Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin: Waktu Belajar Dipangkas, Sehari Hanya 5 Jam Sehari Jelang Penutupan, Pendaftar BLT UMKM di Batola Capai 5.000 Orang Pencuri Hp Rosehan Diciduk Polisi, Ini Dalih Tersangka Kronologi Pria Kelumpang Tengah Tewas Disengat Ribuan Lebah Geger Pria di Kelumpang Kotabaru Tewas Diduga Disengat Ratusan Lebah

Tips Belanja Lebih Bijak Saat Musim Promo

- Apahabar.com Minggu, 30 Desember 2018 - 12:35 WIB

Tips Belanja Lebih Bijak Saat Musim Promo

Ilustrasi belanja. Foto-Vivanews

apahabar.com, JAKARTA – Baru gajian jangan sampai uang sudah habis karena tergoda berbagai diskon yang ada di pusat perbelanjaan akhir tahun ini. Dari makanan, pakaian, atau benda apa pun, biasanya momen akhir tahun dimanfaatkan untuk cuci gudang, sehingga tak heran banyak toko memberikan diskon besar-besaran.

Tak ingin kan uang habis dalam waktu sekejap karena tergoda membeli barang yang sebenarnya tak dibutuhkan. Dilansir Punch coba praktikkan tips berikut:

Tulis kebutuhan dasar dan tetap fokus pada hal tersebut mungkin jadi cara terbaik di musim-musim diskon. Dengan tidak adanya budget, orang akan mudah terjebak dengan barang-barang murah dan mulai membeli barang yang sebenarnya mereka sudah miliki atau mungkin tak dibutuhkan dalam waktu dekat.

Baca Juga: Waspadai Potensi Angin Kencang di Jakarta

Perlu disiplin untuk bisa tetap dalam anggaran di musim-musim diskon yang menggoda. Seperti disampaikan Consumer Report berikut.

“Membuat anggaran terlihat sederhana tapi Black Friday (Hari Belanja Online Nasional), terutama jika produk tersebut tersedia dalam jumlah terbatas, memang dirancang untuk menjebak dalam semangat untuk belanja. Oleh karena itu putuskan sebelumnya berapa banyak uang yang akan dibelanjakan saat momen diskon seperti itu, tahan keinginan untuk membeli, terutama jika tidak yakin sebagus apa tawarannya”.

Membeli dalam uang tunai. Cara menahan untuk tidak membeli barang lebih yang tidak diperlukan adalah dengan uang tunai atau dengan kartu tapi nominalnya sudah dibatasi dalam jumlah tertentu khusus untuk belanja.

Cara terbaik tak melewatkan promo terbaik adalah dengan mendaftarkan email di website atau toko untuk terus mendapatkan pembaruan informasi. Jangan lupa untuk membandingkan banyak toko lain dengan promo sejenis, hal ini membantu mengeliminasi penyesalan yang mungkin muncul ketika tahu ada tawaran lebih baik di toko lain.

Pahami aturan toko. Karena terburu-buru bukan tidak mungkin ada beberapa transaksi yang salah dan ingin mengembalikannya. Oleh karena itu di sini pentingnya mengetahui aturan dan kebijakan pengembalian barang di toko tersebut sebelumnya sehingga tidak menjadi korban.

Hati-hati barang sangat murah. Mungkin salah satu alasan dilakukan promo besar-besaran di toko adalah untuk membersihkan stok lama mereka, untuk itu disarankan tidak membeli barang lama atau yang sudah lewat tanggal.

Harga sangat murah seperti televisi menggoda orang yang suka menabung, tapi mungkin harga ini tak sepadan. Televisi dilihat dalam jangka waktu lama, jika kualitas atau warna dan fitur di dalamnya tidak bagus tentu akan menyesal kemudian, terlebih jika bisa mendapat televisi lebih baru dengan menambah beberapa rupiah.

Biasanya harga sangat murah ini diberikan pada barang-barang elektronik, seperti televisi dan komputer.

Baca Juga: Pelari Menempuh 1.567 Km untuk Kampanyekan Anti-Narkoba

Sumber : Vivanews
Editor : Syarif

Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Jokowi Ajak Pamong Praja Kawal Cara Kerja Baru

Nasional

Setelah 70 Tahun, Wapres Ma’ruf Amin Bersyukur Hari Santri Diakui Negara
apahabar.com

Nasional

Timur Tengah Memanas, AS Sudah Mulai Kirim Pasukan ke Kuwait
apahabar.com

Nasional

Pasangan Prabowo-Sandi Unggul di Ternate
apahabar.com

Nasional

Jokowi Sebut 2 Orang di Indonesia Positif Virus Corona
apahabar.com

Nasional

Gambar Dua Gorila DRC Ikut Selfie Viral di Media Sosial
apahabar.com

Nasional

Pencarian Juru Mudi dan Mualim 1 Tugboat Fortunesius 101 Belum Menuai Hasil
apahabar.com

Nasional

Lubang Bekas Tambang Kaltim Makan Korban Lagi!
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com