyaknya bank sampah di daerah tersebut, Pegadaian hadir dengan program Bersih-bersih Lingkungan ‘The Gade Clean & Gold’ ,” katanya saat peresmian di Alalak, Banjarmasin, hari ini.

Untuk pengadaan The Gade Clean & Gold ini dibutuhkan pembangunan 1 unit bank sampah dan renovasi 5 unit bank sampah yang sudah ada sebelumnya. Selain pemberian 5 unit sepeda motor roda tiga Viar dan 8 unit gerobak dari pihak Pegadaian kepada pihak pengelola bank sampah.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan apresiasinya terhadap Pegadaian karena telah membangun The Gade Clean & Gold di lokasi tersebut.

“Kota Banjarmasin telah memiliki bank sampah induk di Kelurahan Alalak Utara, Banjarmasin Utara berkat dukungan dari Pemkot yang mewajibkan setiap aparat untuk menjadikan bank sampah ini. Kami sungguh mengapresiasi Pegadaian yang telah menjadi lokasi ini sebagai lokasi tujuan CSR perusahaan mengubah sampah menjadi emas,” katanya.

Baca Juga : Keruk Sampah Sebabkan Drainase Buntu

Saat ini, Kota Banjarmasin telah memiliki 211 bank sampah yang dapat mereduksi 11 ton sampai dengan 13 ton sampah setiap hari. Adapun, sampah yang dihasilkan di kota itu mencapai 600 ton perhari.

Karena itu, Kota Banjarmasin masih membutuhkan kurang lebih 40 sampai 50 bank sampah setiap tahunnya untuk didirikan di setiap kelurahan agar pemanfaatan sampah lebih optimal.

Program The Gade Clean & Gold hadir di tiga kota Indonesia, di Pekanbaru, Bekasi dan Banjarmasin. Kehadiran program ini sudah banyak memberikan manfaat yang telah dirasakan oleh masyarakat setempat karena mereka dapat memanfaatkan sampah menjadi tabungan emas, jelasnya.

Program The Gade Clean & Gold di kota Banjarmasin, tambah Harianto, sebagai wujud kepedulian Pegadaian dan menegaskan kehadirannya sebagai BUMN Hadir untuk Negeri sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat baik dalam sektor ekonomi maupun lingkungan.

Selain itu juga karena Banjarmasin telah memiliki banyak bank sampah sehingga ke depannya dapat dijadikan contoh untuk bisa diimplementasikan di daerah-daerah lain di Indonesia sebagai desa binaan Pegadaian.

Sumber: Bisnis.com

Editor: Fariz

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Bulan Puasa: Produsen Rokok di Kalimantan Rugi Rp 20 Miliar
apahabar.com

Ekbis

Ekonomi Global Lesu, Ekspor Kalsel ‘Terjun Bebas’
apahabar.com

Ekbis

Harga Gas Industri Turun, Menperin: Penerimaan Negara Akan Naik
apahabar.com

Ekbis

BPS: Kupang Paling Tinggi Inflasi, Banda Aceh Terendah
apahabar.com

Ekbis

Dibikin Perfect, Tak Perlu Lagi Kocek Variasi
apahabar.com

Ekbis

Pertamina Kalimantan Tambah Pasokan BBM Jelang Lebaran
apahabar.com

Ekbis

Tekan Inflasi, Balikpapan Andalkan Program Urban Farming
Besok, Gelaran Pasar Murah Sambut Haul Guru Sekumpul

Ekbis

Besok, Gelaran Pasar Murah Sambut Haul Guru Sekumpul
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com