Mahasiswanya Positif Covid-19, Kampus FISIP ULM Banjarmasin Lockdown Selama Sepekan Larang Anggota Fraksi ke Luar Daerah, Golkar Targetkan Kemenangan BirinMu 70 Persen Sembuh dari Covid-19, Sugianto Hadir di Kampanye Penutup Jelang Pencoblosan, Ratusan Anggota Fraksi Golkar Se-Kalsel Siap Awasi Money Politics Aduuuuuuuuuh ai, Viral Bocah di Tapin Ngamuk-Buang Motor Saat Ditilang Polisi

Transportasi Aceh Selatan-Subulussalam Lumpuh

- Apahabar.com Minggu, 16 Desember 2018 - 20:25 WIB

Transportasi Aceh Selatan-Subulussalam Lumpuh

Truk Fuso berusaha melewati banjir Aceh Selatan-Subulussalam, Minggu (16/12/18). Foto-Antara

apahabar.com, BANDA ACEH – Hubungan transportasi darat Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan – Kota Subulussalam, Provinsi Aceh lumpuh, karena banda jalan nasional di Desa Ladang Rimba, terendam banjir kiriman.

Wakil Ketua Partai Golkar Aceh, Suprizal, kepada Antara di Banda Aceh, Minggu, menyatakan, dari laporan Koordinator Satgas SAR Aceh Selatan Mayferi, transportasi darat lumpuh sejak pukul 11.00 WIB, sehingga terjadi antrean panjang kenderaan.

Sufrizal yang juga Koordinator daerah (Korda) Dapil 9 (Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Subulussalam, dan Aceh Singkil) itu mengemukakan, ketinggian air di badan jalan, tepatnya di Desa Ladang Rimba, Kecamatan Tromon Tengah, Aceh Selatan, mencapai 1 hingga 1,5 meter.

Dikatakan, banjir tersebut akibat meluapnya Sungai Alas dari Kabupaten Aceh Tenggara, menyusul hujan lebat yang mengguyur wilayah itu dalam beberapa hari terakhir ini.

Dikatakan, kenderaan pribadi roda empat sejak pukul 11.00 WIB sudah tidak bisa lewat, sedangkan sepeda motor harus menggunakan becak.

Truk sedang roda enam, jenis cold diesel juga tidak bisa lewat, kalau dipaksa mesin mati. “Kenderaan yang bisa lewat hanya truk besar jenis Fuso,” kata calon anggota legisltaif DPR Aceh Dapil 9 ini.

Saat ini, kata Sufrizal, terjadi antrean sepanjang 1 KM dari arah Tapaktuan ke Subulussalam atau sebaliknya arah Subulussalam ke Tapaktuan.

Dikatakannya, banjir ini puncaknya diperkirakan pada Minggu (16/12) malam, karena hujan di daerah Aceh Tenggara masih turun.

Kondisi banjir tersebut juga berpengaruh terhadap hubungan transportasi darat ke wilayah pedalaman Aceh Selatan, seperti Kawasan Bulosemak, yang juga sulit dilewati kenderaan.

Dilaporkan juga, ribuan warga di enam desa di Kecamatan Trumon Tengah dan Kecamatan Trumon, Aceh Selatan, sudah mengungsi, karena rumah mereka sudah digenangi banjir kiriman setinggi 1-1,5 meter.

Enam desa yang terendam banjir yakni Desa Lhokraya, Cot Bayen, Titi Poben, Desa Kapai Sesak, dan Senebok Pusuk di Kecamatan Trumon Tengah dan satu desa di Kecamatan Tromon.

Sufrizal menyatakan, musibah banjir di kawasan Trumon tersebut hampir terjadi setiap tahun, sehingga menjadi masalah serius yang harus ditangani pemerintah.

Oleh karena itu, ia mengharapkan kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Aceh untuk segera melakukan penelitian guna mencegah agar tidak terjadi banjir yang sudah menjadi langganan masyarakat – masyarakat Trumon.

“Jadi, saya berharap Pemerintah Pusat dan Pemerintah Aceh melakukan penelitian, karena dampaknya cukup besar, mengingat musibah ini sudah menahun,” katanya.

Penelitian ini dilakukan agar pemerintah tidak salah dalam melakukan pencegahan, sehingga banjir serupa tidak terjadi lagi pada tahun-tahun berikutnya.

Baca Juga: Presiden Harap Babinsa Ingatkan Kades Penggunaan Dana Desa

Sumber : Antara
Editor : Syarif

Editor: Redaksi - Apahabar.com

Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Babinsa Tewas di Bombana Dimakamkan di Kampung Halaman
apahabar.com

Nasional

Gantian Jenderal Polisi di Interpol Diduga Hapus Red Notice Djoko Tjandra
apahabar.com

Nasional

BMKG Ungkap Tanda-Tanda Puting Beliung
apahabar.com

Nasional

BMKG: Kalimantan Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan
apahabar.com

Nasional

Siaga Virus Corona, Kalsel Perketat Bandara dan Pelabuhan
apahabar.com

Nasional

Soal Salam Lintas Agama, Ini Kata Menag
apahabar.com

Nasional

Demo di Patung Kuda dan Kedubes Prancis, Polda Metro Jaya Lakukan Rekayasa Lalu Lintas
apahabar.com

Nasional

Hari Kedua, Deretan Calon Menteri yang Dipanggil Jokowi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com