Kontroversi Pencopotan Sekda Tanah Bumbu, Ombudsman: Jangan Lampaui Kewenangan Live Mola TV! MU vs Chelsea di Liga Inggris, Prediksi Skor, Line up dan Link Streaming Siaran Langsung Pembantai Tetangga di Kelumpang Kotabaru Diancam Penjara Seumur Hidup! ANEH, 3 Proyek Jembatan di Banjarmasin Jalan Terus Walau Tanpa IMB Seruan Tokoh Tanah Bumbu: Pendukung SHM-MAR Jangan Ikut Sebar Hoaks dan Fitnah

Perpustakaan Kota Yogyakarta Operasikan Layanan Silvia

- Apahabar.com Senin, 3 Desember 2018 - 14:00 WIB

Perpustakaan Kota Yogyakarta Operasikan Layanan Silvia

Foto - guntara.com

apahabar.com, YOGYAKARTA – Perpustakaan Kota Yogyakarta terus melakukan inovasi layanan untuk meningkatkan literasi masyarakat Yogyakarta. Menjelang akhir tahun ini, mereka mulai mengoperasionalkan layanan Silvia atau Sinema Literasi Visual untuk Pemustaka.

“Layanan ini dibuka di lantai satu gedung Perpustakaan Kota Yogyakarta yang berada di Kotabaru. Pengunjung atau pemustaka bisa memanfaatkan layanan ini secara gratis,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Senin (3/12).

Melalui layanan tersebut, pemustaka Perpustakaan Kota Yogyakarta dapat menikmati atau menonton berbagai film koleksi Perpustakaan Kota Yogyakarta yang terdiri dari berbagai genre yang semuanya sudah disaring dan dipastikan film-film tersebut memiliki konten atau pesan yang positif.

“Saat ini, Perpustakaan Kota Yogyakarta memiliki sekitar 50 judul film dari dalam dan luar negeri, di antaranya film animasi populer Moana. Semua koleksi film ini bukan bajakan, tetapi asli,” kata Wahyu.

Wahyu menambahkan, melalui layanan Silvia tersebut, Perpustakaan Kota Yogyakarta ingin menunjukkan bahwa layanan literasi tidak harus dilakukan dengan peminjaman buku maupun buku digital tetapi bisa dilakukan melalui kegiatan menonton film.

“Jika ada masyarakat yang ingin memanfaatkan Silvia untuk menonton film yang mereka bawa sendiri pun tidak masalah. Tentunya, petugas kami akan menyortir film tersebut terlebih dulu untuk memastikan agar konten yang ditonton tidak bermuatan hal-hal negatif,” katanya.

Sejumlah fasilitas dalam ruangan Silvia di antaranya pemutar film, LCD proyektor, televisi, “sound system” dan AC, sehingga ruangan cukup sejuk .

Perpustakaan Kota Yogyakarta juga akan melakukan pemutaran film secara rutin di Silvia pada Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu di jam-jam tertentu. Khusus Selasa dan Kamis dilakukan pemutaran satu kali sehari, namun pada Sabtu dan Minggu dilakukan dua kali sehari.

“Pemustaka bisa menonton secara gratis tetapi menggunakan tiket masuk karena kapasitas ruangan terbatas hanya untuk 18 orang. Pemustaka bisa menonton dengan cara lesehan.”

Perpustakaan Kota Yogyakarta akan membagikan tiket kepada pemustaka terpilih, di antaranya pemustaka yang rutin meminjam buku dan mengembalikannya tanpa terlambat atau untuk siswa sekolah yang berkunjung ke perpustakaan. Wahyu mengatakan, layanan Silvia tersebut juga akan direplikasi di Perpustakaan Alternatif Kota Yogyakarta (Pevita) yang berada di Jalan Mayjend Sutoyo.
Sumber : Antara

Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Soal Debat Ketiga, Pengamat: Berlangsung Datar
Catat, Hanya ASN Eselon III ke Bawah Terima THR Tahun ini

Nasional

Catat, Hanya ASN Eselon III ke Bawah Terima THR Tahun ini
apahabar.com

Nasional

RO Masih Tinggi, Makassar Belum Berlakukan ‘New Normal’
apahabar.com

Nasional

Pemprov Kaltim Klaim Warga Gunung Sekerat Inginkan Pabrik Semen
apahabar.com

Nasional

Temukan Uang di Laci Menteri Agama, KPK Usut dari Mana Asalnya
apahabar.com

Nasional

Topan Hagibis Terjang Jepang; 800 Penerbangan Dibatalkan  
apahabar.com

Nasional

Menag Minta Masyarakat Tak Tergiur Haji Ilegal
apahabar.com

Nasional

Jokowi Tegur Kementerian dan Lembaga Bekerja Seperti di Zona Krisis
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com