Kabar Duka, Satu Lagi Perawat di Banjarmasin Gugur karena Covid-19 Update Banjir Bandang NTT: Meninggal 177 Orang, 45 Masih Hilang Persiapan Terbatas, Pereli Binuang H Rihan Variza Naik Podium Kejurnas Sprint Rally Gugur Bertugas, Polisi Pemburu Buron di Sungai Martapura Tinggalkan 3 Anak Pegawainya Mencuri, Pangeran Khairul Saleh Minta KPK Evaluasi Diri

Petani Pidie Terancam Gagal Panen

- Apahabar.com Minggu, 9 Desember 2018 - 16:28 WIB

Petani Pidie Terancam Gagal Panen

Tanaman padi petani Pidie diserang hama wereng coklat.Foto- pikiranmerdeka.co

apahabar.com, BANDA ACEH – Sejumlah petani padi di Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh terancam gagal panen karena Sungai Bale di Gampong Blang Bungong wilayah tersebut tertimpun longsor.

“Petani padi di wilayah Tangse terancam gagal panen karena terputusnya aliran air dari Sungai Bale, Gampong Blang Bungong,” kata Plt Kepala BPBD Kabupaten Pidie, Apriadi saat dihubungi Antara dari Banda Aceh, Minggu (09/12/2018).

BPBD Kabupaten Pidie menjelaskan dampak dari guyuran hujan dengan intensitas lebat sejak sepekan terakhir telah mengakibatkan badan jalan nasional di wilayah Gampong (desa) Blang Bungong, Kecamatan Tangse amblas sepanjang 30 meter ke Sungai Bale dan menutup aliran air ke persawahan warga.

“Jika tidak segera ditanggulangi, maka tanaman padi warga diwilayah tersebut berpotensi gagal panen karena tidak bisa dialiri air ke persawahan,” kata dia.

Secara geografis Kabupaten Pidie terletak pada posisi 95,75o 96,20o barat timur dan 04,30o 04,60o lintang utara terdiri dari 23 kecamatan dengan luas berupa daratan 3.562,14 km2. “Kami berharap pihak terkait segera memperbaiki tutupan air di aliran Sungai Bale, agar air bisa segera kembali dialiri ke persawahan warga,” harap Plt Kepala BPBD Pidie.

Tanaman padi merupakan salah satu komiditas unggulan di daerah tersebut dan diketahui luas tanaman padi 55.062 hektare, dan luas tanaman panen 47.515 hektare.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pidie sebelumnya mencatat, produksi padi yang tersebar di 23 kecamatan sebanyak 284.026,35 ton per tahun 2017.

“Produksi padi keseluruhan di Pidie per tahun 2017, sebanyak 284.026,35 ton dan 14.317,93 ton diantaranya hasil produksi petani Kecamatan Tangse,” sebut Kepala DPMPTSP Kabupaten Pidie, Samsul Azhar.

Sumber : Antara
Editor : Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

Rokan Hulu

Nasional

Dua Ormas Bentrok di Rokan Hulu, TNI dan Polisi Turun Tangan
covid-19

Nasional

Bertambah 9.994, Positif Covid-19 Indonesia Dekati 1 Juta Kasus

Nasional

Usai Moeldoko Jadi Ketum KLB Demokrat, SBY Serukan ‘Perang’
apahabar.com

Nasional

Kematian Covid-19 Hampir Tembus 100 Ribu, Warga AS Malah Liburan di Pantai
apahabar.com

Nasional

Siti Nurbaya: ke Depan Konsep Penanganan Karhutla Melalui Pencegahan
apahabar.com

Nasional

Terobsesi Jadi Pilot, Mahasiswa Ini Ditangkap
Presiden

Nasional

Presiden Sambut Baik Peresmian Brand Ekonomi Syariah
apahabar.com

Nasional

Polisi Buru Satu Penyebar Video Porno Mirip Syahrini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com