Sidang Kasus Sabu 300 Kg di Banjarmasin, 4 Terdakwa Terancam Hukuman Mati! Tipu-Tipu Oknum DLH Banjarmasin, Sekantoran Diutangi Ratusan Juta Tipu Belasan Penyapu Jalan, Oknum ASN di Banjarmasin Akhirnya Mengaku! Berstatus Waspada, PVMBG Sebut Aktivitas Gunung Semeru Masih Fluktuatif Kejari Banjarbaru Musnahkan Ratusan Gram Narkotika dan Barbuk Tindak Pidana Tetap Lainnya

Puluhan Jurnalis Kalsel Ikuti UKW

- Apahabar.com Sabtu, 15 Desember 2018 - 16:30 WIB

Puluhan Jurnalis Kalsel Ikuti UKW

UKW – Peserta dengan serius mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan PWI Kalsel. Foto-apahabar.com/Tania

apahabar.com, BANJARMASIN – Puluhan jurnalis berbagai media di Kalimantan Selatan mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar 2 hari sejak Jumat 14 Desember hingga Sabtu 15 Desember 2018 oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel.

Ketua PWI Kalsel Zainal Helmi mengatakan, Dewan Pers memberikan pesyaratan para Wartawan wajib disertifikasi, bukan hanya kartu pers dari organisasi kewartawanan saja.

“UKW adalah persyaratan dari Dewan Pers bahwa sekarang ini wartawan wajib punya sertifikasi UKW, jadi bukan hanya kartu pers dari organisasi kewartawanan,” ucap Helmi saat ditemui apahabar.com di Gedung PWI Jalan Pangeran Hidayatullah, Sabtu (15/12).

Uji Kompetensi Wartawan yang diikuti oleh puluhan Jurnalis Sekalimantan ini dibagi menjadi 3 Tingkat yakni Muda, Madya dan Utama.

Syarat dari UKW sendiri administrasi harus dipenuhi, untuk Wartawan minimal 1 tahun, redaktur 3 tahun dan pimpinan redaktur masa kerja harus 5 tahun keatas. Bahkan media yang menaungi wajib berbadan hukum.

“Sesuai dengan peraturan Dewan Pers yang telah di sepakati, bahwa minimal pengalaman untuk wartawan 1 tahun, redaktur 3 tahun dan Pimpinan Redaktur 5 tahun keatas dan juga syarat administrasi seperti media nya harus berbadan hukum PT bukan CV,” ujarnya.

Baca Juga : Dewan Pers: Kode Etik Jurnalistik “Mahkota” Bagi Wartawan

Helmi menambahkan wartawan seharusnya tidak mengalami kesulitan saat mengikuti UKW ini, pasalnya kegiatan UKW ini hanya mereview atau reka ulang kegiatan sehari-hari yang dilakukan para Jurnalis.

“Saya rasa wartawan yang mengikuti UKW ini tidak akan mengalami kesulitan, ya ini seperti mereview atau bahasa wartawannya reka ulang kegiatan mereka sehari-hari,” tambahnya.

Penguji UKW yang berjumlah 6 orang pun berasal dari berbagai macam daerah seperti Surabaya, Semarang dan Banjarmasin.

Elsa Pratiwi Wartawati dari Duta Tv, turut mengikuti Uji Kompetensi Wartawan untuk tingkat Madya, mengaku tidak terlalu kesulitan saat mengikuti kegiatan ini, karena menurutnya hal ini merupakan kegiatannya setiap hari, hanya ada sedikit kukurangan dalam EYD saja ( Ejaan Yang Disempurnakan)

“Untuk saya sendiri, sepertinya tidak terlalu kesulitan, karena sudah menjadi kegiatan sehari-hari, namun dibagian EYD agak sedikit kurang memang,” ujar Elsa Wartawati Duta TV yang mengikuti UKW tingkat Madya.

Elsa juga menambahkan kegiatan ini tidak membeda-bedakan antara media TV, Cetak maupun Online, semuanya sama.

Baca Juga : Warga Berjubel Saksikan Peringatan Hari Juang Kartika di Banjarbaru

Reporter : Tania Anggrainy
Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Demokrat Kalsel Gamang Soal Pencalonan Julak Abidin
apahabar.com

Kalsel

Website BKPSDM HST Diretas, Hacker Sebut Pemerintah dengan Kata-kata Kotor
apahabar.com

Kalsel

Pengamat: Kualitas Durian Banjar Tak Kalah dengan Durian Asia
apahabar.com

Kalsel

Ehm, Polisi Dalami Chat Hana Hanifah dengan Koleganya di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Di Tengah Covid-19, Permintaan Daging Turun Drastis
apahabar.com

Kalsel

Kebakaran di Anjir Pasar Diduga Berasal dari Percikan Petasan
apahabar.com

Kalsel

Raih Keberhasilan, Pembenahan Sungai Banjarmasin Dilaksanakan Ibnu Sina Sejak 2016
apahabar.com

Kalsel

Banjir Berangsur Surut, Warga Satui Tanbu Mulai Kembali ke Rumah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com