Belasan Mahasiswa-Polisi Luka-Luka, Polres Ungkap Biang Ricuh #SaveKPK II di Banjarmasin #SAVEKPK Bergaung di Banjarmasin: Ratusan Mahasiswa Ultimatum Ketua DPRD Kalsel di Tengah Guyuran Hujan Tagih Janji Reklamasi, Dewan Tabalong Ngotot Panggil Bos Adaro UPDATE! Tunggu Supian HK, Massa #SaveKPK di Banjarmasin Ngotot Bertahan Jenderal Lapangan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Terluka, Tangan-Kepala Berdarah

Pemerintah Harus Selamatkan Meratus

- Apahabar.com Selasa, 11 Desember 2018 - 16:45 WIB

Pemerintah Harus Selamatkan Meratus

apahabar.com, BANJARBARU – Soal penyelamatan Pegunungan Meratus menjadi perhatian banyak pihak. Mulai dari WALHI Kalsel, masyarakat Kalimantan Selatan -khususnya masyarakat Hulu Sungai Tengah-, sampai para aktivis lingkungan di Banua.

Salah satunya Aktivis Lingkungan Kalimantan Selatan Berry Nahdian Furqon mengatakan, penyelamatan Pegunungan Meratus ini merupakan kewajiban semua pihak. Tidak hanya masyarakat beserta para aktivis lingkungan saja, harus ada peran Pemerintah juga didalamnya.

“Harapannya selain ada gerakan dari Walhi dan Masyarakat terkait penyelamatan Pegunungan Meratus ini. Pemerintah juga bisa menempatkan pegunungan Meratus menjadi kawasan yang mesti harus diselamatkan. Baik dari segi ekologi, maupun dimensi sosialnya,” ungkap Mantan Direktur Eksekutif Walhi Indonesia ini pada apahabar.com Selasa (11/12) siang tadi.

Baca Juga : Pengamat: Meratus Layaknya Nagari di Sumbar dan Masyarakat Dayak Iban di Kalbar

Ditambahkan Berry, bentuk dukungan Pemerintah Provinsi ini bisa saja dalam bentuk tidak memfasilitasi Investor yang akan merusak dan mengancam Pegunungan Meratus.

“Bisa juga dengan Perda (Peraturan Daerah) kawasan penyelamatan. Bisa saja dengan kebijakan lain, yang intinya menjaga Pegunungan Meratus. Dengan mendorong pemberdayaan masyarakat yang ada disana,” jelasnya.

apahabar.com

AKTIVIS LINGKUNGAN – Berry Nahdian Furqon.

Dia menjelaskan, Gugatan WALHI Kalsel bersama Gembuk yang dilayangkan di PTUN Jakarta selama ini, merupakan salah satu cara saja menyelamatkan Meratus dari eksploitasi pertambangan.

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

226 Anak Jadi Peserta Sunatan Massal di Tapin
apahabar.com

Kalsel

Inisiasi Bantuan “Dari Kita untuk Kita”, Pemuda Banjarmasin Bagikan Sembako dan Uang Tunai
apahabar.com

Kalsel

Jembatan Gantung di Pengaron Runtuh Karena Lapuk
apahabar.com

Kalsel

Pedagang HSU Dilarang Jualan di Tabalong, Wakil Rakyat Ngadu ke Rumah Banjar
apahabar.com

Kalsel

Covid-19 di Kotabaru Naik Lagi, Kini Sudah 297 Kasus
apahabar.com

Kalsel

Polisi Ungkap Identitas Bocah Tenggelam di Sungai Kelayan
apahabar.com

Kalsel

Pramuka Balangan Gelar Jambore Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Mulai Digarap, Jembatan Kelayan 4 Sedot Anggaran Rp 13 Miliar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com