Naik, Harga Elpiji Kalsel Diklaim Termurah Se-Kalimantan Megaproyek Gedung Baru DPRD Banjarmasin, Ibnu Sina Buka Suara Lagi, Danau Eks Tambang di Banjar Renggut Korban Jiwa Ironi Gedung Baru DPRD: Orang Miskin di Banjarmasin Makin Banyak Blak-blakan Ibnu Sina Bicara Konsep IKN Nusantara: Jangan Oligarkis & Ngutang

Rp 143 Miliar Dari Korsel Untuk Palu

- Apahabar.com     Selasa, 4 Desember 2018 - 16:32 WITA

Rp 143 Miliar Dari Korsel Untuk Palu

AKIBAT GEMPA – Banyak yang harus dibenahi di Palu akibat gempa beberapa waktu lalu. Foto - Tirtoid

apahabar.com, JAKARTA – Korea Selatan berjanji menyalurkan bantuan hibah 10 juta dolar AS atau setara Rp143 miliar (1 dolar AS : Rp14.300) kepada Indonesia untuk merehabilitasi dan membangun kembali daerah yang terdampak gempa dan tsunami di Palu dan sekitarnya, Sulawesi Tengah.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro usai bertemu dengan Duta Besar Korsel Kim Chang-beom di Jakarta, Selasa, mengatakan dari dana tersebut sebanyak satu juta dolar AS sudah diberikan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Hibah ini akan digunakan sebaik-baiknya untuk rehabilitasi pascabencana gempa, tsunami, likuifikasi dan banjir yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah,” ujar Bambang.

Dari sisa hibah sebanyak 9 juta dolar AS, 2,5 juta dolar AS diantaranya sudah diberikan kepada Indonsia pada 11 Oktober 2018, dalam bentuk sumbangan 160 set tenda, dan pengiriman dua pesawat pengangkut militer berjenis C-130 Hercules pada 8-26 oktober 2018. Pesawat pengangkut militer C-130 Hercules juga kembali dikerahkan Korsel pada 9-30 November 2018.

Sedangkan sisa bantuan sebesar 7,5 juta dolar AS, kata Bambang, akan disalurkan sebanyak 2,5 juta dolar AS bagi proyek-proyek tambahan untuk merelokasi penduduk dan 5 juta dolar AS untuk proyek rekonstruksi sebagai program bantuan hibah multi-tahun Korea International Cooperation Agency (KOICA).

“Kami terus berupaya mendorong efektivitas dan efisiensi mitigasi bencana di Indonesia agar dapat meminimalkan korban jiwa dan kerusakan infrastruktur ketika bencana terjadi,” kata Bambang.

Sumber : Antara

Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Istri Ifan Seventeen di Belakang Panggung Saat Tsunami Menerjang

Nasional

Pemerintah Raup Rp15 Triliun dari Lelang Surat Utang Tambahan
Putri Wakil Ketua Umum Golkar, Nurul Arifin, Maura Magnalia Madyaratri meninggal dunia. Foto-Instagram

Nasional

Putri Nurul Arifin, Maura Magnalia Meninggal Dunia di Meja Makan

Nasional

PPKM di Luar Jawa-Bali Berakhir Hari Ini, Apa Selanjutnya?
apahabar.com

Nasional

Apes, Puluhan Travel Gelap Gagal Selundupkan Pemudik
Kuda Kepang

Nasional

Polisi Tetapkan 10 Tersangka dalam Kasus Pembubaran Kuda Kepang
apahabar.com

Nasional

Jokowi: 62 Kasus Terduga Corona di Indonesia Negatif
apahabar.com

Nasional

Kado Manis di Ultah ke-38, Mardani H Maming Diamanahi Ketum BPP Hipmi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com