#SAVEKPK Bergaung di Banjarmasin: Ratusan Mahasiswa Ultimatum Ketua DPRD Kalsel di Tengah Guyuran Hujan Tagih Janji Reklamasi, Dewan Tabalong Ngotot Panggil Bos Adaro UPDATE! Tunggu Supian HK, Massa #SaveKPK di Banjarmasin Ngotot Bertahan Jenderal Lapangan Aksi #SaveKPK di Banjarmasin Terluka, Tangan-Kepala Berdarah VIDEO Momen Polisi Banjarmasin Kena Pentung Saat Ricuh #SaveKPK Jilid II

Ruas Jalan Tergenang Air, Warga Keluhkan Buruknya Drainase

- Apahabar.com Rabu, 26 Desember 2018 - 12:34 WIB

Ruas Jalan Tergenang Air, Warga Keluhkan Buruknya Drainase

Kala hujan turun, genangan air selalu muncul di Jalan AMD XII depan kantor Kelurahan Pemurus Dalam Banjarmasin Tengah seperti yang tampak pada Rabu (26/12) pagi. Foto-apahabar.com/Eddy

apahabar.com, BANJARMASIN – Masih buruknya penataan drainase di beberapa lokasi di Kota Banjarmasin, acap kali dikeluhkan warga.

Saat hujan turun, genangan air kerap terjadi akibat kurang maksimalnya saluran drainase.

Di Jalan AMD XII depan kantor Kelurahan Pemurus Dalam Banjarmasin Tengah ikut tergenang pada Rabu (26/12) pagi.
Hujan yang melanda kawasan tersebut sehari sebelumnya, membuat ketinggan air di sana mencapai 10 hingga 30 sentimeter.

Tak jarang terdengar umpatan dari sejumlah penunggang kendaraan roda dua kepada para pengemudi kendaraan roda empat yang melaju kencang saat melintas di genangan air sepanjang 300 meter itu.

“Kalau ada banjir seperti ini, cukup menyiksa pengendara. Selain itu, air pun kerap masuk ke rumah warga yang berada tepat di samping jalan akibat luapan dari saluran drainase,” ungkap Bram (45) seorang warga Kelurahan Pemurus Dalam saat ditemui di lokasi.

Baca Juga: Jangan Sampai Drop, Kesehatan Anggota Terus Dicek

Tidak hanya genangan air yang membuat warga kesal, kondisi jalan yang tidak mulus semakin memperparah keadaan. Tidak terhitung beberapa pengendara khususnya roda dua yang terjatuh. Warga pun mengharapkan segera dilakukan perbaikan saluran drainase di lokasi tersebut.

“Yang paling parah di depan Alfamart, jalannya berlubang dan dalam. Tetangga saya kemarin terjatuh karena tidak tahu ada lubang besar di depannya,” tutur Bram.

Menanggapi masalah itu, Plt Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Joko Pitoyo mengatakan, pihaknya terus berupaya menangani permasalahan yang kerap dikeluhkan warga khususnya banjir lokal akibat genangan air luapan dari saluran air yang ada.

“Saat ini memang kondisinya lagi pasang tertinggi sehingga pada saat air hujan terjadi akan memperlambat aliran drainasenya sehingga terjadi genangan di beberapa ruas jalan,” ujar Joko Pitoyo kepada apahabar.com di Banjarmasin, Rabu(26/12).

Joko Pitoyo menambahkan, kondisi normal puncak pasang sungai biasanya hanya 2,2 meter. Namun untuk saat ini, high tides atau puncak tertinggi mencapai level 2,5 meter hingga pukul 21.00 Wita. Akibatnya, beberapa kawasan otomatis akan tergenang air meskipun curah hujan tidak banyak.

“Sedangkan untuk genangan air di Jalan AMD XII kelurahan Pemurus Dalam sudah kita alirkan drainasenya ke arah Sungai Tatah Belayung, Insya Allah kalau sudah surut kawasan tersebut tidak akan tergenang lagi,” pungkasnya.

Baca Juga: Mahasiswa Polisafaris Rantau Gelar Aksi Peduli Korban Tsunami Selat Sunda

Reporter: Eddy
Editor: Fariz

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

4 Kabupaten di Kalsel Diprakirakan Hujan Berpetir Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Minim Persiapan, Tari Lalakun Kati Sabet Juara II Pesona Budaya Banjar
Korupsi PDAM

HST

BREAKING! 4 Tersangka Kasus Korupsi PDAM HST Resmi Ditahan
apahabar.com

Kalsel

Warga Masih Bisa Gunakan Hak Pilihnya di Atas Pukul 13.00, Asalkan…
12 Formasi CPNS Batola Gagal Menembus SKB

Kalsel

12 Formasi CPNS Batola Gagal Menembus SKB
apahabar.com

Kalsel

Monitoring Verfak di HST, Ketua Bawaslu RI Punya Pesan untuk Pengawal Demokrasi
apahabar.com

Kalsel

Korban Puting Beliung Tabukan Bingung Bangun Rumah Kembali
Jurkani

Kalsel

Sssttt… Jurkani Tim Hukum H2D Ditahan Malam Jelang PSU Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com