Idulfitri 1442 Hijriah, Ratusan Napi di Barabai Diganjar Remisi Salat Id, Jemaah Masjid Agung Al-Falah Tanbu Doakan Covid-19 Cepat Lenyap Khotbah Salat Id di Masjid Al-Jihad Banjarmasin: Ancaman Budaya Jahiliah & Doa untuk Palestina Longsor Maut Batu Bini HSS, Tim SAR Terpaksa Hentikan Pencarian Cuaca Kalsel Hari Pertama Lebaran, Simak Prediksi BMKG….

Perpustakaan Kota Yogyakarta Operasikan Layanan Silvia

- Apahabar.com Senin, 3 Desember 2018 - 14:00 WIB

Perpustakaan Kota Yogyakarta Operasikan Layanan Silvia

Foto - guntara.com

apahabar.com, YOGYAKARTA – Perpustakaan Kota Yogyakarta terus melakukan inovasi layanan untuk meningkatkan literasi masyarakat Yogyakarta. Menjelang akhir tahun ini, mereka mulai mengoperasionalkan layanan Silvia atau Sinema Literasi Visual untuk Pemustaka.

“Layanan ini dibuka di lantai satu gedung Perpustakaan Kota Yogyakarta yang berada di Kotabaru. Pengunjung atau pemustaka bisa memanfaatkan layanan ini secara gratis,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko di Yogyakarta, Senin (3/12).

Melalui layanan tersebut, pemustaka Perpustakaan Kota Yogyakarta dapat menikmati atau menonton berbagai film koleksi Perpustakaan Kota Yogyakarta yang terdiri dari berbagai genre yang semuanya sudah disaring dan dipastikan film-film tersebut memiliki konten atau pesan yang positif.

“Saat ini, Perpustakaan Kota Yogyakarta memiliki sekitar 50 judul film dari dalam dan luar negeri, di antaranya film animasi populer Moana. Semua koleksi film ini bukan bajakan, tetapi asli,” kata Wahyu.

Wahyu menambahkan, melalui layanan Silvia tersebut, Perpustakaan Kota Yogyakarta ingin menunjukkan bahwa layanan literasi tidak harus dilakukan dengan peminjaman buku maupun buku digital tetapi bisa dilakukan melalui kegiatan menonton film.

“Jika ada masyarakat yang ingin memanfaatkan Silvia untuk menonton film yang mereka bawa sendiri pun tidak masalah. Tentunya, petugas kami akan menyortir film tersebut terlebih dulu untuk memastikan agar konten yang ditonton tidak bermuatan hal-hal negatif,” katanya.

Sejumlah fasilitas dalam ruangan Silvia di antaranya pemutar film, LCD proyektor, televisi, “sound system” dan AC, sehingga ruangan cukup sejuk .

Perpustakaan Kota Yogyakarta juga akan melakukan pemutaran film secara rutin di Silvia pada Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu di jam-jam tertentu. Khusus Selasa dan Kamis dilakukan pemutaran satu kali sehari, namun pada Sabtu dan Minggu dilakukan dua kali sehari.

“Pemustaka bisa menonton secara gratis tetapi menggunakan tiket masuk karena kapasitas ruangan terbatas hanya untuk 18 orang. Pemustaka bisa menonton dengan cara lesehan.”

Perpustakaan Kota Yogyakarta akan membagikan tiket kepada pemustaka terpilih, di antaranya pemustaka yang rutin meminjam buku dan mengembalikannya tanpa terlambat atau untuk siswa sekolah yang berkunjung ke perpustakaan. Wahyu mengatakan, layanan Silvia tersebut juga akan direplikasi di Perpustakaan Alternatif Kota Yogyakarta (Pevita) yang berada di Jalan Mayjend Sutoyo.
Sumber : Antara

Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Wiranto Diserang, Polri: Tidak Ada Istilah Kecolongan
Abu Janda

Nasional

Abu Janda Dinilai Sering Rugikan NU, PWNU Jakarta Angkat Bicara
apahabar.com

Nasional

BEM Unej Sepakat Pertemuan Mahasiswa dengan Presiden Jokowi Harus Terbuka
apahabar.com

Nasional

Helikopter Ditumpangi Caleg DPR dari PPP Jatuh di Desa Jayaratu Tasikmalaya
apahabar.com

Nasional

Imlek 2019: TNI-Polri Terjunkan 5 Ribu Lebih Personel Gabungan
Sriwijaya Air

Nasional

Demi Kemanusiaan, Proses Evakuasi Pesawat Sriwijaya Air SJ182 Diperpanjang
apahabar.com

Nasional

Adaptasi New Normal, Perusahaan Diingatkan Atur Pola Kerja
Korupsi

Nasional

Puluhan Terpidana Korupsi Ajukan PK, KPK Harap MA Objektif dan Indepedenden
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com