Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

Pencalegan Ketua KNPI Tala Terancam!

- Apahabar.com Jumat, 21 Desember 2018 - 20:39 WIB

Pencalegan Ketua KNPI Tala Terancam!

Ilustrasi. Foto - Harian nusa.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Belum selesai satu periode memimpin Kepengurusan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tanah Laut (Tala) Periode 2017-2020, Syahruji Fadillah harus berhadapan dengan hukum.

Bahkan, Bendahara KNPI Tala pun, Faulina Riska ikut terlibat dalam kasus dugaan korupsi dana hibah 2017 senilai Rp1,2 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tanah Laut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh wartawan apahabar.com, Syahruji adalah seorang Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Dengan daerah pemilihan (Dapil) 1 Kabupaten Tala yang meliputi dua kecamatan. Diantaranya, Kecamatan Pelaihari dan Kecamatan Bajuin.

“Beliau dapil satu dengan nomor urut dua meliputi kecamatan Pelaihari dan Bajuin,” ucap salah seorang sumber yang tak ingin disebutkan namanya kepada apahabar.com, Kamis (20/12/2018)

Namun, ia menyarankan untuk informasi lebih mendalam terkait status Syahruji agar konfirmasi terlebih dahulu ke Pengurus DPC PDIP Tala.

“Silakan konfirmasi kepada pengurus DPC PDIP Tanah Laut,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten Tanah Laut, Muslimin membenarkan bahwa Syahruji adalah seorang calon legislatif (caleg) di pemilu 2019 mendatang dengan daerah pemilihan (Dapil) 1 meliputi kecamatan Pelaihari dan Bajuin.

“Ya benar, yang bersangkutan adalah seorang caleg,” jelasnya.

Namun, secara organisasi Ia enggan berkomentar terkait status Syahruji yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejari Tala. Imbuhnya, Syahruji merupakan kader baru PDI Perjuangan Tanah Laut.

“Saya kurang tau secara detail, bisa tanyakan kepada DPC PDI Perjuangan Tanah Laut,” ujarnya.

Sampai berita ini diturunkan, Pihak Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Tanah Laut (Tala) belum bisa memberikan jawaban resmi. Bahkan, beberapa kali media ini mencoba melakukan konfirmasi ke Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Tanah laut, Akhmad Suntung Yani, masih belum membuahkan hasil.

Sebelumnya, disampaikan oleh Kajari Tala Sri Tatmala Wahanani dalam konferensi pers, Selasa (18/12/2018) lalu.

Kejaksaan telah memeriksa sejumlah saksi selama berbulan-bulan. Beberapa di antaranya para pengurus DPD KNPI dan organisasi kepemudaan di Tanah Laut.

Dalam pemeriksaan, jaksa menemukan ada penyelewengan anggaran hibah dari APBD Kabupaten Tala tahun 2017 tersebut yang sedianya digunakan untuk 24 kegiatan.

Penggunaan dana hibah KNPI ini tidak sesuai dengan yang dipertanggungjawabkan oleh jajaran pengurus. Atas kasus korupsi dana hibah ini, negara dirugikan sebesar Rp300 juta.

“Kami sudah tetapkan ketua KNPI sebagai tersangka sejak senin sore,” jelasnya.

Dari berbagai pemeriksaan yang dilakukan, kejaksaan tidak menutup kemungkinan ada tersangka lain selain Syahruji.

Baca Juga: Dua Bocah TK Banjarbaru Tenggelam di Lubang Bekas Galian, Polisi: Musibah

Syahruji Padillah dikenakan pasal 2 ayat 1 serta pasal 3 dan pasal 9 undang-undang RI Nomor 31/1999 tentang Tindak Pidana Korupsi dan diubah dengan UU RI nomor 20/2001 dengan ancaman hukuman minimal 4 tahun penjara.

Syahruji sendiri menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim medis dari rumah sakit Hadji Boejasin Pelaihari dinyatakan sehat, oleh pihak Kejari Tala. Dia sekarang dititipkan di Rutan Pelaihari guna proses lebih lanjut.

Reporter: Muhammad Robby
Editor : Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Tak Muluk-Muluk, Cuncung Jamin Beasiswa Putra-Putri Tanah Bumbu Jika Terpilih
apahabar.com

Politik

Bawaslu Banjar Minta Masyarakat Ikut Awasi Pilkada
apahabar.com

Politik

Guru Khalil Mundur di Pilkada Banjar, Pengamat: Tak Sekadar ‘Sami’na Wa Atho’na’ ke Tuanguruan
Kampanye

Politik

Kampanye Sederhana Ala Syafruddin H Maming: Serap Aspirasi Warga dari Warung Kopi
apahabar.com

Politik

Nasdem Rekomendasikan Putra Dahlan Iskan sebagai Calon Wakil Kota Surabaya
apahabar.com

Politik

3 Rumus Jokowi Menang Telak di Pilpres, Ini Kata Pengamat

Politik

100 Beasiswa Banjar Bersinar untuk Santri Berprestasi
apahabar.com

Politik

Siapkan 10 Gugatan, Kuasa Hukum BirinMU Pertimbangkan Lapor Balik ke Bawaslu Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com