Idulfitri 1442 Hijriah, Ratusan Napi di Barabai Diganjar Remisi Salat Id, Jemaah Masjid Agung Al-Falah Tanbu Doakan Covid-19 Cepat Lenyap Khotbah Salat Id di Masjid Al-Jihad Banjarmasin: Ancaman Budaya Jahiliah & Doa untuk Palestina Longsor Maut Batu Bini HSS, Tim SAR Terpaksa Hentikan Pencarian Cuaca Kalsel Hari Pertama Lebaran, Simak Prediksi BMKG….

Pelabuhan Sorong Jadi Pelabuhan Internasional

- Apahabar.com Senin, 10 Desember 2018 - 12:28 WIB

Pelabuhan Sorong Jadi Pelabuhan Internasional

Ilustrasi: Pelabuhan Sorong, Papua Barat.foto/jurnalmaritim.com

apahabar.com, SORONG – Pelabuhan Kota Sorong diprogramkan menjadi pelabuhan internasional di wilayah timur Indonesia dalam upaya kemajuan pembangunan dan peningkatan ekonomi masyarakat Papua.

Wali Kota Sorong Lambert Jitmau di Sorong, Senin (10/12) mengatakan, peningkatan tersebut merupakan pendekatan dan komunikasi Pemko dengan Pemerintah Pusat.

Wali Kota Lambert mengatakan, awalnya Menteri BUMN Rini Soemarno dalam kunjungan di Manokwari pada 14 Agustus 2015 mengumumkan pelabuhan Sorong dirancang menjadi pelabuhan internasional.

Rancangan ini, kata dia, guna mewujudkan gagasan Presiden Joko Widodo tentang tol laut dengan memberdayakan posisi strategis pelabuhan Kota Sorong sebagai hubungan utama alur tol laut wilayah Papua.

Ia menyampaikan, Direktur Utama Pelindo IV Mulyono pada 26 Agustus 2015 di Kota Sorong mempertegas pernyataan Menteri BUMN bahwa Pelabuhan Kota Sorong dipersiapkan sebagai hubungan utama kegiatan industri logistik di wilayah Papua.

Guna mewujudkan pelabuhan internasional tersebut, Pelindo IV menganggarkan Rp411,5 miliar untuk peningkatan infrastruktur pelabuhan Kota Sorong yang sedang berjalan. Pembangunan fisik ditingkatkan hingga kapasitas tampung.

Dikatakan, kapasitas Pelabuhan Kota Sorong sekarang mencapai sebesar 44.000 TEU’s yang ditargetkan dengan program ini akan mencapai kapasitas 100.000 TEU’s pada tahun 2019.

“Konstruksi berupa penambahan panjang dermaga sejauh 500 meter ke arah barat yang sedang berlangsung. Dengan demikian Pelabuhan Kota Sorong panjang dermaganya menjadi lebih dari satu kilometer sehingga dapat melayani kapal ukuran besar sebanyak lima kapal sekaligus,” ujarnya seperti dilansir Antara.

Sumber : Antara
Editor : Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

TNI-AU Bantah Halangi Pesawat Prabowo
Media

Nasional

Jurnalis Tak Dibekali APD, AJI Ingatkan Tanggung Jawab Perusahaan Media
apahabar.com

Nasional

Kontak Senjata TNI vs KKB di Papua Memanas
apahabar.com

Nasional

Mengenang Sosok Gus Im, Obrolannya dengan Gus Dur Soal Musik
apahabar.com

Nasional

Menkeu Pimpin Serah Terima Jenazah JB Sumarlin
apahabar.com

Nasional

Ridwan Kamil: PSBB Bodebek Dimulai Rabu Dini Hari
Manado

Nasional

Usai Kalsel, Giliran Pray for Manado Bergema di Twitter
apahabar.com

Nasional

Terbaring di Rumah Sakit, Begini Kondisi Terkini Ustaz Yusuf Mansur
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com