Naik, Harga Elpiji Kalsel Diklaim Termurah Se-Kalimantan Megaproyek Gedung Baru DPRD Banjarmasin, Ibnu Sina Buka Suara Lagi, Danau Eks Tambang di Banjar Renggut Korban Jiwa Ironi Gedung Baru DPRD: Orang Miskin di Banjarmasin Makin Banyak Blak-blakan Ibnu Sina Bicara Konsep IKN Nusantara: Jangan Oligarkis & Ngutang

Perpustakaan Kota Yogyakarta Operasikan Layanan Silvia

- Apahabar.com     Senin, 3 Desember 2018 - 14:00 WITA

Perpustakaan Kota Yogyakarta Operasikan Layanan Silvia

Foto - guntara.com

apahabar.com, YOGYAKARTA – Perpustakaan Kota Yogyakarta terus melakukan inovasi layanan untuk meningkatkan literasi masyarakat Yogyakarta. Menjelang akhir tahun ini, mereka mulai mengoperasionalkan layanan Silvia atau Sinema Literasi Visual untuk Pemustaka.

“Layanan ini dibuka di lantai satu gedung Perpustakaan Kota Yogyakarta yang berada di Kotabaru. Pengunjung atau pemustaka bisa memanfaatkan layanan ini secara gratis,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Senin (3/12).

Melalui layanan tersebut, pemustaka Perpustakaan Kota Yogyakarta dapat menikmati atau menonton berbagai film koleksi Perpustakaan Kota Yogyakarta yang terdiri dari berbagai genre yang semuanya sudah disaring dan dipastikan film-film tersebut memiliki konten atau pesan yang positif.

“Saat ini, Perpustakaan Kota Yogyakarta memiliki sekitar 50 judul film dari dalam dan luar negeri, di antaranya film animasi populer Moana. Semua koleksi film ini bukan bajakan, tetapi asli,” kata Wahyu.

Wahyu menambahkan, melalui layanan Silvia tersebut, Perpustakaan Kota Yogyakarta ingin menunjukkan bahwa layanan literasi tidak harus dilakukan dengan peminjaman buku maupun buku digital tetapi bisa dilakukan melalui kegiatan menonton film.

“Jika ada masyarakat yang ingin memanfaatkan Silvia untuk menonton film yang mereka bawa sendiri pun tidak masalah. Tentunya, petugas kami akan menyortir film tersebut terlebih dulu untuk memastikan agar konten yang ditonton tidak bermuatan hal-hal negatif,” katanya.

Sejumlah fasilitas dalam ruangan Silvia di antaranya pemutar film, LCD proyektor, televisi, “sound system” dan AC, sehingga ruangan cukup sejuk .

Perpustakaan Kota Yogyakarta juga akan melakukan pemutaran film secara rutin di Silvia pada Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu di jam-jam tertentu. Khusus Selasa dan Kamis dilakukan pemutaran satu kali sehari, namun pada Sabtu dan Minggu dilakukan dua kali sehari.

“Pemustaka bisa menonton secara gratis tetapi menggunakan tiket masuk karena kapasitas ruangan terbatas hanya untuk 18 orang. Pemustaka bisa menonton dengan cara lesehan.”

Perpustakaan Kota Yogyakarta akan membagikan tiket kepada pemustaka terpilih, di antaranya pemustaka yang rutin meminjam buku dan mengembalikannya tanpa terlambat atau untuk siswa sekolah yang berkunjung ke perpustakaan. Wahyu mengatakan, layanan Silvia tersebut juga akan direplikasi di Perpustakaan Alternatif Kota Yogyakarta (Pevita) yang berada di Jalan Mayjend Sutoyo.
Sumber : Antara

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Diputuskan, Biaya Perjalanan Haji 2020 Tidak Naik

Nasional

Resmi! Indonesia Tak Berangkatkan Jemaah Haji 2021
Dandim

Nasional

Bantah Korban Penusukan, Dandim Sebut Anggota Kostrad Itu Depresi hingga Lukai Diri Sendiri
apahabar.com

Nasional

PWI-MPR Kerjasama Sosialisasi Amandemen UU 45 dan Kode Perilaku Wartawan

Nasional

Buronan Koruptor Bank Mandiri yang Rugikan Rp120 M Tertangkap

Nasional

Duh, Puluhan Remaja Positif Narkoba Saat Razia Klub Malam
apahabar.com

Nasional

Pejuang Demokrasi Meninggal Usai Merekapitulasi Surat Suara
BPPTKG

Nasional

BPPTKG: Material Gunung Merapi Gugur Sejauh Ratusan Meter
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com