Pembacok Jurkani di Tanbu Juga Rampas Barang Pribadi, Pelaku Disebut Berhalusinasi Jasad Wanita Muda Banjarmasin dengan Luka Tusuk di Dada Itu Ternyata… Sosok Pembacok Advokat Jurkani di Tanah Bumbu, dan Detik-Detik Penganiayaan IKN Dipimpin Kepala Otorita, Sederet Nama Kandidat Termasuk Ahok Pesona Danau Sentarum Kalbar Bikin Takjub, Tertarik Berkunjung?

Penyalahgunaan Narkoba 2018, Polresta Banjarmasin Sita 18 Kilogram Sabu

- Apahabar.com     Senin, 31 Desember 2018 - 04:45 WITA

Penyalahgunaan Narkoba 2018, Polresta Banjarmasin Sita 18 Kilogram Sabu

Ilustrasi pengguna sabu. Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN – Kepolisian Resor Kota Banjarmasin melalui Satuan Reserse Narkoba sita 18.439.06 gram narkotika jenis sabu sepanjang tahun 2018 dari 468 tersangka. Angka ini meningkat 1800 persen dibanding sitaan pada tahun 2017.

Data kasus narkoba yang diambil dari Satuan Reserse Kriminal Narkoba Polresta Banjarmasin tersebut menunjukan tren kasus narkoba selalu meningkat dari tahun ke tahun.

“Kita terus berupaya memberantas narkoba di kota Banjarmasin. Pada tahun 2018 ini, ratusan pelaku kejahatan narkoba berhasil ditangkap dan belasan kilogram barang bukti berhasil diamankan,” kata Kasat Reskoba Polresta Banjarmasin Kompol Herry Purwanto di Banjarmasin, Minggu (31/12).

Baca Juga: Driver Online Dirampok, Korban Mengaku Baru Empat Hari Kenal Pelaku

Kompol Herry Purwanto melanjutkan,  jumlah penanganan kasus narkoba pada 2018 mencapai 371 perkara. Jumlah ini menurun dibanding  pada 2017 yang sebanyak 376 perkara. Namun, dari sisi jumlah barang bukti, terjadi peningkatan luar biasa di tahun ini.

Pada 2017, jajaran Polresta Banjarmasin hanya mengamankan 1.511.79 gram sabu, 1.212 ekstasi dan obat daftar G alias zenith sebanyak 12 juta butir.

“Untuk barang bukti, penurunan drastis terjadi pada obat Zenith. Pada tahun 2018, kita hanya amankan 130.121 butir, padahal di tahun 2017 berhasil mengamankan 12 juta butir,” ungkap Herry.

Sedangkan jumlah tersangka yang terlibat penyalahgunaan narkotika juga mengalami penurunan. Pada 2017, jumlah tersangka sebanyak 490 orang. Sedangkan di tahun 2018 jumlah tersangka sebanyak 471.

Herry menambahkan, Jelang akhir tahun terdapat peningkatan jumlah penyelundupan narkotika jenis sabu, tidak hanya di Banjarmasin, bahkan di beberapa kota-kota besar di Indonesia pun demikian.

“Dari data kami, Bulan Desember tangkapan sabu paling besar diantara bulan yang lainnya. Pada tahun 2017, 45,58 gram disita dari tangan 25 pelaku. Sedangkan tahun ini, kita berhasil amankan 17 Kilogram dari tangan 13 pelaku,” tandas Herry.

Perwira Alumni Akpol 2002 itu menegaskan, pihaknya akan terus meningkatkan intensitas razia peredaran narkoba, terlebih saat menjelang pergantian tahun.

“Kami terus melakukan upaya untuk menekan angka peredaran narkoba di Banjarmasin dengan melakukan upaya preventif di masyarakat serta memperkuat pengamanan di berbagai sektor,” pungkasnya.

Reporter : Eddy Andriyanto
Editor : Ahmad Zainal Muttaqin

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Hukum

Hendak Pesta Sabu, 2 Pemuda Murung Pudak Tabalong Keburu Ditangkap Polisi
apahabar.com

Hukum

Keluar dari LP Banjarbaru, Pelaku Penganiayaan Dijemput Polsek Martapura Kota
apahabar.com

Hukum

Terdakwa Pencabulan di Limpasu Bantah Kesaksian Testimonium
apahabar.com

Hukum

Sutradara Amir Mirza Ditangkap Polisi Terkait Narkoba
Zonk! Dua Pencuri di Banjar Indah Memilih Kabur Usai Kepergok Warga

Hukum

Zonk! Dua Pencuri di Banjar Indah Memilih Kabur Usai Kepergok Warga
apahabar.com

Hukum

Video Perkelahian Mahasiswa Uniska Jadi Bukti Kakak Pelaku Balik Lapor ke Polisi
apahabar.com

Hukum

Gondol Uang Tunai Rp 200 Juta, Wakar Sudimampir Masuk Perangkap
apahabar.com

Hukum

PK Ditolak, Jessica Tetap Dibui 20 Tahun karena Bunuh Mirna
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com