Viral Surat Cinta BPK untuk Masyarakat Setelah Insiden Maut di Lingkar Dalam Aturan Baru Berlaku, Penumpang di Syamsudin Noor Masih Stagnan  Cuaca Hari Ini, Hujan Disertai Petir Mengintai Kalsel Ribuan Lahan Padi di Kalsel Terancam Kerdil dan Menguning, Dinas TPH: Jangan Panik Pukuli Korban Gegara Halangi Jalan, Supir Travel di Tanbu Ditangkap

Petani Pidie Terancam Gagal Panen

- Apahabar.com     Minggu, 9 Desember 2018 - 16:28 WITA

Petani Pidie Terancam Gagal Panen

Tanaman padi petani Pidie diserang hama wereng coklat.Foto- pikiranmerdeka.co

apahabar.com, BANDA ACEH – Sejumlah petani padi di Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh terancam gagal panen karena Sungai Bale di Gampong Blang Bungong wilayah tersebut tertimpun longsor.

“Petani padi di wilayah Tangse terancam gagal panen karena terputusnya aliran air dari Sungai Bale, Gampong Blang Bungong,” kata Plt Kepala BPBD Kabupaten Pidie, Apriadi saat dihubungi Antara dari Banda Aceh, Minggu (09/12/2018).

BPBD Kabupaten Pidie menjelaskan dampak dari guyuran hujan dengan intensitas lebat sejak sepekan terakhir telah mengakibatkan badan jalan nasional di wilayah Gampong (desa) Blang Bungong, Kecamatan Tangse amblas sepanjang 30 meter ke Sungai Bale dan menutup aliran air ke persawahan warga.

“Jika tidak segera ditanggulangi, maka tanaman padi warga diwilayah tersebut berpotensi gagal panen karena tidak bisa dialiri air ke persawahan,” kata dia.

Secara geografis Kabupaten Pidie terletak pada posisi 95,75o 96,20o barat timur dan 04,30o 04,60o lintang utara terdiri dari 23 kecamatan dengan luas berupa daratan 3.562,14 km2. “Kami berharap pihak terkait segera memperbaiki tutupan air di aliran Sungai Bale, agar air bisa segera kembali dialiri ke persawahan warga,” harap Plt Kepala BPBD Pidie.

Tanaman padi merupakan salah satu komiditas unggulan di daerah tersebut dan diketahui luas tanaman padi 55.062 hektare, dan luas tanaman panen 47.515 hektare.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pidie sebelumnya mencatat, produksi padi yang tersebar di 23 kecamatan sebanyak 284.026,35 ton per tahun 2017.

“Produksi padi keseluruhan di Pidie per tahun 2017, sebanyak 284.026,35 ton dan 14.317,93 ton diantaranya hasil produksi petani Kecamatan Tangse,” sebut Kepala DPMPTSP Kabupaten Pidie, Samsul Azhar.

Sumber : Antara
Editor : Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

PPKM Darurat

Nasional

PPKM Darurat Habis, Pemerintah Diminta Balik ke Undang-Undang
apahabar.com

Nasional

Puluhan Juta Vaksin Covid-19 Akan Disuntikkan Januari 2021
apahabar.com

Nasional

Senin Pagi, Udara Jakarta Terburuk Kedua Dunia
apahabar.com

Nasional

Muhammadiyah Tetapkan Iduladha pada 31 Juli
apahabar.com

Nasional

Awal Tahun Depan, 100 Juta Penduduk Indonesia Akan Divaksin Covid-19
Erupsi Gunung Semeru

Nasional

Cari Korban Erupsi Gunung Semeru, Tim SAR Gabungan Dibagi 3 Regu
Bupati Situbondo

Nasional

Bupati Situbondo Trending Twitter, Warganet Curiga Keterlibatan Buzzer
apahabar.com

Nasional

Telur Asin Kini Jadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com