Sederet Prestasi Niha, Hafizah Cilik Kotabaru dari MTQ Tingkat Kabupaten hingga Provinsi Polisi Anulir Pernyataan Status Tersangka Dua Mahasiswa Kalsel 2 Mahasiswa Tersangka, Rektor ULM Pasang Badan, Ada Dugaan Miskomunikasi di Kepolisian Paula Verhoeven Hamil, Kiano Bakal Punya Adik, Baim Wong Ingin Mak Beti Ucapkan Selamat ke Sang Istri Hasil Liga Champions, Tanpa Ronaldo Juventus Ditekuk Barcelona, Messi Cetak Gol, Skor Akhir 2-0

Petani Pidie Terancam Gagal Panen

- Apahabar.com Minggu, 9 Desember 2018 - 16:28 WIB

Petani Pidie Terancam Gagal Panen

Tanaman padi petani Pidie diserang hama wereng coklat.Foto- pikiranmerdeka.co

apahabar.com, BANDA ACEH – Sejumlah petani padi di Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh terancam gagal panen karena Sungai Bale di Gampong Blang Bungong wilayah tersebut tertimpun longsor.

“Petani padi di wilayah Tangse terancam gagal panen karena terputusnya aliran air dari Sungai Bale, Gampong Blang Bungong,” kata Plt Kepala BPBD Kabupaten Pidie, Apriadi saat dihubungi Antara dari Banda Aceh, Minggu (09/12/2018).

BPBD Kabupaten Pidie menjelaskan dampak dari guyuran hujan dengan intensitas lebat sejak sepekan terakhir telah mengakibatkan badan jalan nasional di wilayah Gampong (desa) Blang Bungong, Kecamatan Tangse amblas sepanjang 30 meter ke Sungai Bale dan menutup aliran air ke persawahan warga.

“Jika tidak segera ditanggulangi, maka tanaman padi warga diwilayah tersebut berpotensi gagal panen karena tidak bisa dialiri air ke persawahan,” kata dia.

Secara geografis Kabupaten Pidie terletak pada posisi 95,75o 96,20o barat timur dan 04,30o 04,60o lintang utara terdiri dari 23 kecamatan dengan luas berupa daratan 3.562,14 km2. “Kami berharap pihak terkait segera memperbaiki tutupan air di aliran Sungai Bale, agar air bisa segera kembali dialiri ke persawahan warga,” harap Plt Kepala BPBD Pidie.

Tanaman padi merupakan salah satu komiditas unggulan di daerah tersebut dan diketahui luas tanaman padi 55.062 hektare, dan luas tanaman panen 47.515 hektare.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pidie sebelumnya mencatat, produksi padi yang tersebar di 23 kecamatan sebanyak 284.026,35 ton per tahun 2017.

“Produksi padi keseluruhan di Pidie per tahun 2017, sebanyak 284.026,35 ton dan 14.317,93 ton diantaranya hasil produksi petani Kecamatan Tangse,” sebut Kepala DPMPTSP Kabupaten Pidie, Samsul Azhar.

Sumber : Antara
Editor : Aprianoor

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Ibu Kota Baru Indonesia Berkapasitas 3 Juta Penduduk
apahabar.com

Nasional

Komnas HAM: Tangan Para Pekerja Diikat Lalu Ditembak
apahabar.com

Nasional

Polisi: Delapan Tersangka Perusak Musala Griya Agape Warga Luar
apahabar.com

Nasional

Imbas Covid-19, MTQ Nasional 2020 Diundur Akhir Tahun
apahabar.com

Nasional

Pesan Lebaran dari Jokowi: Kita Mampu Lewati Ujian Ini
apahabar.com

Nasional

Belajar dari Bali, Pelindo III Kalimantan Ingin Kembangkan Fasilitas Penunjang Pariwisata
apahabar.com

Nasional

Pasal Karet RKUHP, AJI: Jurnalis Jangan Takut Kritik Pemerintah
apahabar.com

Nasional

Dinilai Penting, Kemenag Ajukan Kepastian Tarif Sertifikasi Halal
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com