BREAKING NEWS Legenda Barito Putera Yusuf Luluporo Meninggal Dunia di Usia 47 Tahun Geledah Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, KPK Amankan Uang dan Dokumen Waspada Penularan Covid-19 di Libur Panjang, Disdik Banjarmasin Imbau Pelajari Patuhi Prokes Bikin Haru, Simak Curahan Mama Lita MasterChef Indonesia Pasca-ditinggal Suami Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah

Penajam Agendakan Tes Urine Dadakan Seluruh Pegawai

- Apahabar.com Rabu, 19 Desember 2018 - 10:45 WIB

Penajam Agendakan Tes Urine Dadakan Seluruh Pegawai

Ilustrasi tes urine. Foto/tribunnews.com

apahabar.com, PENAJAM – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur mengagendakan tes urine dadakan bagi seluruh pegawai negeri sipil (PNS) dan honorer sebagai bentuk komitmen pemberantasan tindak penyalahgunaan narkoba di lingkungan pemerintahan.

Wakil Bupati Penajam Paser Utara, Hamdam saat ditemui di Penajam, Rabu (19/12), mengatakan, tes urine akan dilakukan pada saat yang tidak ditentukan dan tidak diketahui waktunya, serta dilakukan di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

“Tes urin bagi PNS termasuk pejabat dan honorer itu dijadwalkan dilaksanakan rutin dan dadakan di setiap SKPD pada 2019,” tegasnya seperti dilansir Antara.

Pemeriksaan urine di setiap SKPD dilakukan acak dan dadakan tersebut, menurutnya untuk mengantisipasi adanya pegawai atau pajabat yang menghindar.

Tes urine itu, lanjutnya penting untuk membuat lingkungan pemerintahan bersih dari narkoba, memastikan pejabat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara bebas dari barang haram itu.

Baca Juga : Pengaliran Gas ke 4.270 Rumah di Penajam Tunggu Penyambungan Pipa Pertamina

“Paling tidak, ada rasa takut para PNS, honorer atau pejabat untuk memakai narkoba karena sewaktu-waktu ada tes urine,” sebutnya.

Hamdam menegaskan seluruh PNS atau pejabat dan honorer di lingkungan Pemkab Penajam Paser Utara harus bersih dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

Bagi pegawai yang terbukti positif menggunakan narkoba, tegasnya akan diproses dan diberi sanksi sesuai aturan yang berlaku.

Namun, ia berharap para pemakai narkoba agar direhabilitasi untuk mengurangi jumlah penghuni rumah tahanan maupun di lembaga pemasyarakatan.

“Saat ini narkoba menjadi musuh yang harus diwaspadai. Narkoba telah menyentuh berbagai kalangan, seperti pelajar, PNS, anggota Polri dan TNI,” jelasnya.

Kabupaten Penajam Paser Utara yang wilayahnya berbatasan dengan Kota Balikpapan dan Kabupaten Paser, tambah Hamdam merupakan daerah yang rawan peredaran narkoba.

Baca Juga : 40 Transmigran di Kaltim Dijatah 2 Hektar Lahan per Orang

Sumber : Antara
Editor : Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Lonjakan Pemudik Balikpapan-Mamuju Jadi Atensi
apahabar.com

Kaltim

Tambah 4 Kasus, Positif Covid-19 di Kaltim Jadi 218 
apahabar.com

Kaltim

BPJS Naik, Pemerintah PPU Tetap Gratiskan untuk Masyarakat
apahabar.com

Kaltim

Dugaan Suap Bupati Kutim dan Istri: KPK Panggil Puluhan Saksi, ASN hingga Pengurus KNPI
apahabar.com

Kaltim

Imbauan Pemprov Kaltim soal Akun Palsu Gubernur Isran
apahabar.com

Kaltim

Demo Penajam, dan Alasan Dewan Pengupahan UMK Tak Naik
apahabar.com

Kaltim

Jatam: Lubang Tambang Kaltim Sudah Renggut 37 Nyawa
apahabar.com

Kaltim

Penajam Jadi Ibu Kota, Wabup Hamdam: Budaya Lokal Wajib Bertahan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com