Lampu Hijau Buka Masker, Pakar Covid-19 ULM: Hati-Hati Blunder Tabrakan Maut BPK Terulang Lagi, Apa Kabar Perda Damkar Banjarmasin? Perkuat Keandalan Listrik Kalseltengtim dengan Sistem Looping Jaringan Tersangka! Sopir BPK Penabrak 2 Pemotor di Banjarmasin Selatan Tuntut Pemerataan, Besok Buruh SIS ADMO Tabalong Juga Minta Pembagian Windfall

Puluhan Pedagang Gulung Tikar, Kinerja Pemkot Banjarmasin Dipertanyakan

- Apahabar.com     Sabtu, 8 Desember 2018 - 20:57 WITA

Puluhan Pedagang Gulung Tikar,  Kinerja Pemkot Banjarmasin Dipertanyakan

Kawasan wisata mandiri terlihat sepi pengunjung. Foto - apahabar.com/m.robby

apahabar.com, BANJARMASIN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Banjamasin menyesalkan maraknya pedagang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang gulung tikar di Banjarmasin.

Anggota Komisi II DPRD Kota Banjarmasin, Isnaini turut mempertanyakan kinerja Pemkot Banjarmasin dalam melakukan pembinaan terhadap UMKM di kota Banjarmasin.

Padahal, menurutnya, pihak legislatif terus mendorong program penciptaan 2.500 pengusaha UMKM di kota Banjarmasin. Namun, hasilnya malah berbanding terbalik dengan usaha yang telah dilakukan, baik dari segi anggaran maupun sarana prasarana.

“Melihat fakta ini, kinerja Pemkot Banjarmasin harus dipertanyakan,” ucapnya kepada apahabar.com, Sabtu (8/12) siang.

Menurutnya, Pemkot Banjarmasin harus memiliki formulasi khusus terkait strategi pemasaran pedagang UMKM di kota Banjarmasin. Misalnya, tempat yang strategis agar mengundang para pengunjung wisata di kota Banjarmasin. Apalagi, untuk menambah Penghasilan Asli Daerah (PAD) kota Banjarmasin.

“Padahal Banjarmasin sangat banyak memiliki makanan-makanan yang khas,” katanya.

Isnaini menegaskan, Pemkot Banjarmasin kurang konsisten dalam menjalankan program peningkatan UMKM di kota Banjarmasin. Ia menilai, Pemkot hanya sekedar menjalankan program, akan tetapi kurang serius dalam tindak lanjut.

Adapun berdasarkan pantauan apahabar.com di beberapa kawasan kuliner seperti Kawasan Wisata Mandiri (KWM), Kawasan Kuliner Baiman dan Kawasan Wisata Kuliner (KWK) di Jalan Cendana, Kayutangi, Banjarmasin Utara sangat sepi pengunjung. Bahkan, sangat banyak kios yang telah ditinggalkan.

Surutnya bisnis UKM di sana mendapat respon dari kalangan netizen, salah satunya akun milik Budi Darlan Surapati.

“Salah satu penyebab kuliner merosot, karena pengelolaan yang kurang profesional. Banyak warung kuliner yang awalnya rame pengunjung, ujung-ujungnyanya sepi, karena tidak pandai menjaga kualitas, karena ramai, jadi tak terkontrol lagi, misal. Gelasnya-lah bau sabun, nasinya tidak enak, masakannya berubah rasa, penjaganya jadi judes, orang yang belanja jadi kaya ngemis, dan lain lain. Akhirnya, ya org lari ke lain,” tulis Budi dalam akun facebook terverifikasi miliknya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Priyo Eko telah membenarkan akan banyaknya pedagang UMKM yang gulung tikar. Jumlah pedagang yang gulung tikar di KWM berjumlah 25 dari 50 pedagang, Kawasan Kuliner Baiman yang gulung tikar 20 dari 60 pedagang dan 50 dari 60 perdagang KWK memilih berhenti.

Ia mengatakan bahwa Pemkot Banjarmasin secepatnya berkoordinasi dengan para pedagang dan akan mendata jumlah pedagang UMKM di Kota Banjarmasin.

“Berapa yang ingin melanjutkan usaha dan berapa yang mau mundur,” jelasnya.

Ia melaporkan, program Pemkot Banjarmasin untuk menciptakan 2.500 Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada 2021, sejauh ini telah menciptakan 1.800 pengusaha.

Priyo menegaskan tantangan UMKM di Kota Banjamasin yaitu masyarakat Banjarmasin kurang ulet dan kurang serius dalam menjalankan usaha.

“Pedagang terkadang kurang konsisten dalam menjalankan usaha ini,” pungkasnya.

Reporter: Muhammad Robby

Editor: Fariz F

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Ririe Fairuz

Tak Berkategori

Sudah Relakan Suami, Ririe Fairuz: Setop Hujat Perselingkuhan Ayus dan Nisa Sabyan
apahabar.com

Tak Berkategori

Rupiah Menguat Seiring Kemajuan Kesepakatan Dagang AS-Tiongkok
Banjarmasin

Tak Berkategori

Biadab! Wanita Banjarmasin di Hotel Berbintang Korban Pembunuhan Teman Kencan
PDAM

Tak Berkategori

Mau Bekerja di PDAM Bandarmasih? Berikut Link Syarat dan Ketentuannya
apahabar.com

Tak Berkategori

Operasi Ketupat 2019 di Kalsel, Jalur Minim Rambu Jadi Sorotan

Tak Berkategori

Genjot PAD, Bapenda Tala Bakal Data Objek Pajak
Pemkab HSS

Tak Berkategori

Pemkab HSS Gandeng Belasan Media di Kalsel, Pimred apahabar.com Berikan Dukungan

Tak Berkategori

Operasi Zebra Intan 2021, Kapolres Tabalong: Utamakan Tindakan Simpati dan Edukatif
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com