Ganti Rugi Lahan HSS, Perusahaan Sawit PT SAM Mangkir Saat Mediasi Aglomerasi Banjar Bakula Ditiadakan, Banjarbaru Mulai Sekat Pemudik! Khotbah Tak Boleh Lewat 10 Menit, Tabalong Resmi Larang Takbir Keliling Dinonaktifkan KPK Saat Tangani Kasus Besar, Novel Siapkan Perlawanan  Tegas, Kapolda Kalteng Minta Anak Buahnya Larang Mudik di Kapuas

Sejumlah Desa di Pekalongan Belum Teraliri Listrik

- Apahabar.com Kamis, 6 Desember 2018 - 12:05 WIB

Sejumlah Desa di Pekalongan Belum Teraliri Listrik

Ilustrasi pemadaman listrik. Foto-thetanjungpuratimes.com

apahabar, PEKALONGAN – Sejumlah desa di lima kecamatan Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah, menurut catatan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) belum dialiri listrik karena terkendala pemasangan tiang.

Manajer PLN APJ Pekalongan Joko Hadi Widayat di Pekalongan, Kamis (6/12) mengatakan bahwa dengan kondisi geografis yang sulit dijangkau maka PLN kesulitan memobilisasi pemasangan tiang listrik.

“Kami harus bekerja sama dengan memasyarakat untuk membawa tiang listrik ke lokasi yang dituju meski harus menggunakan sarana tradisional seperti gerobak karena kondisi maupun letak geografis tidak dapat dilewati truk,” katanya.

Sejumlah desa yang belum teraliri listrik tersebut, antara lain desa di Kecamatan Lebakbarang, Paninggaran, Kandangserang, Doro, dan Petungkriono.

Dia mengatakan PLN terus berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi di Jawa Tengah, yang ditargetkan pada 2021-2022 bisa mencapai angka 99,9 persen.

Untuk dapat mencapai target tersebut, sambung dia, semua daerah di Jawa Tengah juga terus menggenjot akses listrik hingga ke desa, tidak terkecuali di wilayah eks-Keresidenan Pekalongan.

Baca Juga : Hujan Deras, Listrik Terganggu, Sejumlah Arus Lalu Lintas Banjarmasin Dialihkan

“Adapun, sebagian wilayah eks-Keresidenan Pekalongan yaitu Kabupaten Batang, Kota Pekalongan, dan Kabupaten Pekalongan, tingkat rasio elektrifikasi sudah mencapai angka 97 persen,” katanya.

Dia mengatakan untuk menuju pencapaian target rasio elektrifikasi, PLN juga bersinergi dengan pemerintah daerah yaitu Kabupaten/Kota Pekalongan, dan Batang.

“Saat ini, pemerintah juga memberikan keleluasaan pada pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan ketahanan listrik di wilayahnya, terutama bagi daerah yang belum berlistrik. Tentunya semua harus saling bersinergi dari semua stakeholder dan juga pemda,” katanya.

Dia menambahkan pemerintah bekerja sama dengan PLN juga memiliki program pekerjaan sambungan listrik gratis rumah bagi warga kurang mampu yang pada 2018 masih terdapat 343 tambahan pelanggan.

Sumber: Antara
Editor: Muhammad Bulkini

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Dirut BuLog: Tidak Ada Lagi Impor Beras Tahun Ini
BMKG

Nasional

BMKG: Hujan Sedang hingga Lebat Berpotensi Guyur Sebagian Wilayah Indonesia
apahabar.com

Nasional

Presiden Nantikan Kontribusi ITB untuk Kemajuan bangsa
Raya and The Last Dragon

Nasional

Untuk Tenaga Medis, Raisa Gelorakan ‘Indonesia Pusaka’
apahabar.com

Nasional

Sudah Masuk Masa Tenang Pemilu 2019, Apa Saja yang Dilarang?
apahabar.com

Nasional

Muhammadiyah Tegur Habib Rizieq Terkait Kerumunan massa
apahabar.com

Nasional

Jangan ‘Jajan’ Sembarang, Waspada Sifilis
apahabar.com

Nasional

Pemerintah Putuskan Penajam Paser Utara Kawasan Ibukota
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com