Buntut Demo, Koordinator BEM Kalsel Ahdiat Zairullah Resmi Tersangka Mubadala Petrolium Sosialisasi Pemboran Sumur Eksplorasi Yaqut-1 Upah Minimum Naik Rp 10 Ribu, Buruh Kalsel Meradang Koordinator BEM Kalsel Tersangka, Kuasa Hukum Siap Melawan BREAKING NEWS: Wakil Rektor ULM Penuhi Panggilan Polda Kalsel

Pembangunan Energi Hijau Sejalan Visi RPJMD Kaltim

- Apahabar.com Jumat, 7 Desember 2018 - 07:15 WIB

Pembangunan Energi Hijau Sejalan Visi RPJMD Kaltim

Penjabat Sekprov Miliana. Foto-fokuskaltim.com

apahabar.com, SAMARINDA – Pembangunan energi hijau adalah kewajiban bagi semua umat manusia sepanjang masa sebagai tanggung jawab untuk melestarikan hutan, pepohonan dan tumbuhan lainnya.

Dari hutan, pepohonan dan tumbuhan akan dihasilkan energi yang menghidupkan manusia.

Penjabat (Pj) Sekprov Kaltim Meiliana mengatakan Gerakan Nasional Pembangunan Energi Hijau untuk Indonesia sangat sejalan dengan Visi RPJMD Provinsi Kaltim 2018-2023 yaitu Berani untuk Kalimantan Timur yang Berdaulat.

Baca Juga: Kaltim Gandeng Daerah Lain Pacu Hilirisasi Produk

Satu dari lima misi yang dijalankan terkait dengan pengelolaan sumber daya alam (SDA) dan lingkungan hidup, yaitu berdaulat dalam pengelolaan SDM berkelanjutan.

“Sejak 2010 silam di Kaltim juga sudah dilakukan gerakan penanaman pohon melalui Program Kaltim Hijau (Kaltim Green).

Meskipun telah menanam jutaan bibit pohon, namun Kaltim Green perlu terus ditindaklanjuti dengan terus melakukan penanaman yang dibarengi dengan pemeliharaan, agar target menjadikan Kaltim sebagai provinsi hijau bisa terwujud sebagaimana yang kita inginkan bersama,” papar Meiliana, siang tadi dalam pencanangan gerakan nasional pembangunan energi hijau untuk Indonesia yang digelar di Desa Manunggal Jaya Kecamatan Sebulu Kutai Kartanegara, Kamis (6/12).

Sementara Kepala Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur Lembaga Aparatur Negara (PKP2AIII LAN) Samarinda Dr Mariman Darto mengatakan pencanangan gerakan nasional pembangunan energi hijau untuk Indonesia, sekaligus penanaman pohon aren yang merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

“Pencanangan gerakan nasional pembangunan energi hijau untuk Indonesia merupakan output dari kegiatan Reform Leader Academy (RLA) Angkatan XVI yang pesertanya dari Kementerian LHK, Provinsi Kaltim, Kalbar, Kalsel, Kaltara, dan Bangka Belitung,” kata Mariman Darto.

Dalam Acara tersebut Pj Sekprov Kaltim Hj Meiliana bersama undangan lainnya melakukan penanaman pohon aren sebagai momentum pencanangan Gerakan Nasional Pembangunan Energi Hijau untuk Indonesia, sekaligus dukungan tindak lanjut Program Kaltim Green.

Editor: Fariz F

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Esok Lusa, Gubernur Umumkan UMP Kaltim 2020
apahabar.com

Kaltim

ASN Kaltim Tak Netral, Sanksi Berat Menanti
apahabar.com

Kaltim

Pacu Investasi, Kaltim Bawa Rencana Pemindahan Ibu Kota ke Jepang
apahabar.com

Kaltim

Kebakaran Lahan Masih Mengintai Penajam, Calon Ibu Kota RI

Kaltim

Kaltim Bertekad Bangun 300 Hektare Hutan Rakyat di Jonggon
apahabar.com

Kaltim

Ekonomi Bergairah, APBD Kaltim Ditarget Naik 40 Persen
apahabar.com

Kaltim

Satu Warga Positif Corona, Isran Noor: Kaltim Sudah Bisa Ditetapkan KLB
apahabar.com

Kaltim

Save Teluk Balikpapan, Aktivis Lingkungan Kukuh Tolak Amdal PT WPS
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com