Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah Membeludak, Warga Barabai Terobos Kantor Disprindagkop Demi BLT UU Cipta Kerja, Ketum Hipmi Yakin Indonesia Lolos dari Midlle Income Trap Live Streaming Man City vs Porto, Link Siaran Langsung Liga Champions di SCTV-Vidio.com Malam Ini Jembatan Terpanjang Kedua Indonesia di Kaltim Sudah 90 Persen Beres

Sejumlah Desa di Pekalongan Belum Teraliri Listrik

- Apahabar.com Kamis, 6 Desember 2018 - 12:05 WIB

Sejumlah Desa di Pekalongan Belum Teraliri Listrik

Ilustrasi pemadaman listrik. Foto-thetanjungpuratimes.com

apahabar, PEKALONGAN – Sejumlah desa di lima kecamatan Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah, menurut catatan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) belum dialiri listrik karena terkendala pemasangan tiang.

Manajer PLN APJ Pekalongan Joko Hadi Widayat di Pekalongan, Kamis (6/12) mengatakan bahwa dengan kondisi geografis yang sulit dijangkau maka PLN kesulitan memobilisasi pemasangan tiang listrik.

“Kami harus bekerja sama dengan memasyarakat untuk membawa tiang listrik ke lokasi yang dituju meski harus menggunakan sarana tradisional seperti gerobak karena kondisi maupun letak geografis tidak dapat dilewati truk,” katanya.

Sejumlah desa yang belum teraliri listrik tersebut, antara lain desa di Kecamatan Lebakbarang, Paninggaran, Kandangserang, Doro, dan Petungkriono.

Dia mengatakan PLN terus berupaya meningkatkan rasio elektrifikasi di Jawa Tengah, yang ditargetkan pada 2021-2022 bisa mencapai angka 99,9 persen.

Untuk dapat mencapai target tersebut, sambung dia, semua daerah di Jawa Tengah juga terus menggenjot akses listrik hingga ke desa, tidak terkecuali di wilayah eks-Keresidenan Pekalongan.

Baca Juga : Hujan Deras, Listrik Terganggu, Sejumlah Arus Lalu Lintas Banjarmasin Dialihkan

“Adapun, sebagian wilayah eks-Keresidenan Pekalongan yaitu Kabupaten Batang, Kota Pekalongan, dan Kabupaten Pekalongan, tingkat rasio elektrifikasi sudah mencapai angka 97 persen,” katanya.

Dia mengatakan untuk menuju pencapaian target rasio elektrifikasi, PLN juga bersinergi dengan pemerintah daerah yaitu Kabupaten/Kota Pekalongan, dan Batang.

“Saat ini, pemerintah juga memberikan keleluasaan pada pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan ketahanan listrik di wilayahnya, terutama bagi daerah yang belum berlistrik. Tentunya semua harus saling bersinergi dari semua stakeholder dan juga pemda,” katanya.

Dia menambahkan pemerintah bekerja sama dengan PLN juga memiliki program pekerjaan sambungan listrik gratis rumah bagi warga kurang mampu yang pada 2018 masih terdapat 343 tambahan pelanggan.

Sumber: Antara
Editor: Muhammad Bulkini

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

H-4 Lebaran, Jasa Marga Catat 306.682 Kendaraan Tinggalkan Jakarta
apahabar.com

Nasional

Lewat Inovasi, Pertamina EP Optimis Target Lifting Migas Tercapai
apahabar.com

Nasional

Mahasiswa Indonesia Peringkat Kedua Kompetisi Inovasi Airbus
apahabar.com

Nasional

Jokowi: Akan Ada Perubahan Nomenklatur dalam Kabinet Baru
Din: Gus Sholah Tokoh Pemersatu

Nasional

Din: Gus Sholah Tokoh Pemersatu
apahabar.com

Nasional

Rumah Pribadi Ketua DPR Terbakar
apahabar.com

Nasional

Sudah 3 Kasus Corona Terdeteksi di Lingkungan Kabinet Jepang
apahabar.com

Nasional

Menakar Potensi Ekonomi ‘Kalsel’ sebagai Calon Ibu Kota Negara
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com