Update Covid RI 15 Oktober, Kalsel Sembilan Terbawah, Jakarta Teratas PDIP Pamer Jago Capres 2024: Puan, Ganjar hingga Mardani H Maming KPK Tinggalkan Markas Brimob Tabalong, Penyidikan Berlanjut Acil Pasar Terapung Siap-Siap, Siring Piere Tendean Bakal Dibuka Lagi! OTT Amuntai, Enam Mobil Tiba di Brimob Tabalong

Polisi Kaji Unsur Pidana Kasus e-KTP Tercecer di Duren Sawit

- Apahabar.com     Senin, 10 Desember 2018 - 13:34 WITA

Polisi Kaji Unsur Pidana Kasus e-KTP Tercecer di Duren Sawit

E-KTP tercecer di Duren Sawit.(sumber:ist)

apahabar.com, JAKARTA – Polisi mendalami unsur pidana di kasus tercecernya 2.005 e-KTP di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur. Pembuang e-KTP itu juga terus dicari.

“Itu yang sekarang kami lakukan pendalaman (unsur pidana). Ya meskipun sudah tidak berlaku semuanya. Sudah masa berlaku habis semua. 63 di antaranya rusak itu. Harusnya diancurkan. Bukan dibuang begitu. Ini kan sekarang, siapa yang membuang karung itu,” kata Kapolres Jaktim Kombes Tony Surya Putra saat dihubungi, Senin (10/12/2018).

Tony mengatakan pihaknya sudah mengecek identitas yang tertera di e-KTP yang tercecer itu. Menurut dia, para warga tersebut sudah mempunyai e-KTP baru.

“Karena ini kan sudah kita cek dari alamat yang ditemukan di dalam karung itu, sudah punya KTP seumur hidup semua. Dicek ke rumah betul, oh betul punya saya dulu Pak. Saya sudah punya e-KTP seumur hidup,” ujarnya.

Total ada 10 saksi yang sudah diperiksa mengenai kasus tersebut. Polisi masih mengembangkan kasus itu dan berencana untuk memanggil saksi lain.

“Nanti secara bertahap akan begitu (pemeriksaan terhadap saksi lain). Kami kan dari pelaksananya (satpel kelurahan) dulu,” ujarnya.

Sebelumnya, 2.005 e-KTP tersebut diamankan polisi setelah ada warga yang melapor. e-KTP tersebut ditemukan di daerah Jalan Bojong Rangkong, Pondok Kopi, Sabtu (8/12/2018) sekitar pukul 13.30 WIB lalu.

Polisi menduga ada kesalahan prosedur hingga akhirnya 2.005 e-KTP ditemukan tercecer di Jaktim. e-KTP tersebut semestinya dihancurkan karena kebanyakan sudah habis masa aktifnya dan juga ada yang rusak.

Sumber : Detiknews
Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Dongkrak Pertanian Indonesia, Uni Eropa Gelontorkan Rp 16,6 Miliar
apahabar.com

Nasional

Perdana Menteri Inggris Positif Corona
apahabar.com

Nasional

Menpar Ingin Pegunungan Meratus Jadi Geopark Internasional UNESCO

Nasional

Presiden Minta Respons Cepat Peningkatan Kasus Covid-19 di Luar Jawa-Bali
apahabar.com

Nasional

Aceh Besar Diguncang Gempa Dipicu Sesar Aktif Segmen Seulimeum
apahabar.com

Nasional

Jokowi Tegaskan Belum Ada Pelonggaran PSBB
apahabar.com

Nasional

Ini Dia Sejarah Nyepi
Perpres 80/2021

Nasional

Jokowi Teken Perpres 80/2021, Atur Posisi Wakil Menteri PPN
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com