Eks Bos Berulah, Kepala Penjual Pentol Rantau Nyaris Terbelah Hendak Benarkan Tas, Pemotor Tabrak Truk di Angsau Tanah Laut Negosiasi Rampung: Bagus Lega, Hasnur Rela, Nitizen Bahagia, Bagaimana FC Utrecht? Jelang Masa Tenang, Bawaslu Kalsel Minta Paslon Copot APK Longsor Tergerus Banjir, Oprit Jembatan di Tabalong Diperbaiki

Sayembara Pembuang Sampah, Wali Kota: Pemotretnya Saya Kasih Hadiah

- Apahabar.com Sabtu, 15 Desember 2018 - 21:21 WIB

Sayembara Pembuang Sampah, Wali Kota: Pemotretnya Saya Kasih Hadiah

Para kontingen yang mengikuti ajang lomba balap jukung tradisional dalam Jukung Festival 2018 di Siring Menara Pandang, Banjarmasin, sore tadi. Foto-istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Bagi masyarakat yang suka membuang sampah sembarangan ke area sungai sebaiknya hentikan mulai sekarang. Pemko Banjarmasin makin gerah atas maraknya perilaku warga yang kerap pembuangan sampah ke sungai dengan membuka sayembara.

Bagi penangkap atau pemotretnya, akan diganjar hadiah langsung dari wali kota. Untuk, pelakunya akan diganjar sanksi, mengacu peraturan daerah setempat.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan itu kepada seluruh masyarakat kota Seribu Sungai.

Bagi mereka yang berhasil memotret para pembuang sampah di sungai, kemudian memasukannya ke dalam media sosial dengan tag ke instagram atau facebook, akan diganjar hadiah.

“Tolong nanti kalau ada yang membuang sampah ke sungai difoto dan tag ke instagram dan facebook saya, bagi 3 orang yang mem-foto dengan foto terbaik akan saya berikan hadiah,” ucapnya.

Itu Ibnu katakan di sela-sela menyampaikan sambutannya saat Lomba Jukung Tradisional di Siring Nol km Banjarmasin, Sabtu (15/12) sore.

Ya, Jukung Festival 2018 resmi digelar di Siring Menara Pandang, Banjarmasin, sore tadi. Sungai Martapura yang menjadi arena festival tampak dipenuhi sampah. Mulai dari ilung atau eceng gondok, kayu, ranting, sampai sampah rumah tangga.

“Bagi yang membuang sampah kita akan lakukan tindakan tegas,” tungkasnya.

Untuk diketahui, dalam beberapa hari ini, kawasan sungai di Kota Banjarmasin terutama kawasan Sungai Martapura mendapat ‘serbuan’ sampah.

Baca Juga: Penanganan Ilung Belum Maksimal

Tentunya, hal tersebut berdampak bagi kebersihan, apalagi keindahan sungai yang terletak persis di jantung kota berslogan Kayuh Baimbai.

Kedatangan sampah-sampah tersebut dikhawatirkan akan memengaruhi tingkat kunjungan wisatawan ke Sungai Martapura. Susur sungai menjadi destinasi wisata andalan di sana.

Usaha merelokasi sampah-sampah itu langsung dilakukan Pemkot. Terlebih pasca serangan ilung atau eceng gondok belum lama ini. Gerak cepat dengan menurunkan Satgas dan Tim Turbo, dilakukan.

Bahkan, kata Ibnu, Sekda Kota Banjarmasin Hamli Kursani turun langsung ke lapangan ikut serta membersihkan sampah-sampah tersebut.

Kurang lebih tiga hari mereka mesti berjibaku siang malam, sampai akhirnya sampah berhasil dibersihkan.

“Mari sama-sama kita jaga dan rawat kebersihan sungai yang ada di kota ini,” tandas Ibnu Sina.

Reporter: Roby 

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Asisten I Pemprov Kalsel Berikan Arahan pada Pelaksanaan Upacara Hari Kesadaran Nasional
apahabar.com

Kalsel

Jelang PSBB; Kabupaten Banjar Bertambah 6 Kasus, 5 di Antaranya Transmisi Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Dikawal PM, Dandim 1007/ Banjarmasin Datangi Sejumlah Rumah Makan, Ada Apa?
apahabar.com

Kalsel

Kembali Hujan, Simak Ramalan BMKG untuk Kalimantan Selatan
apahabar.com

Kalsel

Arahan Tim Asistensi dan Supervisi Mabes Polri Cegah Karhutla: Jangan Tunggu Api Besar!
apahabar.com

Kalsel

Kecelakaan Xenia vs Truk di Kabupaten Banjar, Empat Korban Dilarikan ke IGD
apahabar.com

Kalsel

Bobol ATM di Banjarmasin, Polisi Tangkap WN Malaysia Lain
apahabar.com

Kalsel

1 Kg Sabu di Tala, Sopir HSU Tergiur Upah Puluhan Juta
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com