Kebakaran Gang Nuri, Asrama Anak Yatim Ikut Ludes Terbakar BREAKING! Api Kembali Berkobar di Gang Nuri Banjarmasin Fakta Sejarah Jembatan Barito: Sempat Ingin Diberi Nama Soeharto hingga Terpanjang di Asia Tenggara Menang Dua Game, Ganda Putra Indonesia Marcus/Kevin Gilas Pasangan Inggris Raya JANGAN PANIK! Banjarbaru Resmi Terapkan PPKM Level IV 26 Juli

Romahurmuziy Ungkap Fakta Tabloid Hoaks Obor Rakyat

- Apahabar.com     Sabtu, 15 Desember 2018 - 11:20 WITA

Romahurmuziy Ungkap Fakta Tabloid Hoaks Obor Rakyat

ILUSTRASI-Hoaks.Foto-Liputan6.com

apahabar.com, JAKARTA – Anggota Dewan penasihat Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Romahurmuziy menguak fakta-fakta dibalik terbitnya tabloid hoaks Obor Rakyat pada Pilpres 2014 lalu.

Romahurmuziy yang pada Pilpres 2014 merupakan Ketua Divisi strategi tim kampanye Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, menguak bahwa penerbitan tabloid tersebut dilakukan simpatisan Prabowo-Hatta kala itu.

“Obor Rakyat itu dibuat simpatisan. Saya di tim resmi pak Prabowo pada waktu itu, dan saya pastikan itu bukan diproduksi tim resmi. Tetapi sebagai tim resmi pada waktu itu, kami mengetahui,” beber Romahurmuziy seusai menjadi narasumber dalam Rakornas Tim Hukum dan Advokasi Jokowi-Ma’ruf di Jakarta, Jumat (14/12) malam, seperti dilansir Antara.

Ketua Umum PPP itu mengatakan kala itu, tim resmi Prabowo-Hatta disodorkan contoh tabloid Obor Rakyat yang akan diproduksi dan diminta untuk mengoreksi isi tabloid tersebut.

“Kami disodorkan ‘dummy‘ tabloid itu dan diminta koreksi bagaimana menurut tim kampanye. Saya waktu itu sebagai Ketua Divisi Strategi Tim Kampanye Prabowo-Hatta, saya katakan tidak ikut-ikut karena ini hoaks, dan kalau kalah akan menjadi masalah,” jelas dia.

Romahurmuziy menekankan, yang dapat dipastikan adalah penerbitan Tabloid Obor Rakyat benar-benar dibuat oleh lawan politik Jokowi pada saat itu, dan isinya seluruhnya adalah isu yang dibuat sesuai pesanan.

“Isunya betul-betul ‘made to order‘, di-‘fabrikasi‘, khusus untuk Pilpres 2014. Saya menjadi saksi, bahwa isu antek komunis, antek asing, antek aseng dan anti-Islam itu adalah isu yang betul-betul di-‘fabrikasi‘ lawan politik pak Jokowi,” jelasnya.

Pada saat itu, kata Romahurmuziy, Obor Rakyat direncanakan dicetak sebanyak delapan edisi. Namun yang berhasil terbit hanya tiga edisi dan dicetak sebanyak satu juta eksemplar.

“Kemudian dibagian kepada 242.000 masjid dan 28.000 pondok pesantren di seluruh Indonesia dengan isu yang memang dimakan kalangan agamawan,” jelasnya.

Dia mengatakan akibat pemberitaan Obor Rakyat itu, elektabilitas Jokowi satu bulan sebelum Pilpres 2014 dilaksanakan, sempat tersalip oleh Prabowo.

Saat ini, kata dia, produksi hoaks yang dilakukan lawan politik Jokowi tetap dilakukan namun dengan peralihan medium dari sebelumnya tabloid menjadi media sosial.

“Saat ini isu Obor Rakyat kembali disirkulasikan, hanya medianya saja berubah, dari fisik menjadi ‘online’ melalui media sosial. Saya melihat perubahan medium ini selain karena mereka kapok, juga karena logistik mereka semakin pas-pasan,” kata dia.

Mengacu kepada hal tersebut, Romahurmuziy mewakili Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin, meminta seluruh tim hukum dan advokasi bergerak ofensif dengan melaporkan setiap hoaks yang ditujukan kepada Jokowi. Menurutnya hoaks yang terjadi di media sosial merupakan strategi lawan politik Jokowi.

“Hoaks ini bukan sekadar lontaran sporadis tapi sudah strategis dan sistematis,” ujarnya.

Baca Juga: Muhidin Membelot ke Jokowi, BKP Kalsel Tak Ambil Pusing

Sumber : Antara
Editor : Aprianoor

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Politik

Cabub Banjar Saidi Mansyur Tiap Jumat Rutin Ziarah ke Makam Kakek-Nenek di Kemuning
apahabar.com

Politik

Pilwali Banjarmasin, Duet Haris Makkie-H Yuni Makin Mantap
apahabar.com

Politik

Pilbup Tanbu 2020, Kader PAN Tanah Bumbu Curi Start Kampanye, Langgar Aturan?

Politik

Andin: Kabupaten Banjar Mustahil Maju Jika Pilih Pemimpin Secara Transaksional
apahabar.com

Politik

Kampanye ke Desa Maju Sejahtera Tanbu, Syafruddin H Maming Disambut Kesenian Khas Bali
apahabar.com

Politik

Ember Tapasan Jadi Program Unggulan AnandaMu untuk Kaum Ibu Kota Banjarmasin
apahabar.com

Politik

Survei Internal, Prabowo-Sandi Unggul Tipis

Politik

Gerindra Buka Pendaftaran Bacalon di Pilgub 2020, Denny Indrayana Tancap Gas!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com