Sidang Kasus Sabu 300 Kg di Banjarmasin, 4 Terdakwa Terancam Hukuman Mati! Tipu-Tipu Oknum DLH Banjarmasin, Sekantoran Diutangi Ratusan Juta Tipu Belasan Penyapu Jalan, Oknum ASN di Banjarmasin Akhirnya Mengaku! Berstatus Waspada, PVMBG Sebut Aktivitas Gunung Semeru Masih Fluktuatif Kejari Banjarbaru Musnahkan Ratusan Gram Narkotika dan Barbuk Tindak Pidana Tetap Lainnya

Tingkatkan Kapasitas dan Kualitas Biji Plastik, Pertamina Resmikan OTS Kilang Polypropylene

- Apahabar.com Jumat, 21 Desember 2018 - 10:45 WIB

Tingkatkan Kapasitas dan Kualitas Biji Plastik, Pertamina Resmikan OTS Kilang Polypropylene

Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero) Budi Santoso Syarif (kedua kanan) didampingi General Manager PT Pertamina (persero) Refinery Unit III Plaju Yosua I. M Nababan (kanan) meninjau ruangan Operator Training Simulator (OTS) Polypropylene di Sungai Gerong, Plaju, Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (20/12/2018). Untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas biji plastik PT Pertamina (persero) Refinery Unit III meresmikan Operator Training Simulator (OTS) kilang polypropylene yang menjadi sarana bagi pekerja muda, milenials yang berusia dibawah 32 tahun untuk mempelajari serta menguasai teknik mengoperasikan kilang secara lebih efisien dan efektif. Foto-ANTARA/Nova Wahyudi/hp.

apahabar.com, PALEMBANG – Menuju akhir tahun 2018 bersamaan dengan Ulang Tahun Ke-61 Pertamina, Refinery Unit III terus melakukan inovasi.

Menunjang hal tersebut Pertamina RU III meresmikan Operator Training Simulator (OTS) Polypropylene.

Selaras visi Pertamina menjadi World Class National Energy Company, berbagai upaya improvement dilakukan secara menyeluruh. Baik dari segi human capital readiness serta didukung dengan sistem proses bisnis yang mumpuni dengan teknologi terkini.

“Melalui OTS ini Operator diharapkan semakin menguasai konfigurasi serta fungsi dan cara kerja peralatan utama seperti pompa, compressor, kolom distilasi, reaktor sehingga memahami dampaknya terhadap spesifikasi dan optimasi feed & product dalam operasi kilang termasuk trouble shooting,” ujar Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero), Budi Santoso Syarif di Gedung Polytam Plaju saat peresmian (20/12) kemarin.

“Terkait aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) tentunya operator juga diharapkan lebih peduli dengan safeguarding system unit process juga pengendalian control unit process”, ujar Budi lagi.

Peresmian OTS merupakan salah satu terobosan oleh Pertamina RU III untuk mempercepat peningkatan kompetensi para pekerja serta sebagai sarana improvement process sebelum diaplikasikan di Kilang Petrokimia. OTS merupakan perangkat simulator yang mensimulasikan seluruh kegiatan operasional kilang baik dari dalam distributed control system (DCS) maupun langsung dari lapangan.

OTS ini juga menjadi sarana untuk para pekerja muda, milenials yang berusia di bawah 32 tahun untuk mempelajari dan menguasai teknik mengoperasikan kilang secara lebih efisien dan efektif.

Baca Juga: Obermain Hadir di Duta Mall Banjarmasin

Hal tersebut dicapai dengan cara melakukan berbagai simulasi dan penugasan di OTS yang di monitor dan dilatih oleh pekerja senior.

“Regenerasi karenanya menjadi sangat penting. Harapannya kepada pekerja junior agar terus belajar, secara sistematis melalui OTS ini, dan secara langsung juga kepada pekerja senior melalui pengalaman mereka, tujuannya satu, mereka harus menjadi operator yang lebih baik dari sebelumnya,” pungkas Budi.

Yosua I. M Nababan General Manager RU III Plaju memberi perhatian khusus terhadap OTS. Kilang, kata dia kilang spesifik Petrokimia, yakni kilang penghasil bijih plastik yang satu-satunya dimiliki oleh Pertamina sehingga menjadi prioritas untuk dibangun OTS.

“RU III merupakan pioneer Kilang yang memiliki OTS Petrokimia yang tentunya harus menjadi role model,” ungkap Yosua.

Yosua mengharapkan melalui OTS dapat tetap mempertahankan bahkan semakin meningkatkan keunggulan dalam kualitas-kualitas produk yang dihasilkan Kilang Polypropylene.

“OTS ini harus dimanfaatkan seoptimal mungkin, selain meningkatkan kinerja, peralatan ini juga memungkinkan informasi untuk dapat segera dianalisa, dievaluasi yang berujung pada mempercepat pengambilan keputusan dan secara tidak langsung mendukung peningkatan margin perusahaan,” jelas Yosua.

Dengan OTS Petrokimia, Pertamina RU III terus berupaya untuk meningkatkan produksi dan kualitas bijih plastik yang dihasilkan sehingga dapat menjadi market leader dan melayani pelanggan-pelanggan industri plastik. Pertamina RU III bersama dengan unit-unit bisnis lainnya terintegrasi dan terus bersinergi memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi bangsa dan negara.

Baca Juga: Mini Cooper Rp12.000 Milik Pengojek “Online” Ditawar Rp400 Juta-Rp500 Juta

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Kementerian Perindustrian Lirik Potensi Anyaman Lampit Kalsel
apahabar.com

Ekbis

Ketum Hipmi: UU Cipta Kerja Tumbuhkan UMKM dan Buka Lapangan Kerja
apahabar.com

Ekbis

Memasuki New Normal, Omset Penjualan Toko Kelontong di Banjarbaru Menggeliat
apahabar.com

Ekbis

Samsung Rilis 3 Jenis Galaxy S10, Cek Harganya

Ekbis

Pandemi Covid-19, Penjualan Avtur Pertamina Ambyar
apahabar.com

Ekbis

Impor Kaltim Capai 2,16 Miliar Dolar AS
apahabar.com

Ekbis

Pasar Respon Positif Kemajuan Vaksin Moderna, Rupiah Berpeluang Menguat
apahabar.com

Ekbis

Asosiasi Gula Bersatu Kalsel Siap Tekan Harga Gula hingga Rp12.500 per Kilogram
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com