Update Banjir Kalsel: Sudah 6 Kabupaten Terdampak! Parah, Empat Titik Longsor Sempat Tutup Akses Utama Loksado-Kandangan UPDATE Tinggi Air Jelang Puncak Banjir HST BREAKING! Bupati HST Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir Banjir di Pusat Kota HST Meluas, Ratusan Jiwa Mengungsi

Tsunami Selat Sunda: Pertamina Siapkan Jalur Alternatif Salurkan BBM-LPG ke Lampung

- Apahabar.com     Minggu, 23 Desember 2018 - 21:45 WITA

Tsunami Selat Sunda: Pertamina Siapkan Jalur Alternatif Salurkan BBM-LPG ke Lampung

Kawasan yang hancur akibat tsunami. Foto-Liputan6.com

apahabar.com, JAKARTA – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region II Sumbagsel memastikan fasilitas dan penyaluran BBM-LPG di wilayah Lampung aman.

“Berdasarkan laporan awal dari tim Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) di Lampung, kondisi dan situasi di TBBM dan Depot LPG Panjang dalam keadaan aman pasca terjadinya erupsi Krakatau dan pasang surut air laut yang menyusul,” jelas Region Manager Communication & CSR Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf dikutip apahabar.com dari laman resmi perseroan tersebut.

Baca Juga: Erdogan Sampaikan Belasungkawa Korban Tsunami Banten-Lampung

Pihaknya terus melakukan pengecekan dan pengawasan berkala kondisi terbaru. Rifky memaparkan setidaknya ada dua fasilitas Pertamina di Lampung, yakni Terminal BBM dan Depot LPG di Panjang.

Penyaluran BBM dan LPG bagi masyarakat, Rifky pastikan juga tidak akan terganggu dan tetap berjalan seperti biasanya.

Jika memang ada wilayah dan jalur yang terdampak, Pertamina akan menyiapkan dan menggunakan jalur alternatif yang ada.

“Pagi ini penyaluran BBM dan LPG dari TBBM dan Depot LPG Panjang dilakukan seperti biasanya, tidak ada penyesuaian. Karenanya kami harapkan masyarakat tidak perlu khawatir, kami akan memastikan kebutuhan energi tetap tersalurkan,” tambah Rifky.

Untuk SPBU sendiri, tercatat ada empat SPBU yang berlokasi di daerah yang berpotensi terdampak erupsi Krakatau dan pasang surut yang terjadi.

Saat ini, SPBU tersebut dalam kondisi aman dan tidak terdapat kerusakan, untuk memastikan kualitas, tanki juga sudah dilakukan pengecekan agar tidak ada BBM yang tercampur air.

Khusus LPG, seluruh agen dan pangkalan di jalur distribusi juga terus dilakukan pengecekan hingga pagi ini. Laporan sementara mengatakan tidak ada agen dan pangkalan yang terdampak sehingga penyaluran LPG diupayakan tetap beroperasi dengan normal.

“Apabila ada informasi yang dibutuhkan terkait layanan BBM dan LPG, masyarakat juga bisa langsung menghubungi Contact Pertamina di 1 500 000,” pungkas Rifky.

Sementara, Kementerian ESDM memastikan, Tim PVMBG diterjunkan untuk melakukan observasi lebih lanjut, tim Siaga Bencana ESDM dikerahkan memberikan bantuan dan evakuasi, tim PLN dan Pertamina diturunkan untuk memastikan pemulihan pasokan BBM dan listrik daerah terdampak.

Update terbaru, BNPB melansir, dari 222 korban dunia akibat tsunami yang menerjang wilayah pantai di Selat Sunda dipastikan tidak ada satupun korban berkewarganegaraan asing (WNA).

“Tidak ada korban warga negara asing. Semua warga Indonesia,”

Data sementara yang berhasil dihimpun Posko BNPB hingga Minggu 23/12/2018 pukul 16.00 WIB tercatat 222 orang meninggal dunia, 843 orang luka-luka dan 28 orang hilang.

apahabar.com

Foto-Antara

Kerusakan material meliputi 556 unit rumah rusak, 9 unit hotel rusak berat, 60 warung kuliner rusak, 350 kapal dan perahu rusak.

Korban dan kerusakan ini meliputi di 4 kabupaten terdampak yaitu di Kabupaten Pandeglang, Serang, Lampung Selatan dan Tanggamus.

Editor: Fariz Fadhillah

Editor: Redaksi - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Ekbis

Harga Emas Antam Turun Lagi Jadi Rp 935.000 per Gram
Menteri Trenggono

Ekbis

Melihat Komitmen Menteri Trenggono Jaga Keberlangsungan Ikan Endemik Kalsel
apahabar.com

Ekbis

Lebur Tiga Bank, Jokowi Ingin Bank Syariah Raksasa
apahabar.com

Ekbis

Istana Bela Saat Jokowi Singgung Konsesi Lahan ‘Raksasa’
apahabar.com

Ekbis

Cerita Si Hitam Bati-Bati Mejeng di Festival Kopi Eropa

Ekbis

Kolaborasi Bank BJB Bangkitkan Geliat Properti di Solo Raya
apahabar.com

Ekbis

Per November 2019, Ekspor Kalsel Turun
apahabar.com

Ekbis

Bulog Luncurkan Toko Online PangananDotcom
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com