Suami Penanambaan, Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Pernah Kuliah Suami Ibu Terduga Pembunuh 2 Anak di Benawa HST Dikenal Penanambaan Tak Seberuntung THM, Pembukaan Siring Pierre Tendean Ditunda Lagi Benarkah Depresi? Ibu Terduga Pembunuh Anak Kandung di Batu Benawa HST di Mata Warga KPK OTT Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna

Polres Sintang Amankan Ribuan Batang Kayu Durian

- Apahabar.com Rabu, 12 Desember 2018 - 12:26 WIB

Polres Sintang Amankan Ribuan Batang Kayu Durian

Ilustrasi pengamanan batang kayu ilegal. Foto-Equator.co.id

apahabar.com, PONTIANAK – Sebanyak dua ribu batang kayu dari Kecamatan Serawai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, diamankan oleh Kepolisian Resor setempat karena diduga hasil penebangan liar.

Kasat Reskrim Polres Sintang, AKP Indra Asrianto saat dihubungi di Sintang, Rabu mengatakan, pengungkapan kasus tersebut bermula saat petugas sedang berpatroli.

Petugas kemudian penyelidikan adanya dugaan tindak pidana penebangan liar. Kayu-kayu itu dibawa dengan rakit melalui jalur perairan Sungai Melawi Kecamatan Serawai.

“Kemudian petugas dan dua rekan lainnya mengejar motor air tersebut. Dan menyuruh motoris motor air tersebut untuk menepi,” katanya.

Setelah motor air menepi, petugas mendatangi serta memeriksanya. “Petugas menemukan kayu jenis durian sebanyak kurang lebih 2.000 batang,” kata Indra.

Baca Juga : Ekspor Perkayuan: Direct Call Diyakini Pacu Tranformasi Ekonomi Daerah

Dia mengatakan, saat menanyakan tentang kelengkapan dokumen kayu tersebut, motoris tidak bisa menunjukannya. Kayu-kayu itu sedang dalam perjalanan menuju Sintang.

“Karena tidak dapat menunjukan dokumen, pelaku kemudian diamankan,” katanya.

Indra menyatakan, atas tindakan ilegal itu pelaku dikenakan dugaan tindak pidana orang atau perseorangan dengan sengaja menerima, membeli, menjual, menerima tukar menerima titipan dan atau memiliki hasil hutan yang diketahui berasal dari pembalakan liar dan atau perorangan dengan sengaja mengangkut, menguasai atau memiliki hasil hutan kayu yang tidak dilengkapi bersama surat keterangan sahnya hasil hutan kayu yang diduga berasal dari pembalakan liar sebagaimana dimaksud dalam pasal 87 ayat 1 huruf a dan atau pasal 83 ayat 1 huruf b dan c UU Nomor 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan.

Dua orang yang diamankan dalam peristiwa ini yakni Markus dan Johan.

Hingga kini Polres Sintang masih melakukan pemeriksaan lanjutan mengenai ribuan batang kayu durian tersebut. Batang kayu durian itu diamankan di perairan Sungai Melawi, Kecamatan Serawai.

Baca Juga : Daftar Diskon dan Promo Ponsel Harbolnas 2018

Sumber : Antara
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Tren Kasus Kematian dan Kesembuhan Covid-19 di Indonesia Membaik
apahabar.com

Nasional

Menpora Imbau Instansi Pemerintah Gaungkan PON 2020
apahabar.com

Hiburan

Mengenang Mendiang Pelawak Omas, Sosoknya di Mata Mandra
apahabar.com

Nasional

Proyektil dan Motor Pelaku Ditemukan di Lokasi Penembakan Letkol Dono
apahabar.com

Nasional

Update Tsunami Selat Sunda: 43 Tewas, 584 Luka-Luka dan 2 Hilang
apahabar.com

Nasional

Asyik, Gaji ke-13 PNS Cair Besok
apahabar.com

Nasional

Saling Lempar Kursi di Kongres PAN, Delegasi Kalsel Dukung Zulhas
apahabar.com

Nasional

Rusuh Manokwari: Mencekam, Warga Pendatang Tak Berani Keluar
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com