Idulfitri 1442 Hijriah, Ratusan Napi di Barabai Diganjar Remisi Salat Id, Jemaah Masjid Agung Al-Falah Tanbu Doakan Covid-19 Cepat Lenyap Khotbah Salat Id di Masjid Al-Jihad Banjarmasin: Ancaman Budaya Jahiliah & Doa untuk Palestina Longsor Maut Batu Bini HSS, Tim SAR Terpaksa Hentikan Pencarian Cuaca Kalsel Hari Pertama Lebaran, Simak Prediksi BMKG….

Polda: Keamanan Proyek Trans Papua Barat Kondusif

- Apahabar.com Rabu, 5 Desember 2018 - 23:40 WIB

Polda: Keamanan Proyek Trans Papua Barat Kondusif

Ilustrasi pembangunan infrastruktur Jalan Trans Papua. Foto - line.me

apahabar.com, MANOKWARI – Situasi keamanan di kawasan proyek jalan Trans Papua Barat kondusif, kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda setempat AKBP Hary Supriyono di Manokwari, Rabu (5/12).

Ia mengatakan, secara umum keamanan Papua Barat cukup kondusif, tidak ada gangguan yang berarti, begitu pula di sepanjang jalan dari Kota Sorong hingga Kabupaten Kaimana yang menjadi daerah perbatasan antara Provinsi Papua Barat dan Papua. “Sejauh ini tidak ada laporan gangguan keamanan terkait pelaksanaan pembangunan jalan trans. Untuk sementara masih aman-aman dan mudah-mudahan Papua Barat selalu kondusif,” kata Hary.

Kepala Penerangan Kodam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Andi Gus Wulandri menyebutkan, Provinsi Papua Barat sangat aman. Sejuah ini, pihaknya belum memperoleh laporan terkait keberadaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di daerah ini “Di seluruh wilayah Papua Barat aman, masyarakat bisa beraktifitas dengan normal. Aktifitas pembangunan juga berjalan lancar, termasuk pembangunan jalan Trans Papua Barat,” kata Andi.

Menurutnya, Kodam dan Polda Papua Barat terus berkoordinasi dalam merawat dan menjaga situasi keamanan di daerah ini. Deteksi dan pencegahan dini dilaksanakan bersama sesuai masing-masing peran serta fungsi.

“Kita harus bersyukur Papua Barat aman. Kami juga mengimbau masyarakat untuk sama-sama menjaga keamanan daerah masing-masing,” ujarnya.

Terkait kasus penembakan yang menimpa sejumlah pekerja jembatan jalur trans Papua di Kabupaten Nduga, sementara ini belum ada personel Polda Papua Barat dan Kodam XVIII/Kasuari yang diperbantukan untuk pengamanan.

Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XVII Papua Barat, Yohanis Tulak pada wawancara terpisah mengatakan, pembangunan jalur trans dan jalur nasional di daerah tersebut berjalan lancar tidak diganggu kelompok manapun.

Ia menjelaskan, panjang jalan trans Papua Barat sejauh 1.070,62 kilometer yang terbagi menjadi dua segmen. Segmen satu meliputi Sorong-Maybrat-Manokwari dengan total panjang 594,81 km dan segmen dua menghubungkan Manokwari-Mameh hingga perbatasan Papua Barat dan Papua melalui Kaimana dan Nabire.

Saat ini, seluruh segmen sudah terbuka dan perjalanan dari Kota Sorong-Papua Barat menuju Kabupaten Nabire-Papua sudah bisa ditempuh melalui jalur darat.

“Semua sudah terbuka dan 60 persen lebih jalan Trans Papua Barat saat ini sudah teraspal. Masih ada sekitar 36 persen yang masih tanah,” kata Yohanis. Di Segmen satu, kata dia, masih sekitar 60 kilo meter yang belum teraspal dan segmen dua sekitar 300 kilometer. Pengaspalan dan pembangunan jembatan akan dilanjutkan pada tahun 2019.

Ia mengemukakan, perjalanan darat dari Kota Sorong menuju Nabire sudah bisa ditempuh dalam waktu 33 hingga 37 jam. Hal ini sudah termasuk istirahat di perjalanan.

“Sorong-Manokwari, kurang labih 14 hingga 16 jam. Manokwari menuju daerah perbatasan Nabire antara 15 hingga 17 jam dan daerah perbatasan menuju Nabire-Papua sekitar 4 hingga 6 jam,” kata dia.

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan pada kesempatan sebelumnya mengatakan, berdasarkan survei Nasional Papua Barat tercatat sebagai daerah teraman di Indonesia. Ia mempersilahkan investor datang untuk membantu pembangunan di daerah tersebut.

“Indonesia masuk dalam daftar 10 besar negara teraman. Di Indonesia Papua Barat dirangking sebagai daerah teraman. Ini harus dipertahankan supaya pembangunan berjalan lancar,” kata Gubernur.

Sumber : Antara

Editor : Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Hakim Gugurkan Gugatan Praperadilan Rizieq Shihab
apahabar.com

Nasional

Jubir Pemerintah: Pemberlakuan New Normal Tidak akan Serempak di Semua Daerah
apahabar.com

Nasional

Imbas Covid-19, Pendapatan Negara Diproyeksikan Turun
apahabar.com

Nasional

Maklumat Kapolri Dicabut, Kegiatan Massal Boleh di Zona Tertentu

Nasional

350 Juta Rekening Nasabah Sudah Dijamin LPS
apahabar.com

Nasional

Diguyur Hujan 3 Jam, 3  Desa di Bone Bolango Banjir
Polisi

Nasional

Syaifullah Tamliha Klarifikasi Penggunaan Jet Pribadi Ketum di Konsolidasi Internal PPP
apahabar.com

Nasional

Masyarakat NTT Tuntut Australia 15 Miliar Dolar AS atas Peristiwa 10 Tahun Silam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com