VIDEO: Polisi Rilis Tersangka Pencurian Hp Rosehan di Pesawat Sengketa Kepemilikan Kampus Achmad Yani, Gugatan Adik Berlanjut di PN Banjarmasin Magrib, Mayat di Jembatan Kayu Tangi Gegerkan Warga Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang

Presiden Berharap Dana Desa bisa Kembangkan Potensi Desa

and - Apahabar.com Minggu, 2 Desember 2018 - 20:45 WIB
and - Apahabar.com Minggu, 2 Desember 2018 - 20:45 WIB

Presiden Berharap Dana Desa bisa Kembangkan Potensi Desa

Ket foto : Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan ketika menghadiri sosialisasi prioritas penggunaan dana desa tahun 2019 di Lapangan Bola Bojong Kiharib, Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (2/12/2018). Presiden mendorong agar masyarakat di Jawa Barat dapat memanfaatkan dana desa untuk pemberdayaan ekonomi melalui pengembangan inovasi desa. Foto-ANTARA

apahabar.com, CIBINONG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap dana desa bisa digunakan untuk mengembangkan potensi yang terdapat di tiap desa dan dimanfaatkan secara tepat guna, serta tidak hanya berkutat pada pembangunan infrastruktur.

“Keinginan masyarakat desa untuk mengembangkan potensi seharusnya menjadi tindak lanjut dari kehadiran infrastruktur, sehingga desa berinovasi demi memaksimalkan potensi masing-masing. Apalagi, penghasilan yang diterima desa dengan inovasi penggunaan dana desa terbilang cukup fantastis,” ujar Jokowi di Cigombong, Kabupaten Bogor, Minggu (2/12).

Ia mencontohkan, desa Umbul Ponggok di Klaten, Jawa Tengah yang dibangun menggunakan dana desa untuk mengembangkan potensi wisata. Dari kegiatan itu, desa Umbul Ponggok mampu memperoleh keuntungan bersih sebesar Rp14 miliar satu tahunnya.

Tidak hanya itu, Presiden menyebut pula Desa Kutuh di Badung, Bali yang bisa meraup keuntungan bersih Rp34 miliar setiap tahunnya dari sektor pariwisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) setempat.

Baca Juga : MPR : PMP Perlu Kembali Diajarkan di Sekolah

Anggaran yang diberikan langsung tersebut, sebenarnya bertujuan agar setiap desa dapat berkembang, sehingga roda perekonomian kerakyatan dapat berjalan dengan baik.

Lebih lanjut, ia juga mencontohkan desa-desa di provinsi Jawa Barat yang disebutnya memiliki potensi wisata yang sangat banyak, terutama di kawasan Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, serta Kabupaten Sukabumi.

Sementara itu, Bupati Bogor, Nurhayanti sangat mendukung program dan kebijakan Presiden Jokowi itu terus dilanjutkan karena sangat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Karena prioritas pembangunan yang menggunakan dana desa itu untuk membangun jalan desa, jembatan, drainase, tembok penahan tanah, sarana air bersih, MCK, gedung PAUD, posyandu, sarana olahraga desa, permodalan BUMDes dan kegiatan pelatihan masyarakat,” katanya.

Dengan begitu, maka akan tercipta sinergi antara pemerintah daerah maupun desa. Selain itu pemerataan pembangunan hingga ke desa-desa akan menjadi jalan untuk mencapai kestabilan ekonomi.

Baca Juga : Pegunungan Meratus Berstatus Geopark Nasional

Sumber : Antara
Editor : Rian

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Segera Dibahas, Wapres Sebutkan Aturan di Ponpes Jika New Normal
apahabar.com

Nasional

Gempa 4,5 SR Guncang Kepulauan Yapen Papua, Pusatnya di Darat
apahabar.com

Nasional

Tenang, Virus Corona Diperkirakan Tak Menempel pada Asap
apahabar.com

Nasional

Mendagri Instruksikan Kepala Daerah Bakar E-KTP Rusak
apahabar.com

Nasional

Jelang Debat Keempat, Pengamanan Diperketat
HPN 2020

Nasional

Hari Pers Nasional Bersama Jokowi, Simak Jadwalnya
apahabar.com

Nasional

Jokowi Minta ke Raja Salman Tambahan Kuota Haji Jadi 250.000 Jemaah
apahabar.com

Nasional

Tak Percaya Survei, BPN Optimis Prabowo-Sandiaga Unggul
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com