Canggih, Banjarmasin Kini Punya ADM, Sanggup Cetak 100 e-KTP Sehari Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan Empat Program Bank Indonesia Majukan UMKM Busyet! Buaya Masuk Rumah Warga Saat Banjir di Kaltim Lama Buron, Mantan Kades di Katingan Tilap Dana Desa Rp 1,1 M Berhasil Diringkus di Kapuas

Penanganan Pangan Sumbar Patut Ditiru

and - Apahabar.com     Selasa, 18 Desember 2018 - 10:19 WITA
and - Apahabar.com     Selasa, 18 Desember 2018 - 10:19 WITA

Penanganan Pangan Sumbar Patut Ditiru

PILIH BENIH - Seorang petani memilih benih padi untuk ditanam kembali di sawahnya di kawasan Kampung Jambak, Belimbing, Padang, Sumatera Barat, Rabu (25/4). Foto-Antara

apahabar.com, BANJARMASIN – Wakil Ketua Komisi II Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Gt Rudiansyah menyarankan, jika memungkinkan provinsinya mencontoh Sumatera Barat (Sumber) dalam penanganan pangan.

Saran itu dia kemukakan di Banjarmasin, Selasa sebagai oleh-oleh studi komparasi Komisi II DPRD Kalsel yang juga membidangi pertanian (termasuk penanganan pangan) ke “Ranah Minang” Sumbar akhir pekan lalu.

Menurut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel VII/Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut (Tala) itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar bersama masyarakatnya cukup berhasil dalam penanganan pangan.

Baca Juga : Polisi Tahu di Mana Pelajar SMP Kerap Parkir, Begini Peringatannya jika Kedapatan Tanpa SIM

“Keberhasilan itu antara lain terlihat data mereka, yaitu sebagian besar Nagari di Ranah Minang sudah berstatus mandiri pangan,” ujar politikus senior Partai Golkar tersebut mengutip keterangan Dinas Pangan Sumbar.

Selain itu, Sumbar juga terbanyak mendapatkan penghargaan bidang pertanian bila dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia, tuturnya saat ditemui di ruang Fraksi Partai Golkar DPRD Kalsel.

Begitu pula Pemprov Sumbar melalui Dinas Pangan setempat berhasil mendistribusikan pangan ke seluruh anak negeri mereka, dan bahkan dengan surplus juga bisa mengirim ke luar daerah atau membantu kebutuhan provinsi lain.

“Kewenangan pendistribusian pangan di Sumbar tersebut berada pada Dinas Pangan, sehingga betul-betul terkoordinasi dan mudah terkontrol, mengevaluasi, serta tindak lanjut solusi manakala ada masalah, demikian Rudiansyah.

Dalam kunjungan kerja ke luar daerah, 6 – 8 Desember lalu, Komisi II DPRD Kalsel terbagi dua kelompok yaitu I ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dipimpin ketuanya, Suwardi Sarlan SAg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan sasaran studi komparasi mengenai kepariwisataan.

Sedangkan kelompok II studi komparasi ke Sumbar dipimpin Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel H Rudiansyah SmHk dari Partai Golkar dengan sasaran mengenai pangan.

Sementara Kalsel sendiri dalam produksi padi tidak cuma sudah berswasembada, tetapi surplus, sehingga sejak belasan tahun terakhir masuk sepuluh besar penyangga ketahanan pangan nasional.

Kemudian dengan Gubernur Kalsel sekarang (H Sahbirin Noor) berkeinginan provisinya menjadi lumbung pangan Kalimantan sebagaimana tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016 – 2021.

Baca Juga : Waspada, BMKG Peringatkan 6 Wilayah Kalsel Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang

Sumber : Antara
Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Covid-19 di Tanbu: 1 Meninggal, 7 Sembuh, 4 Positif
apahabar.com

Kalsel

Momentum Hari Bhayangkara ke-74, Kapolres Tanbu Ingatkan Protokol Kesehatan
Polda Kalsel

Kalsel

Mutasi Besar-besaran Polda Kalsel, Direktur Krimum sampai Narkoba Diganti
apahabar.com

Kalsel

Safari Ramadan di HST, Wagub Kalsel Bagi Bantuan Miliaran
apahabar.com

Kalsel

HAN 2019, Polisi: Kasus Kejahatan di Banjarmasin Berpotensi Meningkat
MK

Kalsel

Sengketa Pilgub Kalsel: MK Beber Alasan Tak Siarkan Langsung Sidang Pembuktian
apahabar.com

Kalsel

Siang Hari, BMKG Prakirakan 6 Daerah di Kalsel Hujan Disertai Petir
Tanbu

Kalsel

Salat Id, Jemaah Masjid Agung Al-Falah Tanbu Doakan Covid-19 Cepat Lenyap
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com