Update Banjir Kalsel: Sudah 6 Kabupaten Terdampak! Parah, Empat Titik Longsor Sempat Tutup Akses Utama Loksado-Kandangan UPDATE Tinggi Air Jelang Puncak Banjir HST BREAKING! Bupati HST Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir Banjir di Pusat Kota HST Meluas, Ratusan Jiwa Mengungsi

Pengaliran Gas ke 4.270 Rumah di Penajam Tunggu Penyambungan Pipa Pertamina

- Apahabar.com     Rabu, 19 Desember 2018 - 02:30 WITA

Pengaliran Gas ke 4.270 Rumah di Penajam Tunggu Penyambungan Pipa Pertamina

Foto ilustrasi pipa gas. Foto-net

apahabar.com, PENAJAM – Pengaliran gas ke 4.270 rumah tangga di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, masih menunggu penyambungan jaringan ke pipa gas Pertamina (Persero).

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara Ahmad Usman di Penajam, Selasa (18/12) mengatakan bahwa sudah terpasang 4.270 sambungan pipa gas rumah tangga di Kecamatan Penajam sesuai kuota dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Sambungan pipa gas rumah tangga telah terpasang di Kelurahan Penajam, Gunung Steleng, Nenang, Nipah-Nipah dan Kelurahan Sungai Paret, Kecamatan Penajam, tetapi belum dapat difungsikan karena penyambungan ke pipa gas milik Pertamina belum selesai.

Pengoperasian sambungan gas rumah tangga di Kabupaten Penajam Paser Utara, menurut dia, ditunda atau molor dari jadwal karena terkendala proses instalasi di pipa gas milik Pertamina.

“Pemerintah kabupaten menargetkan sambungan gas ke rumah-rumah warga itu dapat digunakan pada awal Desember, tapi ditunda hingga akhir Desember 2018” jelas Ahmad Usman.

Dari pantuan di lapangan, penyambungan pipa gas induk milik Pertamina melalui terminal distribusi gas (metering regulation station/MRS) di Kelurahan Nenang di depan TPU (tempat pemakaman umum) kilometer 4 belum rampung.

Belum ada kepastian kapan sambungan gas yang telah terpasang di rumah-rumah warga di wilayah Kecamatan Penajam tersebut dapat difungsikan.

MRS merupakan kunci pengaman pemanfaatan sekaligus pengatur tekanan dan kualitas gas. Gas dari sumber pasokan bertekanan menengah sampai tinggi melalui terminal itu didistribusikan ke rumah-rumah warga melalui pipa distribusi tekanan rendah.

“Saat ini pihak kontraktor juga masih melakukan uji coba untuk mengantisipasi kebocoran di sambungan gas rumah tangga itu,” pungkas Ahmad Usman.

Baca Juga: 40 Transmigran di Kaltim Dijatah 2 Hektar Lahan per Orang

Sumber : Antara
Editor : Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kapolresta Balikpapan

Kaltim

Kapolresta Balikpapan Berganti, Simak Pesannya
Lee Min Ho

Kaltim

Meleleh! Gadis Kalsel Kepincut Sambangi Penjual Nasi Kuning Mirip Lee Min Ho
TNI-Polri

Kaltim

PTM Darurat Kaltim, TNI-Polri Bagikan 1.000 Paket Bansos
Konferta IV AJI

Kaltim

Konferta IV AJI Balikpapan: Menakar Independensi Media di Era Digital

Kaltim

Ketika Gubernur Kaltim Mendadak Jadi Tukang Suntik
Lapas Balikpapan

Kaltim

Lebaran di Lapas Balikpapan, Antre Video Call Lepas Rindu

Kaltim

Singgung Warga Kaltim Taat Prokes, Gubernur: Pakai Masker Tapi di Atas Kepala

Kaltim

Duh, Seorang Nenek di Balikpapan Menangis Gegara Jokowi tak Buka Kaca Mobil
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com